Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

3 Cara dari image.canon yang Akan Mengubah Pengalaman Fotografi Anda

Pada tanggal 14 April 2020, Canon meluncurkan layanan image.canon baru. Konsep baru ini memungkinkan berbagai gambar ditransfer secara langsung dari kamera Canon ke platform berbasis cloud untuk penyimpanan tanpa harus disimpan terlebih dulu ke komputer atau smartphone. Memangnya, seberapa jauh platform ini akan mengubah pengalaman fotografi kita? Baca terus untuk mengetahuinya.

 

Suatu platform yang membuat konsep “connected camera” menjadi kenyataan


Gerbang ke era baru dalam budaya pencitraan

Evolusi budaya pencitraan terkait sangat erat dengan evolusi media penyimpanan. Dari pelat tembaga berlapis perak atau dari bahan kaca di era awal fotografi daguerreotype, ke masa rol film yang melejitkan kamera film dan foto, kemudian bahan semikonduktor yang menghadirkan pencitraan digital, cara kita menyimpan gambar, terkait erat dengan evolusi budaya fotografi.

Saat ini, kita berada di zaman yang bergelimang data, dari smartphone dan komputer, yang disimpan secara online. Malahan, bisa dibilang bahwa penyimpanan cloud adalah “media memori” yang baru. Ini menjadi tumpuan “connected camera”, dan konsep baru ini memiliki platform baru berbasis cloud dari Canon, yaitu image.canon pada intinya. 


Transfer otomatis berbagai gambar dan video kualitas asli ke image.canon—tidak memerlukan kabel maupun komputer

Semua kamera di masa mendatang akan diperlengkapi dengan fitur auto-transfer (transfer otomatis), termasuk EOS R5 (Versi Inggris) yang pada saat ini sedang dalam tahap pengembangan, akan mampu mengunggah secara langsung dan otomatis berbagai file gambar dan video dalam kualitas aslinya, ke image.canon untuk penyimpanan melalui koneksi Wi-Fi. Hal ini meniadakan keperluan penggunaan kabel, kartu memori atau komputer sebagai perantara transfer file, serta merampingkan alur kerja pasca-pemotretan/pasca-syuting Anda.

Melangkah ke dunia ‘connected camera’ melalui image.canon, dan Anda akan menyongsong pengalaman yang baru sama sekali.


Fitur utama image.canon

Fitur utama image.canon

(1) Unggah gambar dan video ke cloud melalui hotspot terdaftar, seperti jaringan Wi-Fi rumah Anda.
(2) Semua gambar dan video yang diunggah, akan disimpan dalam kualitas aslinya selama 30 hari.
(3) Penyimpanan jangka panjang hingga 10 GB data tanpa kompresi (tanpa biaya).
(4) Mengunduh file gambar dan video secara otomatis yang disimpan pada cloud ke komputer Anda.
(5) Transfer otomatis ke layanan penyimpanan data yang lain.
(6) Transfer otomatis ke media sosial dan layanan album online image.canon untuk penyimpanan dan berbagi.

 

Perubahan #1: Alur backup data baru


File gambar dan video asli milik Anda, di-back up tanpa hambatan ke cloud

Bayangkan, Anda dapat mengakses semua gambar dan video yang Anda bidik dengan kamera Canon, termasuk file format RAW dan tanpa kompresi, setiap saat, di mana saja.

Pada dasarnya, itulah yang dapat Anda lakukan pada image.canon. Dari EOS R5 dan selanjutnya, semua kamera Canon di waktu mendatang yang mendukung transfer otomatis, akan dapat mengunggah file gambar dan video secara otomatis ke image.canon setelah terjalin koneksi ke jaringan Wi-Fi yang terdaftar pada kamera.*

Itu artinya, meskipun Anda bekerja dengan beberapa perangkat, Anda tinggal mengunggah file asli satu kali saja. Selanjutnya, Anda akan dapat mengakses file dari browser web atau aplikasi smartphone image.canon khusus, lalu secara otomatis melanjutkan transfer ke komputer, perangkat seluler, serta layanan pihak ketiga untuk backup.

Ini mempermudah alur kerja Anda, sehingga Anda punya lebih banyak waktu untuk mengerjakan aspek komunikasi visual lainnya yang lebih penting, seperti conceptualising shoots (mengonsep bidikan), menyunting gambar, melatih teknik fotografi atau berinteraksi dengan sesama fotografer.

* Anda juga dapat menggunakan image.canon pada EOS atau kamera saku yang berkemampuan Wi-Fi. Paling tidak, kamera ini akan mendukung transfer file secara manual. Daftar lengkap kamera kompatibel dapat diakses di sini (Versi Inggris).


Ilustrasi backup cloud dalam image.canon dan bagaimana sarana ini menawarkan akses yang lebih mudah bagi para pengguna

Dengan image.canon, file gambar diam dan data video bisa secara otomatis diunggah ke cloud melalui koneksi Wi-Fi. Setelah selesai, Anda dapat segera menayangkannya pada smartphone atau browser web komputer. Anda bahkan dapat menetapkan file untuk secara otomatis di-back up dari image.canon ke layanan penyimpanan komputer atau eksternal!

Format file yang didukung:
- Still images (Gambar diam): JPEG, HEIF, RAW
- Video: MOV, MP4, RAW (termasuk 4K RAW)

Thumbnail file hingga dimensi 2048 piksel akan secara otomatis dihasilkan dan disimpan pada waktu yang sama saat file gambar diam dan video asli sedang diunggah. File kualitas asli akan disimpan selama 30 hari dari saat file diunggah. Untuk penyimpanan yang melampaui 30 hari, pengguna dapat memindahkan data ke ruang penyimpanan jangka panjang 10 GB. File thumbnail bisa dilihat, bahkan setelah file kualitas asli kedaluwarsa, setelah lewat jangka waktu 30 hari sejak file asli diunggah.

 

Perubahan #2: Cara baru untuk berbagi file di media sosial

Ilustrasi alur kerja berbagi di sosial media dengan image.canon

Aplikasi Camera Connect smartphone sungguh keren dan merupakan alat bantu yang sangat berguna, yang menghubungkan kamera dan smartphone Anda, serta praktis untuk difungsikan sebagai remote shooting (pemotretan jarak jauh). Tetapi, lama-lama, smartphone Anda pun akan kehabisan ruang untuk menyimpan file gambar serta video Anda, khususnya jika Anda mengunduhnya dalam kualitas aslinya.


Langsung dari cloud ke media sosial

Karena image.canon merupakan platform berbasis cloud, menggunakan aplikasi image.canon memungkinkan Anda untuk melihat gambar dan video di mana saja, kapan pun, dan berbaginya di media sosial tanpa harus mengunduhnya terlebih dulu ke smartphone Anda. Ingin berbagi gambar melalui email? Anda juga tidak perlu mengunduh—Anda bisa mengirim email dengan thumbnail dan tautan untuk mengunduh kepada penerima yang dimaksudkan, sehingga tidak perlu lagi melampirkan file. Tidak khawatir tentang pembatasan kapasitas atau paket data di inbox Anda.

Tangkapan layar aplikasi image.canon pada smartphone

Ketuk tombol [Action] untuk menampilkan menu.

Untuk mengirimkan ke media sosial, ketuk [Send to connected service] atau [Send to App], lalu pilih layanan media sosial yang ingin Anda kirimi.

 

Perubahan #3: Alur kerja penyuntingan dan pengelolaan gambar baru

Dengan image.canon, penyuntingan gambar berbasis cloud serta pengelolaan file dapat dilakukan di mana saja, kapan pun, tanpa menghiraukan perangkat yang Anda gunakan, apakah smartphone, tablet atau komputer.  image.canon akan meluaskan kemitraannya dengan berbagai layanan pengelolaan dan pemrosesan gambar cloud online untuk lebih memudahkan bagi pengguna mengerjakan pasca proses serta mengelola file gambar dan video miliknya.

Berikut ini sebagian kemitraan yang bisa diperoleh:
- Google Photos (Versi Inggris) (mulai Juni 2020): Bagus untuk para pengguna yang sering mengirimkan gambar ke media sosial
- Adobe Creative Cloud (Versi Inggris) (layanan berbayar) (mulai Juni 2020): Bagi para amatir yang sudah mahir dan profesional yang menggunakan layanan untuk pasca-proses dan menyunting gambar.

Transfer file gambar dan video otomatis ke semua layanan pihak ketiga ini, juga dapat dilakukan.

 

Bagaimana saya memulai?

Penggunaan image.canon ini gratis. Anda akan memerlukan Canon ID, yang mungkin sudah Anda miliki jika Anda sudah pernah menggunakan berbagai layanan Canon. Malahan, ID login SNAPSHOT Anda juga merupakan Canon ID. Anda harus mendaftarkan nomor seri kamera Canon Anda.

Pada komputer Anda: Akses https://image.canon/ (Versi Inggris)
Pada smartphone: Unduh aplikasi image.canon

Apa lagi yang Anda tunggu? Perkaya kehidupan fotografi Anda—pahami tentang image.canon sekarang!

Logo image.canon

Selama ini Canon berkembang seiring waktu agar tetap terdepan. Belajar tentang bagaimana Canon tetap canggih dalam artikel:
Merayakan 30 Tahun EOS (2): Bagaimana Pengembangan EOS Tetap Terdepan
Speedlite 470EX-AI: Menjelajahi Fungsi Pantulan AI Pertama di Dunia
Lensa RF: Era Baru Teknologi Pencitraan
HDR PQ HEIF: Menerobos Batas JPEG

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!