Inspirations >> Etalase Fotografer

Edisi Spesial Fotografi Pernikahan Canon: Fotografi Louis Gan

Dirinya yang turut terlibat adalah bagaimana Louis Gan sebagai fotografer pernikahan dari Malaysia ini mulai. Sebelum mengembangkan ide-idenya untuk memenuhi ekspektasi kliennya, Louis menikmati pembicaraan personal dengan pasangan yang menjadi kliennya untuk mengerti cerita, kebutuhan, dan keinginan mereka. Bagi Louis, hal ini merupakan langkah yang penting untuk memastikan agar pengantin pria dan wanita sama-sama nyaman dengan keberadaannya dan proses membentuk ide tersebut adalah usaha kolaboratif dari kedua belah pihak. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, metode dekat dan personal ini sudah memberikan manfaat untuk menimbulkan kedekatan emosional yang baik di antara pasangan dan membuat hasil foto menjadi jauh lebih memesona.

Wedding ceremony father walking daughter down the aisle

Canon EOS 5D Mark III,EF50mm f/1.2L USM lens, f/2, 50mm, 1/500 sec, ISO 500

Bagaimana caara seseorang menjadi fotografer pernikahan?

Louis: Saya tidak bisa menekankan lagi, tapi hal ini pada akhirnya kembali kepada passion anda. Saya adalah seorang yang memercayai motto “ikuti passion-mu dan kamu tidak akan pernah bekerja satu hari pun dalam hidupmu”. Hal ini juga kembali kepada semua individu yang memiliki cita-cita (tidak hanya pada fotografer pemula) dalam bidangnya masing-masing: Jika kamu memiliki passion yang besar dalam satu hal, maka lakukanlah!

bride and groom posing a shot against a nice wall

EOS 5D Mark II, EF85mm f/1.2L II USM lens, f/2.5, 85mm, 1/250 sec, ISO 800

Bagaimana anda menemukan gaya anda sendiri?

Louis: Menjelajahi gaya-gaya baru juga sangat penting bagi saya karena melakukan ini tidak hanya membuat saya tetap aktif, tetapi juga membuka mata saya untuk mecoba berbagai cara baru. Penting untuk tetap relevan dan mengikuti berita terkini, dan cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan mencoba gaya-gaya baru. Sekali saya menemukan sebuah gaya baru, gaya ini akan selalu saya coba sampai saya bisa melakukannya secara sempurna. Satu cara untuk mengasah gaya anda adalah dengan mengambil foto pernikahan sebanyak yang anda bisa. Melalui pekerjaan yang teratur ini anda bisa mengetahui gaya foto mana yang anda tidak suka, dan gaya mana yang ingin anda gunakan terus untuk maju ke depannya. Berlatih, berlatih, berlatih.

Jalan lain untuk menemukan gaya baru adalah dengan mengikuti fotografer favorit anda secara online dan mengambil inspirasi dari mereka.Kembangkan metode pengambilan fotomu sendiri secara perlahan dan buatlah gaya itu menjadi milikmu.

Black and white photo bride portrait

EOS 5D Mark II, EF50mm f/1.2L USM lens, f/2.5, 50mm, 1/250 sec, ISO 1250

Bagaimana cara anda mencari lokasi pemotretan?

Louis: Ada banyak cara untuk menemukan lokasi ideal yang paling cocok untuk pasangan pernikahan foto anda. Anda bisa mulai dengan melihat hasil foto fotografer lain untuk mendapatkan inspirasi dimana mereka mengambil foto pernikahan klien mereka. Instagram memiliki ratusan foto-foto lokasi luar biasa yang sempurna untuk pernikahan. Selain itu, baca-baca juga artikel dan blog yang menawarkan saran dan daftar lokasi terbaik – anda mungkin bisa menemukan beberapa lokasi yang kurang banyak diketahui awam di mana pasangan klien anda akan merasa sangat berterima-kasih.

Ditambah lagi, bila pernikahannya terletak di kota anda, tanyalah teman anda untuk lokasi-lokasi terbaik.Anda akan mendapat beragam pilihan lokasi yang lebih sederhana dan autentik.

Akhirnya, tanyalah pada kedua calon pengantin pria dan wanita! Mereka mungkin mempunyai lokasi impian yang berarti bagi mereka, jadi bawalah mereka ke sana untuk mendapatkan foto di mana mereka merasa paling bahagia.

pre-wedding shoot in Japan

EOS 5D Mark II, EF24mm f/1.4L II USM lens, f/2.8, 24mm, 1/8000 sec, ISO 320

Tip terbaik untuk fotografi pernikahan?

Louis: Untuk pemula, jangan merasa sedih oleh kesalahan-kesalahan kecil.Selalu lihat ke belakang dan temukanlah jalan untuk meningkatkan diri di pemotretan selanjutnya. Carilah bantuan professional dan harus terbuka terhadap kritik mereka – apalagi bila anda adalah pemula, menjadi egois bukan merupakan tampilan yang bagus. Cobalah untuk mengembangkan ide anda sendiri, dan selalu siap dan tajam di hari pemotretan!

Untuk inspirasi pernikahan yang lebih banyak, periksalah:

Kiat Menyikapi Pengantin Pria yang Canggung Menghadapi Kamera dan Saran Fotografi Pernikahan: Lainnya

Bagaimana EOS R Membantu Saya Mengabadikan Foto Pernikahan yang Memukau


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi.

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!

Louis Gan

Louis Gan
​Malaysia-based wedding photographer Louis Gan enjoys personal conversations with his couples to understand their story, needs and wants. This up-close and personal method has benefited him in inducing good chemistry between the couple and making the creative expression even more stunning.