Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Tips-Tips Penting untuk Pemotretan Fesyen di Luar Ruangan

2021-03-29

Fotografi fesyen itu menantang. Dibalik model-model yang berpose sempurna sembari memakai pakaian haute couture musim terbaru adalah sebuah dunia serba cepat tempat beberapa elemen seperti teknik potret, pose, pola pencahayaan dan lokasi harus bekerja bersama secara harmonis.

Pemotretan luar ruangan disertai dengan banyak tantangan yang mungkin belum anda pikirkan, khususnya bila anda terbiasa dengan pemotretan dalam ruangan. Namun, anda akan menemukan bahwa usahanya akan sepadan karena pemotretan luar ruangan bias menambahkan seluruh dimensi baru pada foto-foto anda. Sekarang anda sudah melakukan usaha persiapan, berikut ini ada beberapa hal tambahan yang perlu dipertimbangkan saat hari pemotretan datang.

 

Jalani saja alurnya

Mengesampingkan kiasannya, bawa juga sebuah koper beroda pada hari pengambilan foto. Hal ini bias membuat anda menyimpan semua property dan pakaian dalam satu ruang penyimpanan yang bias dipindahkan dengan mudah. Bila anda bias membawa koper berbahan keras, akan jadi lebih baik karena koper akan menjaga barang-barang anda bila terjadi cuaca hujan. Namun, kami masih merekomendasikan untuk memiliki tas kamera khusus untuk lensa dan baterai anda.

 

Ambil foto secara RAW 

Memotret secara RAW membuat anda bisa mengambil rentang dinamis semaksimal mungkin dan bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki foto yang kurang terang atau terlalu terang nantinya. Hal ini penting dalam fotografi fesyen, dan khususnya pada pakaian yang dipinjam karena anda mungkin tidak bisa menggunakan pakaiannya lagi untuk pemotretan ulang sampai tanggal-tanggal berikutnya. Hal ini karena sebagian besar rumah fesyen cenderung untuk meminjamkan pakaian mereka (atau sampelnya) pada banyak publikasi saat meluncurkan koleksi baru dan biasanya akan perlu dikembalikan sebelum waktu yang ditetapkan. Sebagai tambahan, model pilihan anda juga mungkin tidak tersedia untuk pemotretan ulang.

 

Bekerja dengan lingkungan sekeliling anda

Anda memotret di luar ruangan untuk suatu alasan – pastikan alasan tersebut terlihat jelas di foto-foto anda!Seorang fotografer dengan mata yang bagus harus bisa menemukan elemen-elemen lingkungan yang bisa dimainkan dengan baik ke dalam foto. Contohnya, gunakan terowongan dari pepohonan untuk membingkai model anda, atau ambil keuntungan dari pantulan pada permukaan air untuk menyoroti detil-detil dalam pakaian. Bila model anda sedang memakai gaun yang sangat panjang, tekankan panjang gaun dengan membuat model bergantung (tentunya dengan anggun) pada batang pohon yang rendah atau di tangga. Keamanan tetaplah nomor satu!
 

Jangan lupa, fotografi fesyen adalah mengenai pakaian. Jangan terlalu tersesat dalam konsep anda dan lupa untuk menampilkan pakaiannya. Cari elemen-elemen pada lingkungan seperti warna atau tekstur yang berlawanan sehingga terambil foto yang cantic dengan pakaiannya, membuatnya muncul keluar. Bayangkan gaun berwarna oranye dengan langit biru, kisah warna hangat dan menyejukkan dari coklat khaki dengan biru (di atas) – semua hal ini adalah hal yang harus anda pertimbangkan selama mencari lokasi anda.

 

Buatlah model anda merasa nyaman

Mulailah dengan sebuah percakapan!Percakapan ini akan membuat fotografer (anda) dan sang talenta pada pemikiran yang sejalan. Selain mengarahkan model dengan kata-kata sebagai satu cara untuk memberikan instruksi, anda juga bisa memperlihatkan sendiri proses/arahan pada model anda dan buat model untuk menirukannya.

Penting untuk menambahkan bahwa fotografi fesyen tidak hanya tentang pakaian, orang yang memakainya jugalah penting. Hal ini khususnya penting saat konsep pemotretan anda memerlukan lebih banyak emosi dari model anda, seperti tawa atau kesedihan. Jangan lupa untuk memujinya selama pemotretan bila mereka sedang mengerjakannya – sedikit hal-hal positif bisa menjadi sangat berguna!

Bila pemotretan anda memerlukan energi tinggi dari para model anda, jadwalkan beberapa jeda istirahan di antara pengambilan foto untuk memastikan para model tetap energik sepanjang hari. Bila anda sudah membawakan makanan, pastikan makanan tersebut mudah dimakan dan keci kemungkinannya dalam menodai baju – hindari sup atau kare dan bungkuslah makanannya.

 

Bersiap-siap

Bila anda tidak mengajak seorang penata rias, kemas beberapa benda seperti tisu basah, kertas minyak untuk menghilangkan minyak dan kelembaban berlebih pada wajah model, cermin genggam, spray rambut, jepit rambut dan penghapus noda pakaian ekstra. Saat hari berjalan, model anda akan mulai dari terlihat segar menjadi…. tidak, jadi sangat penting untuk memiliki benda-benda ini di tangan anda agar model anda bisa menggunakannya dengan mudah untuk menyegarkan dirinya kembali. Hal ini juga akan menghemat usaha anda dari harus menyunting keringat atau makeup yang basah setelah pemotretan.

Bila anda memiliki mobil, bawa juga beberapa payung besar. Pada keadaan cuaca yang buruk, anda mungkin masih perlu memotret bila hujan tidak terlalu deras, dan paying bisa digunakan ke dalam konsep anda sebagai property. Bila hari tersebut sangat cerah, model-model anda bisa beristirahan dibawah naungan payung selama istirahat untuk mencegah agar tidak terbakar sinar matahari atau berkeringat terlalu banyak dan merusak makeup mereka. Kipas USB portabel juga berguna pada situasi seperti ini.

Hal yang paling penting, dengan memilih untuk memotret di luar, anda sadar bahwa anda mengambil risiko dengan elemen-elemen ini. Bila memang benar ada cuaca yang buruk, bersiaplah untuk menjadi fleksibel. Contohnya, bila pakaian-pakaian anda bisa menahan sedikit air, pertimbangkan untuk bekerja dengan hujan tingan bila bisa menambahkan kesan dramatis pada foto anda. Hari berangin juga berpotensi bagus untuk pakaian yang mudah berayun dan bila pemotretan berjalan lebih lama dari yang diperkirakan, anda mungkin bisa menambahkan sebuah estetika aslinya dengan Canon Speedlite. Kami juga memiliki sebuah panduan pencahayan ulang foto potret untuk anda!

 

Fotografi fesyen di luar ruangan bisa jadi melelahkan dan menantang secara fisik, namun bila anda sudah cukup bersiap dan bersedia menjadi fleksibel, hasil fotonya bisa jadi mengagumkan. Tidak seperti genre fotografi lainnya yang bisa jadi lebih teknis, fotografi fesyen pada akhirnya adalah mengenai pakaian dan gaya hidup atau kisah dari orang yang memakainya. Coba arahkan untuk menangkap hal tersebut, dan sisanya akan ikut dengan mudah.

 

Untuk artikel yang sejenis:
Fotografi Potret: Cara Mengambil Foto Potret Seperti Seorang Profesional
Bagaimana Cara Mengambil Foto Potret Makro yang Bercerita
Menangani Cahaya Alami: Sebuah Kunci Penting Foto Potret dengan Bayangan Berpola