Tips & Tutorials

Kiat penting untuk pemotretan lanskap pada malam hari

Fotografi malam memang menimbulkan tantangan tersendiri, itulah kesempatan yang bagus untuk menghargai keindahan pemandangan dalam 'cahaya' yang berbeda. Sang fotografer pemandangan malam, Keith Liew berbagi tips penting.

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 6detik, 16mm, ISO800
Pantulan aurora, Laksvatn, Norwegia

Teliti dulu lanskap Anda

Sebelum Anda berangkat untuk memotret, luangkan waktu untuk mengenal lanskap Anda pada hari itu. Hal-hal sederhana seperti menemukan tempat untuk memarkir mobil Anda dan menentukan rute ke tempat pilihan Anda dapat membantu Anda untuk bekerja lebih efisien dan pada akhirnya, mendapatkan hasil foto yang Anda inginkan. "Carilah lokasi yang sempurna untuk memotret sebelum malam tiba. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi komposisi terbaik untuk pemotretan Anda sebelum matahari terbenam," kata Keith.

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/9, 20detik, 17mm, ISO100
Pemandangan kota pada malam hari di Dubai, UAE

Perhatikan langit gelap

Kunci untuk hasil maksimal dari langit malam adalah kegelapan. Namun, salah satu tantangan terbesar dalam fotografi malam adalah polusi cahaya. Dia menjelaskan, "Memotret bintang di sebuah kota dengan lampu terang bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, saya cenderung untuk melakukan perjalanan ke tempat yang sangat gelap dan sedikit cahaya ketika saya memotret bintang". Kiat Keith: Gunakan cahaya bulan untuk mencerahkan latar depan, jangan naikkan ISO pada kamera Anda.

Temukan cara memotret di bawah cahaya bulan yang bisa menimbulkan perbedaan pada foto-foto Anda.

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 8detik, 19mm, ISO800
Aurora Borealis, Pulau Sommaroy, Norwegia

Percayalah pada tripod Anda

Jangan pergi untuk melakukan pemotretan tanpa tripod Anda. Keith menambahkan, "Fotografi malam membutuhkan tripod, stabilitas penting pada saat pemotretan dalam kondisi sedikit cahaya. Ini juga berarti diperlukan kecepatan rana lebih lambat atau waktu pencahayaan lebih lama. Saran saya adalah terus memotret dan jangan pernah berhenti belajar."

Pelajari cara untuk menghasilkan foto pemandangan malam Anda yang lebih bagus untuk pemotretan berikutnya.

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 1detik, 16mm, ISO100
Malam penuh warna di Singapura

Lensa adalah segalanya

Memiliki lensa yang bagus lebih penting daripada memotret dengan bodi kamera yang mahal. Keith adalah penggemar dari lensa EF16-35mm f/2.8L II USM karena lensa ini sangat lebar, dan memungkinkan dia untuk memperbesar ketika dia membutuhkan foto close up. Bukaan maksimum f/2.8 yang konstan juga memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam lensa.

EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 6detik, 16mm, ISO800
Menerangi Puncak, Laksvatn, Norwegia
 

Dapatkan lebih banyak inspirasi tentang cara memotret langit malam dalam artikel ini: Perhatikan dan Pelajari: Memotret Langit Malam

 

Kiat Singkat:

  • Jelajahi lokasi Anda sebelum pemotretan
  • Carilah langit gelap untuk meminimalkan polusi cahaya
  • Gunakan tripod agar tetap stabil
  • Lakukan pemotretan dengan lensa lebar

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

 

 

Profil Fotografer

Keith Liew

Sekitar 80 persen dari penduduk bumi saat ini tidak pernah menyaksikan dengan jelas tentang Bima Sakti. Saya beruntung untuk menjadi 20 persen yang pernah melihatnya dengan mata saya sendiri. Saya adalah seorang astrofotografer dan pemandangan yang suka memotret gambar pada malam hari. Saya merasa beruntung untuk bisa melakukan perjalanan dan terinspirasi oleh orang-orang di sekitar saya. Hal paling berharga adalah untuk berbagi pengalaman saya dan menginspirasi orang-orang untuk keluar dan memotret.

https://500px.com/keithliew

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Win an EOS M100

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.