Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Mempersiapkan Kamera Anda dan Aksesorinya untuk Penyelaman Pertama Anda

2018-07-11

Apakah Anda seorang penyelam amatir atau berpengalaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencoba fotografi bawah air untuk pertama kalinya, dan itu termasuk persiapan. Memastikan bahwa sarung bawah air dan kamera Anda disiapkan dengan benar sangat penting untuk memiliki pengalaman fotografi bawah air yang sukses, karena akan sulit untuk memperbaiki masalah apa pun setelah Anda berada di bawah air.

Canon waterproof case WP-DC55 for PowerShot G7 X Mark II

Sarung tahan air Canon melindungi kamera Anda dan menjaganya tetap kering saat Anda menyelam di dalam air. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil bidikan bawah air dengan mudah dengan tombol khusus yang terhubung ke kamera Anda, serta penyebar flash untuk memastikan flash Anda terkontrol. Sarung WP-DC55 (seperti yang terlihat di atas) dibuat khusus untuk Canon PowerShot G7 X Mark II, kamera saku yang ringan, mudah digunakan, dan menghasilkan hasil yang luar biasa. Pelajari lebih lanjut tentang kamera dalam Menyelam Bebas dengan Canon PowerShot G7 X Mark II. Tetapi pertama-tama, mari kita mulai dengan sarung bawah air. 

 

1. Buka sarungnya

Sarung ini dikunci untuk perlindungan ekstra dan hanya bisa dibuka dari samping. Untuk membuka sarung, tekan tombol kuning ke atas lalu angkat penguncinya. Mungkin perlu beberapa kali mencoba untuk terbiasa dengan cara membuka sarung, tetapi begitulah sarung kamera Anda dibuat agar tahan debu dan tahan air.

Canon waterproof case WP-DC55 lock

2. Bersihkan secara menyeluruh

Anda tentu ingin memastikan tidak ada rambut, pasir, debu, atau partikel lain yang terlihat dalam sarung bawah air Anda. Gunakan korek kuping kapas dengan air atau kain yang tidak berbulu untuk membersihkan bagian dalam sarung serta bagian tepinya.

Canon waterproof case WP-DC55 silicone grease

3. Lumasi cincin O

Cincin O sangat penting untuk menjaga sarung agar tetap kedap udara. Oleskan minyak silikon dengan hati-hati ke cincin O yang disertakan dengan sarung bawah air Canon sebelum memasangnya ke dalam bagian tepi sarung untuk membuatnya tahan air.

Canon waterproof case WP-DC55 o-ring

4. Sesuaikan pengaturan kamera Anda dan masukkan kamera

Disarankan untuk memiliki gambaran kasar tentang apa yang akan Anda bidik dan sesuaikan pengaturan kamera Anda dengan benar sebelum memasukkan kamera ke dalam sarung bawah air Anda.

Canon waterproof case WP-DC55 - insert camera

Setelah Anda selesai dengan pengaturan kamera, masukkan kamera Anda ke dalam sarung, tutup dan pastikan telah dikunci.

Canon waterproof case WP-DC55 - locking

5.Coba semua tombol

Setelah sarung bawah air tertutup rapat, tekan setiap tombol untuk memastikan semuanya telah berfungsi dengan baik. Anda juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk membiasakan diri dengan berbagai tombol, dan lebih lanjut menyesuaikan pengaturan kamera Anda.

Canon waterproof case WP-DC55 - live view

6. Perbaiki diffuser flash

Penyebar adalah elemen penting untuk fotografi bawah air Anda. Salah satu masalah utama ketika memotret di bawah air adalah backscatter (bintik putih), di mana cahaya dipantulkan dari partikel dari flash ke lensa, menyebabkan bintik putih yang mengganggu. Untuk mencegah hal itu terjadi, gunakan diffuser untuk mengurangi pemantulan flash di foto Anda.

Canon waterproof case WP-DC55 - diffuser

7. Pasang tali pengikat atau bungee

Tali pengikat digunakan untuk mengamankan kamera pada badan Anda sehingga tidak akan mengapung atau tenggelam saat Anda berada di bawah air.Ketika di dalam air semuanya akan berbeda seperti yang di darat oleh karena itu perlu untuk mengamankan kamera Anda lebih dari sekadar menggantungkan tali kamera di leher Anda.

Canon waterproof case WP-DC55 - lanyard

Atau, gunakan kabel bungee dan pasangkan ke Perangkat Kompensasi Apung (BCD) jika Anda tidak ingin repot-repot memegangnya.

Canon waterproof case WP-DC55 - bungee

Bonus: Sesuaikan kecepatan rana dan aperture Anda

Saat memotret pada mode Manual, sesuaikan kecepatan rana Anda dengan memutar kenop searah/berlawanan arah jarum jam pada bagian samping sisi sarung.

Canon waterproof case WP-DC55 - adjust settings

Untuk menyesuaikan aperture, tekan tombol Ring Function untuk menemukan f stop pilihan Anda.

Canon waterproof case WP-DC55 - live view

Setelah Anda selesai melakukan persiapan, berarti Anda hampir siap untuk menyelam. Adalah penting untuk memastikan bahwa baterai kamera Anda terisi penuh dan kartu SD Anda memiliki banyak ruang penyimpanan. Akan merepotkan jika Anda sudah berada di air dan menemukan hal yang sebaliknya.

Temukan lebih banyak tips dalam artikel Fotografi Bawah Air: Mulai dengan cara yang tepat.

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!