LOGIN/SIGN UP function is disabled for upgrade and maintenance. It will resume on 22/01/2022 10.30 AM SGT. Sorry for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Cara Mengambil Foto yang Indah Saat Hujan

2021-12-22

Hujan menggabungkan banyak elemen yang biasanya tidak disukai fotografer, seperti gerakan cepat di bawah cahaya redup, warna yang kusam, dan kelembapan. Tetapi di dalam hujan, dunia juga mulai berkilau dan menjadi hidup.

Dengan sebagian besar kamera Canon menjadi tahan cuaca, kreativitas dan keterampilan telah menjadi hal utama yang membatasi dalam menangkap salah satu fenomena alam yang paling memesona ini.

Berikut adalah beberapa tip utama yang harus Anda ingat saat memotret dalam hujan.

 

Bereksperimenlah dengan Kecepatan Rana  ​  

Kecepatan rana dapat memainkan peran yang penting dalam bagaimana hujan akan terlihat pada gambar akhir Anda. Hujan turun dengan kecepatan tinggi, dan mata manusia sering melihatnya sebagai kekaburan putih yang cepat. Namun dengan cukup cahaya dan ISO tinggi, Anda dapat meningkatkan kecepatan rana dan mendapatkan gambar seperti ini:

EOS R6, RF100mm f/2.8L MACRO IS USM, f/5, ISO 2500, 1/8000s, 100mm​  

Dengan kecepatan rana 1/8000 detik, butiran air yang diam di tempat dengan kecepatan rana yang cepat dapat menghasilkan gambar yang memukau.

Sebaliknya, kecepatan rana yang lebih lambat seperti pada gambar jamur di bawah ini menciptakan garis-garis hujan yang indah yang dapat menciptakan efek yang sangat berbeda.

 

Pikirkan Tentang Lampu Latar​ 

Hujan paling terlihat saat diberi cahaya latar atau jika cahaya mengenainya dari suatu sudut.

EOS 5D Mark IV, EF24-70mm f/4L IS USM, f/8, ISO 160, 10s, 70mm
Oleh @gatot_herliyanto 

Dalam contoh gambar ini - meskipun fotografer menggunakan simulasi hujan - kita dapat melihat bagaimana lampu latar memberikan kilau yang indah pada air. Selain itu, kecepatan rana yang lebih lambat mengubah tetesan yang terlihat menjadi guratan cahaya.    

Anda juga dapat melihat bagaimana cahaya latar meningkatkan kontras antara subjek dan latar belakang, yang berkontribusi pada keberhasilan gambar secara keseluruhan.  

Untuk hujan yang benar-benar terlihat, cari sudut yang tepat dengan sumber cahaya di belakang atau gunakan Speedlite yang ditempatkan secara strategis.

 

Jelajahi ISO yang Lebih Tinggi

EOS M6, EF M18-150mm f/3.5-6.3 IS STM, f/7.1, ISO 500, 1/640s, 150mm
Oleh @fiq0510

Hujan berasal dari awan tebal yang dapat menghalangi sinar matahari. Saat memotret pemandangan hujan, jangan terlalu mengkhawatirkan noise saat Anda perlu meningkatkan kecepatan ISO Anda.

Konsekuensi terbesar saat menggunakan kecepatan ISO yang lebih tinggi sering kali adalah noise tambahan pada gambar. Namun, saat memotret dalam hujan, bintik-bintik ini dapat menambahkan lapisan detail yang menarik pada gambar.

 

Fokus Manual ​ 

Saat memotret pemandangan, cobalah untuk menggunakan fokus manual. Hujan menciptakan lapisan bergerak antara kamera Anda dan subjek. Lapisan ini dapat menyulitkan sistem AF untuk mendapatkan fokus yang tepat.

Jika Anda menyadari bahwa kamera memerlukan waktu lebih lama untuk mengunci fokus atau jika Anda terus mendapatkan gambar yang tidak fokus, itu mungkin karena sistem pemfokusan tidak bekerja dengan baik saat hujan. 

 

Simpan dalam RAW

Meskipun fotografer harus selalu mencoba memotret dalam RAW, saran ini menjadi jauh lebih penting dalam hujan di mana pencahayaan bisa sangat menantang. Selain memiliki lebih banyak data saat mengubah kecerahan, menyimpan dalam RAW akan menyimpan lebih banyak informasi untuk melakukan koreksi warna seperlunya.

EOS 6D Mark II, EF35mm f/1.4L II USM, f/1.4, ISO 800, 5.3s, 35mm
Oleh @k3lvinch

Memotret di bawah cahaya alami di saat hujan dapat menghasilkan warna yang tampak lebih kusam daripada aslinya. Itulah mengapa beberapa perbaikan bisa menjadi sangat penting untuk menciptakan gambar akhir yang bagus.

 

TIP BONUS: Perhatikan pantulan!

EOS 2000D, EF S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM, f/11, ISO 200, 1/400s, 35mm
Oleh @_kanishk_arora_

Air dapat mengubah banyak permukaan menjadi reflektif, yang bisa menjadi hal yang menarik untuk dijelajahi. Lihatlah ke sekeliling untuk melihat apakah ada komposisi menarik yang dapat dibuat dengan cermin sementara ini yang muncul selama atau tepat setelah hujan.

 

Sekarang, Anda seharusnya tahu bahwa berjalan-jalan sambil mengambil foto di tengah hujan bisa sangat berbeda dengan memotret dalam kondisi cuaca kering. Meskipun hujan tidak mudah untuk dihadapi, ada juga kesempatan unik di dalamnya untuk mendapatkan foto yang bagus di tengah hujan.

Jika Anda mencari petualangan yang kreatif, mengapa tidak mengambil kamera Anda saat langit berubah menjadi abu-abu.

 

Untuk artikel serupa: