Yang Baru >> All Happenings

Lomba Foto New Cosmos of Photography 2018: Pendaftaran Sekarang Dibuka (Kabar Terkini: Pengumuman Pemenang)

2018-11-27

Jika Anda sangat menghayati seni visual, inilah kesempatan yang sempurna untuk menguji, meluaskan dan memperkaya cakupan ekspresi kreatif Anda. Lomba foto New Cosmos of Photography Canon Inc., bertujuan untuk menemukan, membina dan mendukung para fotografer baru yang berbakat dalam mengumbar upaya kreatif mereka. Pendaftaran untuk perlombaan 2018 dibuka dari sekarang hingga 6 Juni, dan menerima segala macam still image (gambar diam) dan video. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Pemenang Lomba Foto New Cosmos of Photography 2017

 

Kabar Terkini: Pengumuman Pemenang Hadiah Utama New Cosmos of Photography 2018!

Pada tanggal 2 November 2018, Mr. Song-Nian Ang dari Singapura dinyatakan sebagai pemenang Hadiah Utama untuk New Cosmos of Photography 2018 pada pertemuan publik komite seleksi Hadiah Utama yang diadakan di Tokyo Photographic Art Museum.

Karya beliau yang memenangkan kontes ini, "Hanging Heavy On My Eyes", divisualisasikan dengan mendokumentasikan situasi berkabut yang terjadi berulang kali di Singapura melalui serangkaian cetakan foto perak halida. (Selengkapnya, baca siaran pers) Selamat, Mr. Ang!

Bagi yang ingin bergabung dalam kompetisi di tahun depan, tandai situs web New Cosmos of Photography Photo Competition dan ikuti terus berita terkini. Biasanya, pendaftaran dibuka bulan April.

 

 

 

Gerbang meraih sukses untuk para fotografer pemula

New Cosmos of Photography merupakan proyek dukungan budaya dari Canon, dan bertujuan untuk menemukan, membina dan mendukung para fotografer baru yang berbakat dalam mengejar berbagai kemungkinan baru dalam ekspresi fotografis kreatif. Didirikan tahun 1991, tahun 2018 menandai edisi ke-41 lomba ini dan tahun ke-28 acara ini digelar. 

 

Mendorong ekspresi visual yang berani dan kreatif

Peserta lomba didorong untuk menjelajahi segala kemungkinan fotografi untuk menciptakan ekspresi fotografis kreatif yang baru, termasuk gambar diam atau video yang tidak lazim.

Fotografer yang bisa menunjukkan bahwa mereka tidak terkungkung oleh berbagai ideologi yang ada saat ini, dan karya mereka memberikan kesan kepada juri tentang gambaran generasi berikutnya, akan berpeluang memenangkan kontes. Hasil karya yang menarik pandangan mata ke berbagai masalah yang ada di kalangan masyarakat kita saat ini, dan menyampaikannya sebagai seni kontemporer dalam bentuk foto, video, atau kombinasi keduanya, juga akan diterima dengan hangat. 

 

Peluang untuk dilihat dan dievaluasi oleh para tokoh seni visual yang terkenal

Penilaian dilakukan oleh panel juri sebanyak tujuh orang yang merupakan para praktisi terpandang dan profesional lainnya dalam seni visual, perlombaan ini menyediakan peluang yang langka bagi para fotografer yang bercita-cita tinggi untuk mempertunjukkan karya mereka agar dapat dilihat dan dievaluasi oleh para tokoh terkemuka dalam berbagai genre seni visual. 

Panel juri sebelumnya, tidak saja menyertakan kritikus fotografer dan foto, tetapi juga sejumlah seniman, art director (pengarah seni) dan curator (penilai barang seni). Panel untuk perlombaan 2018 menyertakan Artistic Director pameran foto dan video Belanda yang Belum Dipertontonkan, Emilia van Lynden, dan Sandra Philips, Curator Emerita of Photography, San Francisco Museum of Modern Art (SFMoMA).

Dengan pemaparan dan berbagai peluang yang tersedia melalui perlombaan ini, banyak dari para pemenangnya yang kemudian menjadi fotografer terkenal dan bekerja di seluruh dunia. Perlombaan ini juga membekali para fotografer pemula dengan suatu platform untuk diakui secara global.

Para Juri New Cosmos of Photography 2017:

Para juri New Cosmos of Photography edisi 2017.

 

Menilai kategori Excellence Award (Penghargaan Istimewa) 2017

Para juri mengulas setiap karya yang masuk untuk kategori Excellence Award tahun 2017.

 

Kelayakan

Siapa pun, di seluruh dunia bisa berpartisipasi, tanpa menghiraukan kebangsaan, usia, jenis kelamin atau pengalamannya. Kontes ini terbuka bagi fotografer amatir maupun fotografer profesional.

Peserta dapat memilih untuk ikut sebagai perorangan atau sebagai kelompok, tetapi tidak boleh memilih keduanya. Namun demikian, harap diperhatikan bahwa entri berdasarkan kelompok hanya terbatas bagi kelompok yang berencana untuk melanjutkan berbagai aktivitas sebagai kelompok di kemudian hari. 

 

Hadiah dan Kesempatan

Akan ada hingga 7 pemenang Excellence Award (masing-masing juri memilih 1 pemenang) dan 7 hingga 14 pemenang Honorable Mention Award (masing-masing juri memilih 2 pemenang). 1 pemenang Grand Prize akan dipilih di antara para pemenang Excellence Award. 

Pemenang berpeluang memenangkan hadiah uang tunai dan kesempatan publisitas sebagai berikut:

Grand prize (1 pemenang)
- Hadiah uang JPY 1 juta (termasuk hadiah uang JPY 200.000 untuk Excellence Award)
- Kesempatan untuk mengadakan pameran tunggal di New Cosmos of Photography Exhibition yang akan diadakan di Tokyo pada tahun 2019.
- Semua hadiah dan publisitas Excellence Award

Excellence Award (hingga 7 pemenang)
- Hadiah uang JPY 200.000
- Undangan untuk berpartisipasi dalam rapat komite seleksi Grand Prize
- Karyanya dipamerkan di New Cosmos of Photography Exhibition 2018
- Karyanya ditampilkan di situs web New Cosmos of Photography
- Karyanya diterbitkan dalam majalah New Cosmos of Photography edisi berikutnya

Honorable Mention Award (7 hingga 14 pemenang)
- Hadiah uang JPY 30.000
- Karyanya dipamerkan di New Cosmos of Photography Exhibition 2018
- Karyanya ditampilkan di situs web New Cosmos of Photography
- Karyanya diterbitkan dalam majalah New Cosmos of Photography edisi berikutnya

Pemenang 2017 (foto kelompok)

Ke 7 pemenang New Cosmos of Photography 2017 (termasuk 1 kelompok dengan 2 anggota).

 

Karya jenis apakah yang diterima?

Entri dapat berupa tema apa saja selama karya fotografisnya asli dan belum pernah diterbitkan atau diajukan ke/dipilih oleh penghargaan atau perlombaan lain apa pun. 

Hasil karya dapat diajukan dalam format digital atau cetak. Untuk pengiriman digital, harap diperhatikan bahwa ada pembatasan mengenai jumlah file, ukuran dan format file yang berlaku.

Tidak ada pembatasan mengenai perlengkapan fotografis—Anda bisa menggunakan kamera film jika itu memang alat pilihan Anda. Perlombaan ini juga menerima karya yang sudah diproses dan dimanipulasi dengan aplikasi dalam kamera atau perangkat lunak image-editing lainnya, selama hak pihak ketiga tidak dilanggar.

 

Contoh Karya Pemenang 2017

“17 toner hvitt” oleh Trond Ansten & Benjamin Breitkopf, pemenang Grand Prize 2017

Esai film ini berfungsi sebagai metafor untuk berbagai masalah dan ketegangan di Lingkaran Kutub Utara masa kini. Karya ini mengesankan para juri, yang melihat ekspresi fotografis baru nan artistik, serta "berbagai kemungkinan, hingga sejauh mana karya seni bisa berkembang di kemudian hari".
Bacalah selengkapnya mengenai karya tersebut di sini: (Versi Inggris)

 

“I travelled on an island”, Giancarlo Shibayama

“I travelled on an island”, Giancarlo Shibayama, pemenang Excellence Award 2017 

Enam puluh sembilan gambar diam dalam karya ini merupakan campuran gambar surealis dan jepretan foto yang berpadu untuk secara bersama mewakili dan melampaui batas keturunan serta jati diri sang seniman yang memiliki darah campuran Jepang dan Peru.
Lihat karya lainnya di sini (Versi Inggris)

 

“ID”, Ai Mizobuchi

“ID”, Ai Mizobuchi, pemenang Excellence Award 2017

Melalui koleksi potret wajah wanita sebanyak dua puluh buah, karya ini mengupas fabrikasi sosial (kosmetik dan fashion) untuk menangkap "titik antara", antara media sosial dan pesona di dunia nyata.
Lihat karya lainnya di sini (Versi Inggris)

Karya dari para pemenang 2017, edisi lalu New Cosmos of Photography dapat dilihat di New Cosmos of Photography Gallery (Versi Inggris)

 

Cara mengajukan permohonan

Permohonan tidak dikenakan bayaran dan bisa dilakukan secara online. Ikuti saja petunjuk berikut:

1. Kirim permohonan keikutsertaan Anda selambat-lambatnya pada tanggal 6 Juni 2018 (rabu) melalui situs web New Cosmos of Photography (Versi Inggris)
*Permohonan harus sudah diterima selambat-lambatnya pukul 23:59 JST (UTC +9) tanggal 6 Juni

2. Kirimkan entri Anda selambat-lambatnya tanggal 13 Juni 2018 (Rabu).

Untuk pengiriman online:
- Harap merujuk ke panduan permohonan untuk informasi tentang format dan ukuran file.
- Pengiriman online akan diterima sampai pukul 23:59 JST (UTC +9) tanggal 13 Juni 2018.

Untuk pengiriman melalui pos:
- Ini hanya untuk karya cetak. Pengiriman pada DVD atau media lainnya tidak akan diterima.
- Pengiriman Anda harus memiliki cap pos atau diambil oleh kurir pada tanggal 13 Juni 2018.
- Peserta lomba akan bertanggung jawab atas biaya prangko.

 

Tanggal yang perlu diperhatikan

6 Juni
Tenggat waktu untuk permohonan keikutsertaan (entri)

13 Juni
Tenggat waktu untuk pengiriman keikutsertaan (entri)

Awal Juli
Proses penilaian untuk Excellence Award dan Honorable Mention Award

3 Agustus
Pemenang Excellence Award dan Honorable Mention Award diumumkan pada situs web New Cosmos of Photography

27 Okt hingga 25 Nov
New Cosmos of Photography Exhibition 2018 (Tokyo)

2 Nov
Pemilihan pemenang Grand Prize oleh komite seleksi. (Juga akan diumumkan nanti di situs web New Cosmos of Photography)

Maret 2019
Semua karya yang menang akan diterbitkan dalam majalah karya pemenang Edisi No. 33.

 

Jika visi dan misi artistik Anda termasuk menantang keterbatasan yang ada, menyempurnakannya dan menciptakan perspektif yang segar melalui fotografi dan/atau videografi, ajang perlombaan ini mungkin merupakan platform yang tepat bagi Anda untuk mencapai tingkat yang jauh lebih tinggi lagi. Beranilah bermimpi, menciptakan, dan siapa tahu? Mungkin saja karya Anda bisa menjadi pemenang berikutnya.

Untuk detail lebih lanjut mengenai panduan permohonan keikutsertaan kontes, harap merujuk ke beranda New Cosmos of Photography.
http://global.canon/en/newcosmos (Versi Inggris)

Untuk artikel mengenai edisi New Cosmos of Photography yang terdahulu, bacalah:
New Cosmos of Photography 2016: Pemenang Hadiah Utama Diumumkan!

 


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!