Scheduled Maintenance: Some services on SNAPSHOT may not be available on 28 July 2019 from 1am to 4am. We apologise for any inconvenience caused.
Close
Tips & Tutorials >> All Tips & Tutorials

Fotografi Malam: Cara Memotret Light Painting dengan EOS R

2019-05-03

Light painting atau melukis foto dengan cahaya, merupakan salah satu teknik dalam fotografi malam, yaitu dengan mengombinasikan antara cahaya dan fotografi yang menarik. Dibutuhkan alat dan keterampilan untuk membuat karya seperti itu dan membuat painting light dan warna di dalam gelap. Ikuti tutorial kami dan pelajari cara membuat warna, bentuk, dan garis besar di malam hari dengan bantuan EOS R.


EOS R, lensa USM RF28-70 mm f/2L, f2.8, 28 mm, 11 detik, ISO100

Perlengkapan yang Anda butuhkan untuk menghasilkan light painting

Alat-alat yang diperlukan untuk light painting sederhana adalah: kamera, tripod, tongkat cahaya dan lampu senter. Untuk pemotretan ini, kami menggunakan kamera mirrorless full frame pertama Canon, EOS R, yang menangkap foto luar biasa bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Kamera ini menawarkan autofokus cahaya rendah dari EV-6, memungkinkan seseorang untuk dengan mudah fokus pada subjek bahkan dalam kondisi gelap. Pasang kartu memori dan baterai ke dalam kamera Anda (bawa baterai cadangan jika Anda berniat memotret sepanjang malam), serta senter dan tongkat cahaya dengan berbagai warna. 

Temukan lokasi yang tepat

Cari tempat gelap dalam ruangan (misalnya Rumah Anda), di bawah jembatan, situs yang telah diabaikan, atau pantai untuk memotret light painting Anda. Anda mungkin terkejut dengan betapa cerahnya kota di malam hari, oleh karena itu disarankan untuk menghindari pemotretan di sekitar lampu jalan karena hal itu dapat mengganggu hasil foto Anda. Anda hanya perlu menggunakan tongkat cahaya Anda ketika Anda sampai ke lokasi dengan cahaya rendah untuk memastikan reaksi kimia tetap aktif selama pemotretan Anda.

 Pola berbeda yang bisa Anda coba


EOS R, lensa USM RF28-70 mm f/2L, f2.8, 28mm, 11 detik, ISO100

Sebelum Anda melakukan pemotretan, ganti mode kamera Anda ke mode Bulb untuk eksposur lama, atur ISO rendah (100 hingga 400), bukaan lebar. Atau, Anda dapat menggunakan mode Manual dan menyesuaikan pengaturan Anda. Hal ini akan memungkinkan cahaya untuk dapat mencapai sensor kamera Anda tanpa terlalu mencerahkan gambar. Dalam mode Bulb, cari fokus Anda melalui jendela bidik kamera atau layar LCD, lalu tekan dan tahan tombol rana Anda. Atau, gunakan aplikasi Canon Camera Connect untuk mengontrol bidikan Anda dari jarak jauh dan mengurangi risiko goyangan kamera dan gerakan.
Cobalah untuk membuat pola dengan mengarahkan ke atas dan ke bawah atau dalam hal ini, buat pola berbentuk hati selama sekitar 10 detik dan kemudian lepaskan tombol.
Pelajari cara lain untuk membuat pemotretan malam menggunakan mode Bulb dalam Mengisi Frame Anda Sepenuhnya dengan Kembang Api yang Bertaburan di Langit Malama, atau baca lebih lanjut tentang light painting di Tips Membuat Foto Light Painting dengan Senter dan Tongkat Cahaya.

 


EOS R, lensa USM RF28-70 mm f/2L, f2.8, 28mm, 10 detik, ISO100
 

Gunakan berbagai tongkat cahaya secara bersamaan, buat garis besar tubuh Anda dengan senter atau tuliskan huruf di udara, light painting sama imajinatifnya seperti yang Anda inginkan.
Pelajari apa yang dapat dilakukan rana lambat dalam Seni Rana Lambat: 3 Tips Ampuh untuk Memotret Light Painting, atau cari tahu cara membuat bidikan malam yang luar biasa dalam Tips Penting untuk Memotret Bentang Alam di Malam Hari.


EOS R, lensa USM RF28-70 mm f/2L, f2.8, 28mm, 11 detik, ISO100
 

Tonton video tutorial light painting di bawah ini dan coba Anda buat sendiri!

 
 
 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

Jadilah bagian dari Komunitas SNAPSHOT.

Daftar Sekarang!