Produk

12 Fitur Baru EOS 5D Mark IV yang Dahsyat

Akhirnya, EOS 5D Mark IV yang sudah lama dinantikan, kini muncul. Seperti yang Anda ketahui, hal ini menghadirkan banyak sekali perubahan di lapangan bermain untuk DSLR full-frame sekitar empat tahun setelah peluncuran EOS 5D Mark III. Mari kita lihat berbagai fitur baru EOS 5D Mark IV yang pasti tidak ingin Anda lewatkan. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

*Ulasan ini dilakukan dengan menggunakan purwarupa kamera yang penampilan luarnya mungkin berbeda dari produk yang sesungguhnya.

 

DSLR serbabisa tepercaya, sarat dengan berbagai fitur baru

Seri EOS 5D merupakan salah satu dari jajaran DSLR full-frame utama yang sudah merintis jalan, bukan hanya untuk Canon, tetapi seluruh industri kamera. Dibuat berdasarkan kekuatan EOS 5D Mark III, EOS 5D Mark IV telah menarik banyak sekali perhatian, karena kamera ini menetapkan suatu peringkat untuk DSLR full-frame ke depannya.

Bagaimanapun, ini adalah model definitif yang melanggengkan filosofi desain dan pengembangan seri EOS 5D lainnya, di samping membanggakan kemampuan level pemula yang komprehensif. Contoh utamanya yaitu, bagaimana sensor imaging telah ditingkatkan hingga kira-kira 30,4 megapiksel, tetapi tidak hanya itu – kamera ini dilengkapi dengan in-camera Digital Lens Optimizer (DLO), yang sebelumnya hanya tersedia pada EOS-1D X Mark II. Yang juga mencengangkan adalah, DLO memenuhi pemotretan JPEG untuk pertama kalinya pada kamera EOS – bahkan sebelum kamera EOS-1D mendapatkan gilirannya.

Dengan kecepatan pemotretan beruntun hingga 7 fps, bahkan pada kira-kira 30,4 megapiksel, kamera serbaguna ini juga memenuhi hampir semua kebutuhan pemotretan. Saya juga menyadari bahwa inilah kamera EOS pertama yang dilengkapi dengan Dual Pixel RAW Optimizer, fitur baru untuk DPRAW dan DPP (Digital Photo Professional).

EOS 5D Mark IV juga dilengkapi dengan banyak fitur baru lainnya, dan yang paling menonjol adalah Dual Pixel CMOS AF. Teknologi ini sudah tergabung dalam EOS-1D X Mark II, tetapi meskipun begitu, antarmuka pemotretan Live View dan pembuatan film kamera EOS 5D Mark IV telah berubah.

Banyak sekali yang ditawarkan oleh EOS 5D Mark IV, dan merupakan kamera serbabisa paling unggul yang telah memikat para pengguna khusus EOS 5D Mark II dan EOS 5D Mark III yang sudah lama serta mereka yang ingin meningkatkan diri ke model yang lebih terkini.

 

TOPIK 01: Sensor CMOS 30,4 megapiksel

Semua sensor pada kamera baru saja dikembangkan, dan secara cepat menghasilkan output data hingga kira-kira 30,4 megapiksel. Berkat berbagai teknologi yang digunakan, termasuk proses penyempurnaan yang baru, pixel pitch telah dipertahankan, meskipun jumlah piksel lebih tinggi. (Pixel pitch untuk EOS 5D Mark IV kira-kira 5,36 mikron.) Kecepatan ISO Normal sudah dinaikkan hingga ISO 32000.

 

TOPIK 02: Kecepatan ISO Maksimum, ISO 102400

Kecepatan ISO bisa diperluas hingga ISO 102400 dan kisaran normal memiliki batas atas, ISO 32000, peningkatan 1/3 stop dari EOS 5D Mark III. Pencapaian jumlah piksel tinggi dan kecepatan ISO, dimungkinkan dengan menyinergikan antara teknologi sensor dan prosesor gambar.

 

TOPIK 03: Dual Pixel CMOS AF dengan kecerahan pemfokusan minimum EV-4

Walaupun Dual Pixel CMOS AF pada EOS 5D Mark IV memiliki banyak kesamaan dengan EOS 80D, namun kemampuan pemfokusan dalam kondisi rendah cahaya sewaktu pemotretan Live View telah diperbaiki hingga minimum EV-4, suatu lompatan besar dari EV±0 EOS 80D. Di samping melampaui EV-3 flagship EOS-1D X Mark II dengan spesifikasi ini, kamera ini pun merupakan kamera EOS full-frame pertama yang dilengkapi dengan FlexiZone - Multi autofocusing.

A: Gambar A
B: Gambar B
C: Fotodioda
D: Sewaktu pemfokusan
E: Sewaktu pemotretan

Untuk selengkapnya mengenai Dual Pixel CMOS AF, bacalah artikel berikut ini:
[Bagian 2] Live View EOS 70D menjadi viewfinder lainnya – Mengungkapkan Dual Pixel CMOS AF –

 

TOPIK 04: Fungsi Touchscreen

Ini adalah yang pertama untuk seri EOS 5D – Anda bisa mengambil bidikan dengan mengetuk layar LCD untuk fokus dan melepaskan rana, memperbesar pemutaran ulang gambar dan melihat bingkai berikutnya dalam film. Anda bahkan dapat memilih berbagai fungsi secara langsung dari item menu atau layar Quick Control.

 

TOPIK 05: Fungsi pemrosesan gambar baru, DPRAW

DPRAW adalah format RAW baru yang juga menyertakan informasi Dual Pixel CMOS AF. Dengan memotret dalam format ini, Dual Pixel RAW Optimizer di DPP dapat digunakan sewaktu pasca-produksi, di mana Image Microadjustment (Penyesuaian Mikro Gambar), Bokeh Shift (Pergeseran Bokeh) dan Pengurangan Ghosting (semacam bentuk bayangan yang teramati secara jelas) bisa diterapkan.

 

TOPIK 06: Koreksi aberasi lensa yang lebih tangguh

Dengan EOS 5D Mark IV, koreksi iluminasi perifer, koreksi distorsi, koreksi aberasi kromatik dan koreksi difraksi bisa diterapkan dalam kamera atau melalui DLO. Perbedaannya bisa dilihat, bahkan apabila memotret dalam format JPEG.

 

TOPIK 07: Pemotretan beruntun hingga 7 fps

1 fps lebih tinggi dari EOS 5D Mark III, kecepatan pemotretan beruntun tertinggi EOS 5D Mark IV hanya beda sedetik dari EOS 7D Mark II, dan jumlahnya semakin bertambah, sehingga membuatnya sebagai kamera performa tinggi. Struktur cermin dan sirkuit elektronik baru saja dikembangkan untuk mencapai ketangkasan ini.

 

TOPIK 08: AF II retikular 61 titik presisi tinggi

Ini adalah sistem AF yang sama seperti EOS-1D X Mark II. Area cakupannya sudah diperluas seluruhnya, hingga kira-kira 24% untuk blok kiri dan kanan. Semua titik kompatibel dengan aperture f/8. Dengan EOS iTR AF, subjek dapat disejajarkan lebih akurat dengan titik pemfokusan. Pelacakan otomatis subjek yang bergerak, juga sudah lebih baik.

A: Pemfokusan tipe Silang: f/4 horizontal + f/5.6 atau f/8 vertikal
B: pemfokusan vertikal f/5.6 atau f/8
C: Pemfokusan tipe Silang: f/5.6 atau f/8 vertikal + f/5.6 atau f/8 horizontal
D: Pemfokusan tipe silang ganda: f/2.8 diagonal kanan + f/2.8 diagonal kiri
f/5.6 atau f/8 vertikal + f/5.6 atau f/8 horizontal

 

TOPIK 09: 150.000 piksel RGB + IR metering sensor

Kamera ini memiliki 150.000 piksel RGB + IR metering sensor yang memanfaatkan pengenalan wajah dan warna. Ini menstabilkan pencahayaan dan menyampaikan informasi ke fungsi AF dengan cara mendeteksi kecerahan subjek dan mengenali warna.

 

TOPIK 10: Kompatibel dengan pembuatan film 30p 4K

Sensor full-frame EOS 5D Mark IV dapat digunakan untuk pembuatan film 4K, pada Digital Cinema Initiative (DCI) Standard, 4K/30p. Pemutaran ulang gerakan lambat yang menarik difungsikan oleh HD frame rate yang cepat, 100 fps (PAL) / 119.9 fps (NTSC).

 

TOPIK 11: Intelligent Viewfinder II

Viewfinder ini kompatibel dengan berbagai fungsi baru, misalnya peringatan kerlipan. Tampilan level elektronik khusus menggantikan tampilan level yang ditampilkan dengan bingkai AF.

Bacalah artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Intelligent Viewfinder.
Optical Viewfinder (Jendela Bidik Optik)

 

TOPIK 12: Komponen kedap debu dan kedap air

Pada bidikan yang mempertimbangkan lokasi yang tidak bersahabat, kamera ini memiliki daya kedap debu dan kedap air yang lebih tangguh. Dial dan tombol kamera memiliki materi penyekatan kedap debu dan kedap air di sekelilingnya, dan terlebih lagi, area di sekeliling dudukan lensa, telah menyatukan cincin kedap debu dan kedap air.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

Ryosuke Takahashi

 

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

its an amazing

Hi kishan meta, Thank you, hope you enjoy reading articles on SNAPSHOT.

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.