Tips & Tutorials

3 Alasan Anda Harus Mulai Menggunakan Tudung Lensa

Meskipun Anda sering melihat orang menggunakan DSLR atau kamera mirrorless di kota atau di tempat-tempat wisata, Anda hampir tidak pernah melihat mereka menggunakan tudung lensa. Ini disayangkan, karena tudung lensa sangatlah penting. Dalam artikel ini, saya akan membahas 3 alasan mengapa, khususnya pemula, harus menggunakan tudung lensa. (Diedit oleh studio9)

Apakah tudung lensa itu? 

Jika Anda melihat lensa dari orang yang menggunakan DSLR atau kamera mirrorless di kota, Anda akan melihat, bahwa kebanyakan orang cenderung untuk membidik dengan lensa saja, tanpa memasang tudung lensa. Bahkan mungkin sebagian orang tidak tahu benda seperti tudung lensa itu ada, karena itu bukan masalah standar dalam kit kamera DSLR dan mirrorless tingkat pemula. Akan tetapi, tudung lensa adalah komponen yang sangat penting.

Tudung lensa merupakan aksesori yang Anda pasangkan ke lensa, seperti topi atau helm yang dikenakan oleh seseorang.

Berikut ini adalah tiga alasan mengapa kita memakai topi atau helm:
1. Untuk menghindari cahaya matahari yang kuat
2. Untuk melindungi kepala
3. Agar terlihat keren

Hal yang sama berlaku untuk tudung lensa, karena ada alasan yang baik untuk menggunakannya.
Di sini, saya akan membahas tiga alasan mengapa lebih baik menggunakan tudung lensa, dan efek penggunaannya. Penggunaan tudung lensa hampir tidak ada ruginya, sehingga memasangnya merupakan gagasan yang baik, terutama jika Anda seorang pemula.

 

1. Tudung lensa menghalangi cahaya matahari yang benderang untuk meningkatkan kualitas gambar

Ini adalah fungsi awal tudung lensa. Lensa kamera terdiri atas kombinasi sekian banyak elemen lensa cembung atau cekung, dengan sekitar 10 elemen lensa yang digunakan untuk lensa tingkat pemula, dan sekitar 20 elemen untuk lensa tingkat mahir.

Ketika cahaya benderang seperti cahaya matahari memasuki lensa selama pemotretan, cahaya dipantulkan di antara elemen lensa, yang dapat mengakibatkan fenomena kualitas gambar yang lebih rendah, seperti flaring (efek seperti kabut atau asap) dan ghosting (semacam bentuk bayangan yang teramati secara jelas).

Jika Anda memasang tudung lensa, tudung ini berfungsi sebagai pelindung, menghalangi cahaya matahari benderang yang masuk dari sudut. Tudung lensa dapat mengurangi cahaya berbahaya yang tidak diperlukan oleh lensa, sehingga Anda dapat mengambil foto yang memaksimalkan kemampuan lensa sepenuhnya.

EOS 5D Mark III/ EF 24-105mm f/4L/ FL: 24mm/ f/4, 1/5det., ISO 2500

Foto tanpa tudung lensa. Ada ghosting melingkar di kanan atas foto, dengan flaring di sekitarnya.

 

EOS 5D Mark III/ EF 24-105mm f/4L/ FL: 24mm/ f/4, 1/6det., ISO 2500

Foto dengan tudung lensa.

 

Perhatikan bahwa tudung lensa hanya mengurangi cahaya dari samping dan bukan dari depan, sebagaimana terlihat dari desainnya. Oleh karena itu, tergantung kondisinya, Anda mungkin tidak melihat efek apa pun ketika menggunakan tudung lensa. Selain itu, lensa masa kini memiliki lapisan khusus di permukaan, dan struktur lensa meminimalkan pantulan cahaya sejak awal, sehingga mungkin tidak banyak pemotretan yang kualitas gambarnya secara dramatis meningkat dengan penggunaan tudung lensa.

Namun demikian, pemasangan tudung lensa masih merupakan gagasan yang baik. Saya sering menjumpai pemandangan yang disinari cahaya benderang dari matahari terbenam saat menjelang malam, jadi saya sangat senang karena memiliki tudung lensa. Cahaya dari lampu jalan bisa sangat terang, dan juga dalam pemandangan nightscape seperti ini—yang kelihatannya tidak memerlukan tudung lensa apa pun—karena tudung lensa membuat efektivitas lensa lebih terasa.

Singkatnya, pemasangan tudung lensa mungkin tidak meningkatkan kualitas gambar dalam semua kasus, tapi pasti tidak akan membuat gambar semakin buruk, jadi saya sarankan gunakan saja.

 

Ada 2 jenis tudung lensa

Tudung lensa kelopak standar

Bentuk yang paling umum digunakan disebut tudung lensa kelopak (juga dikenal sebagai tudung bunga tulip), yang memiliki takik melengkung. Tudung ini sangat efektif karena dipotong dalam ukuran yang besarnya cukup sehingga tudungnya tidak terlihat dalam bingkai.

Contoh tudung lensa kelopak adalah tudung lensa yang digunakan dengan kit lensa EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM (EW-63C, dijual terpisah).

Tudung Lensa EW-63C

 

Tudung lensa silinder, sering digunakan dengan telefoto atau lensa prima

Tudung lensa silinder sering digunakan dengan lensa telefoto. Contoh tudung lensa kelopak adalah tudung lensa yang digunakan dengan kit lensa EF-S55-250mm f/4-5.6 IS II (ET-60, dijual terpisah).

Lens Hood ET-60

 

2. Tudung lensa melindungi lensa dari kotoran dan benturan

Dengan kecanggihan fungsi lensa masa kini, mungkin alasan terbesar untuk menggunakan tudung lensa ini adalah — untuk melindungi lensa. Menggunakan tudung lensa memiliki efek yang sama dengan apa yang Anda harapkan dari filter pelindung untuk lensa Anda, karena menyediakan perlindungan tambahan.

Secara fisik melindungi permukaan lensa

Apakah Anda punya pengalaman menakutkan menabrak seseorang atau sesuatu sambil berjalan dengan kamera tergantung di bahu Anda? Jika Anda menggunakan tudung lensa di saat seperti itu, kecuali pada kasus yang ekstrem, maka permukaan lensa akan terlindungi dari kerusakan.

Ini adalah tudung lensa yang sering saya gunakan, dan seperti yang Anda lihat, ada banyak goresan halus di tudung ini. Kalau bukan karena tudung lensa ini, maka lensa itu sendiri yang akan tergores seperti itu.

 

Jauhkan sidik jari dari lensa Anda!

Saat memotret tanpa tudung lensa, Anda mungkin tidak sengaja menyentuh permukaan lensa, meninggalkan sidik jari. Pernahkah Anda mengalami melihat lensa setelah memotret, dan ternyata bahwa permukaan lensa agak kotor? Selain itu, saat memotret anak-anak atau hewan piaraan, bisa saja anak-anak atau hewan itu menyentuhkan tangan ke lensa atau bahkan menjilatnya. Tudung lensa melindungi lensa Anda dari kotoran semacam itu. Mencegah lensa menjadi kotor berarti kualitas gambar lebih baik!

Tanpa tudung lensa, Anda mungkin tidak sengaja menyentuh permukaan lensa, menjadikannya kotor. Meskipun sidik jari dapat dihapus, Anda akan merasa lebih nyaman saat pemotretan jika lensa lebih sulit kotor saat digunakan. Tudung lensa melindungi lensa dari benturan dan kotoran yang tidak dapat dilakukan oleh filter pelindung.

 

 

3. Tudung lensa membuat kamera Anda terlihat lebih keren

Alasan terakhir lebih menyangkut masalah gaya. Lagi pula, bukankah terkadang manusia mengenakan topi supaya terlihat lebih baik?

Dengan hanya memasang tudung lensa maka kamera terlihat keren, dan ada beberapa orang yang mempersonalisasi tudung lensanya dengan membubuhkan stiker atau hiasan lainnya. Jika Anda melengkapi kamera Anda dengan tali yang modis, sepertinya sia-sia jika tidak memiliki sesuatu yang melekat pada lensa.

Gambar di sebelah kiri menunjukkan bagaimana penampilan lensa dengan tudung lensa terpasang selama pemotretan. Penampilan lensa berubah, jadi terlihat keren. Gambar di sebelah kanan menunjukkan bagaimana saya memasang tudung lensa saat menyimpan lensa. Tudung menonjol keluar sedikit ke samping, tapi jika dipasang terbalik maka tidak akan terlihat besar.

 

Itulah tiga alasan saya tentang penggunaan tudung lensa. Seperti yang Anda lihat, menggunakan tudung lensa memberikan manfaat nyata. Jadi bagi Anda yang belum menggunakan tudung lensa, bagaimana kalau Anda mulai mencobanya?

 

 

studio9

Situs web fotografi yang didirikan di Jepang pada tahun 2011. Dengan slogan "Menghadirkan fotografi lebih dekat ke Anda", situs ini menyediakan konten yang bermanfaat bagi setiap orang yang menyukai fotografi. Di samping konten web, studio9 juga mengadakan berbagai seminar dan lokakarya.

http://photo-studio9.com/

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Dùng loa che nắng là hiệu quả!Nên quay ngược lại khi đổi lens cho EOS.

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.