Tips & Tutorials

3 Langkah untuk Menciptakan Foto Khusus Dengan Picture Style

Ada kalanya saat Anda ingin mengambil foto yang terlihat lebih menarik atau dramatis, tapi tidak bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Kalau begitu, maukah Anda mencoba fungsi Picture Style? Artikel ini memperkenalkan dasar-dasar tentang cara menggunakan Picture Style. (Diedit oleh: studio9)

EOS 5D Mark III/ EF 16-35mm f/2.8L USM/ FL: 16mm/ f/8, 1/800det/ ISO 400

 

Gunakan Picture Style untuk mengubah penampilan bidikan Anda!

Setelah Anda menjadi lebih terbiasa mengambil foto, Anda mungkin akan dapat menangkap subjek, menyusun komposisi dan kecerahan dengan cukup baik. Namun demikian, Anda juga mungkin akan menghadapi rintangan yang lain, di mana suasana pada foto tidak seperti yang Anda harapkan.
Pada saat-saat semacam itu, Anda dapat menggunakan Picture Style untuk mengubah suasana yang sesuai dengan preferensi Anda. Hanya dengan menyesuaikan pengaturan ini, Anda bisa mendapatkan hasil akhir yang sama sekali berbeda untuk foto Anda!

Picture Style sarat dengan berbagai macam fitur, tetapi dalam artikel ini, saya hanya akan fokus pada dua mode dan tentang parameter Contrast (Kontras), untuk menunjukkan bagaimana kedua fitur ini dapat digunakan untuk mengedit foto.

 

Apakah Anda lebih menyukai polesan akhir yang lebih lembut? Atau, lebih menyukai polesan akhir yang lebih sendu?

Dengan mengubah parameter Contrast dalam Picture Style, Anda dapat menciptakan suasana yang lembut dan ceria, atau suasana sendu dan dramatis.
Marilah kita melihat beberapa contoh spesifik.

 

Penampilan "lembut"

Saya ingin mengekspresikan kelambatan waktu dalam foto pemandangan di sepanjang tepi sungai, jadi saya menetapkan Picture Style ke "Standard", yang menghasilkan foto seperti ini apabila menggunakan pengaturan default. (Contoh ini disimulasi dalam Digital Photo Professional, menggunakan file RAW.)

Picture Style: Standard/ WB: Daylight

Hanya dengan menyesuaikan pengaturan kamera secara minimal, saya menciptakan foto di bawah ini dengan suasana yang lembut.

EOS 5D Mark II/ EF 24-105mm f/4L IS USM/ FL: 24mm/ f/4/ 1/4000det/ ISO 250
Picture Style: Standard (Contrast -4), WB: Daylight, Exposure Compensation: EV+1
Menetapkan kontras ke nilai paling rendah dan menggunakan positive exposure compensation (kompensasi pencahayaan positif) akan memberi foto penampilan yang sama sekali berbeda. Warna hijau lebih pucat dan awan tampak memiliki suasana yang agak lembut, sehingga menampilkan kesan seakan waktu berlalu dengan lambat.

 

Suasana sendu

Untuk foto di bawah, saya ingin mengekspresikan sinar cahaya matahari yang benderang, jadi, saya memilih "Landscape" dalam Picture Style yang menorehkan warna biru dan hijau yang jelas. Foto akan terlihat seperti ini apabila diambil dengan menggunakan pengaturan default.

Picture Style: Landscape/ WB: Daylight

Kemudian, saya mengubah pengaturan untuk memberikan tampilan yang lebih sendu pada foto.

EOS 5D Mark II/ FL: 33mm/ f/16/ 1/25det/ ISO 800
Picture Style: Landscape (Contrast +4), WB: Auto, Exposure Compensation: EV -0,33 (-1/3)
Saya mengubah kontras dan menggunakan negative exposure compensation (kompensasi pencahayaan negatif) untuk menciptakan kontras yang jelas dalam suasana sendu. Dengan menjadikan dinding bangunan dan tanah yang basah lebih gelap, kontras terhadap matahari terekspresikan secara efektif.

 

Mengonfigurasi pengaturan

Dalam bagian ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk menentukan cara mengonfigurasi pengaturan. Meskipun terdapat banyak sekali rincian parameter yang dapat digunakan, saya akan memberikan 3 langkah yang dapat dengan mudah digunakan siapa pun.

 

LANGKAH 1: Menentukan mode Picture Style

Pertama, tentukan mode Picture Style mana yang akan digunakan. Sebaiknya baca Panduan Pengguna kamera Anda untuk mengetahui jenis mode Picture Style apa yang ada di kamera Anda. Pada sebagian besar model kamera, Anda juga dapat memeriksa ini dari menu shooting (pemotretan).

Meskipun mode dapat berbeda menurut model kamera, seyogianya ada 7 mode berikut ini yang tersedia dalam menu: Auto, Standard, Portrait, Landscape, Neutral, Faithful, dan Monochrome. Tidaklah mungkin untuk bisa menguasai semua mode sekaligus, jadi saya hanya akan fokus pada dua mode untuk saat ini.

Saya merekomendasikan mode "Standard" dan "Landscape" untuk memulai. Pilih “Standard” jika Anda menginginkan suasana yang tenang, atau “Landscape” jika menginginkan suasana yang energik dan hidup. Masing-masing mode memiliki fitur khususnya sendiri, jadi Anda seharusnya dapat memilih mode preferensi tanpa kesulitan!

 

LANGKAH 2: Menyesuaikan kontras

Ini adalah poin yang paling penting! Walaupun kesan foto dapat berubah cukup banyak, bahkan dengan hanya mengubah Picture Style, namun menyesuaikan kontras adalah cara paling efektif untuk menciptakan penampilan lembut atau sendu.

Pilih Picture Style dan tekan "INFO" untuk melanjutkan ke layar Detail Setting (Pengaturan Detail).

Empat parameter: Sharpness, Contrast, Colour Saturation, dan Colour Tone, ditampilkan pada layar, namun dengan menyesuaikan kontras akan memberikan efek paling dahsyat. Cobalah menyesuaikan kontras untuk mengawalinya.

 

Parameter kontras menyesuaikan dinamisme antara gelap dan terang. Menggunakannya untuk memperoleh salah satu dari 2 efek seperti ditunjukkan di atas, sungguh mudah. Anda dapat menetapkannya ke nilai terkecil (-4) untuk penampilan "lembut", atau nilai terbesar (+4) untuk penampilan "sendu".

Setelah Anda terbiasa menetapkan kontras, menyesuaikan saturasi warna, atau kekuatan warna dalam foto, Anda akan bisa menciptakan gambar yang bahkan jauh lebih mengesankan.

Itu saja! Mudah, bukan? Tentu saja, Anda boleh mencoba nilai Contrast lainnya untuk menala efek yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

LANGKAH 3: Menerapkan exposure compensation

Exposure compensation (Kompensasi pencahayaan) adalah parameter untuk kecerahan foto, apa pun Picture Style yang dipilih. Pengaturan ini saja bisa menciptakan penampilan yang sama sekali berbeda untuk foto Anda. Jadi, silakan, bebas saja untuk mencobanya.

Pada sebagian besar model kamera, Anda hanya perlu memutar dial untuk menyesuaikan exposure compensation.

Hal penting untuk diingat adalah, jika Anda ingin suasana sendu, terapkan positive compensation (kompensasi positif), dan terapkan negative compensation (kompensasi negatif) untuk suasana yang lebih sendu.

Untuk penampilan “lembut” tertentu, menetapkan kompensasi positif yang besar, EV+1 hingga 2 akan lebih efektif dalam menonjolkan suasananya. Cobalah menerapkan kompensasi positif secara berani tanpa mencemaskan tentang blowout.

Untuk suasana yang lebih sendu, mempergelap sedikit pencahayaan akan lebih efektif untuk menonjolkan suasananya, jadi saya akan merekomendasikan EV0 hingga -1 sebagai panduan. Karena kecerahan akan berbeda-beda, tergantung pada subjek Anda, cobalah mengambil beberapa bidikan untuk menemukan kecerahan yang sesuai dengan preferensi Anda.

Kiatnya adalah, mulailah dengan menerapkan kompensasi secara berani sampai Anda mulai berpendapat bahwa Anda telah menerapkan kompensasi secara berlebihan, lalu mundur lagi sedikit demi sedikit. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang bagus, lebih cepat daripada jika Anda memulainya perlahan-lahan.

■Jika Anda ingin mengetahui cara menggunakan fitur exposure compensation feature, klik tautan ke artikel di bawah ini
[Pelajaran 9] Memanfaatkan Exposure Compensation

 

Rangkuman

Poin utama dalam artikel ini adalah menciptakan foto dengan suasana yang Anda inginkan dalam 3 langkah mudah, bilamana memungkinkan.

1. Menentukan mode Picture Style
2. Menyesuaikan kontras
3. Menerapkan exposure compensation

Setelah menguasai 3 langkah ini, Anda bisa mengharap bahwa suasana foto Anda akan berubah secara dramatis, jadi, coba saja.


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

 

 

studio9

 

Situs web fotografi yang didirikan di Jepang pada tahun 2011. Dengan slogan "Menghadirkan fotografi lebih dekat ke Anda", situs ini menyediakan konten yang bermanfaat bagi setiap orang yang menyukai fotografi. Di samping konten web, studio9 juga mengadakan berbagai seminar dan lokakarya.

http://photo-studio9.com/

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.