Tips & Tutorials

4 Kunci untuk Menangkap Foto Bawah Air yang Indah dalam Rona Biru Laut

Dalam fotografi bawah air, Anda dapat menangkap berbagai pemandangan yang bermandikan warna biru, hanya dengan mengubah cara Anda menerangi foto. Dalam artikel ini, mari kita lihat cara mendapatkan bidikan bawah air yang indah, seperti yang diperlihatkan di bawah ini, di mana segalanya, termasuk ikan diwarnai rona biru laut yang cantik, dengan memperhatikan proses uji-coba. (Dilaporkan oleh: Yasuaki Kagii)

EOS 5D Mark III/ EF35mm f/1.4L USM/ FL: 35mm/ Manual exposure (f/2,5, 1/200 det)/ ISO 100/ WB: Auto/ Picture Style (Otomatis/ Gaya Gambar): Landscape (Lanskap)

[Contoh bagus] Pada lokasi pemotretan, saya memilih area berpasir yang dangkal, dan airnya tampak biru pucat akibat terpaan sinar matahari, Saya menggunakan lampu kilat pada intensitas rendah.

 

Kunci 1: Penerangan – Tangkap ikan dengan cahaya langsung

Jika Anda mencoba menciptakan kembali warna yang dilihat secara kasat mata di bawah air yang sangat luas, saya anjurkan untuk memanfaatkan cahaya langsung dari matahari dengan sebaik-baiknya. Hal ini karena, cahaya dari lampu kilat hanya menciptakan ulang sebagian warna yang Anda amati.

Anda juga sebaiknya mencari air yang dangkal, karena sinar matahari tembus ke dalam air.

EOS 5D Mark III/ EF17-40mm f/4L USM/ FL: 17mm/ Manual exposure (f/8.0, 1/40 det.)/ ISO 400/ WB: Auto/ Picture Style (Otomatis/ Gaya Gambar): Landscape
[Contoh negatif] Area di bawah air yang tidak terjangkau sinar matahari, tidak terlihat biru.

 

Kunci 2: Lokasi pemotretan – Area berpasir memantulkan cahaya. Manfaatkan ini.

Di laut, di lepas pantai selatan Jepang, terdapat area bawah air yang lebih cerah daripada daratan, akibat cahaya matahari yang dipantulkan dari hamparan laut berpasir, jadi Anda bisa memanfaatkan keadaan ini. Hamparan laut berpasir memantulkan cahaya matahari, sehingga Anda dapat mereproduksi bayangan biru yang indah dalam gambar Anda. Cobalah membidik di area tersebut bilamana memungkinkan.

EOS 5D/ EF100mm f/2.8 Macro USM/ FL: 100mm/ Manual exposure (f/7,1, 1/13 det)/ ISO 100/ WB: Daylight/ Picture Style: Landscape
[Contoh negatif] Di area berbatu, air tampak berwarna biru pekat.

 

Kunci 3: Fungsi pemotretan – Gunakan Picture Style untuk penggambaran area yang jelas

Tetapkan Picture Style ke “Landscape” apabila Anda ingin secara jelas mengekspresikan birunya laut. Meskipun warna laut yang dihasilkan dalam foto Anda mungkin tampak agak lebih biru daripada yang Anda amati, namun ini memberikan kontras yang lebih besar, dan efek tiga dimensi, yang membuat ikan menonjol dalam air.

EOS 5D Mark III/ FL: 35mm/ Manual exposure (f/2.5, 1/200 det)/ ISO 100/ WB: Auto/ Picture Style (Otomatis/ Gaya Gambar): Landscape
[Contoh negatif] Warna biru tampak pucat apabila Picture Style ditetapkan ke “Standard”.

 

Kunci 4: Perlengkapan - Gunakan lampu kilat untuk membuat subjek Anda tampak lebih tiga dimensi

Makhluk besar seperti hiu paus dan lumba-lumba biasanya difoto dengan menggunakan cahaya matahari saja. Namun demikian, di air yang lebih dalam, hal ini akan membuat foto Anda tampak datar. Untuk membuat subjek, seperti ikan dan karang terlihat lebih tiga dimensi, gunakan lampu kilat.

Untuk foto pada awal artikel ini, saya menggunakan lampu kilat yang intensitasnya lebih rendah, supaya warnanya tidak hilang.

EOS 5D Mark III/ FL: 35mm/ Manual exposure (f/2.5, 1/160 det)/ ISO 100/ WB: Auto/ Picture Style (Otomatis/ Gaya Gambar): Landscape
[Contoh negatif] Foto tampak datar tanpa ikan.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

 

EF100mm f/2.8L Macro IS USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Yasuaki Kagii

 

Lahir pada tahun 1971 di Hyogo Prefecture, Kagii adalah seorang fotografer bawah air, dan ia magang di bawah asuhan fotografer bawah air, Katsutoshi Ito, selama ia belajar di universitas. Ia menjadi fotografer freelance pada tahun 1988, dan mengkhususkan diri dalam gaya fotografi yang memungkinkannya dekat dengan irama alam makhluk hidup, sehingga tidak membuat mereka stres bilamana memungkinkan.
Kagii telah menjadi wakil Clé et Photos sejak tahun 2013.

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.