Tips & Tutorials

Panduan Fotografi Minimalis dalam Arsitektur

Fotografi minimalis merupakan sesuatu yang sering diabaikan pada dunia yang sibuk ini, pandangan kita telah dipenuhi dengan objek, warna dan jutaan hal lainnya. Pemotretan melalui gaya minimalis mengajarkan Anda cara berpikir kreatif, melihat hal-hal di luar kekacauan, dan menemukan ruang yang sempurna tanpa kebisingan.

EOS 5D Mark II, EF24-105mm f/4L IS USM, f/8.0, 35mm, 1/320secs, ISO500 oleh Sergey Norin

Menarik inspirasi dari konsep minimalis dalam bidang seni yang muncul di New York pada awal tahun 1960-an sebagai bentuk dari seni abstrak, fotografi minimalis melibatkan tingkat kesederhanaan yang tinggi dan sejumlah komponen komposisi seperti bentuk, warna, dan garis. Hal ini menciptakan kesempatan bagi pemirsa untuk melihat dunia dengan cara yang berbeda, dan mencakup kebebasan penafsiran dan keterbukaan. Berikut ini adalah beberapa kiat sederhana yang akan membantu Anda untuk memulai perjalanan fotografi minimalis Anda.

Kesederhanaan adalah Kunci Utama

Hilangkan informasi lebih dan pertahankan pengaruhnya. Atur komposisi Anda dengan cara yang sederhana namun kuat. Ketika Anda mencoba untuk menghapus rincian yang tidak diperlukan dari sebuah gambar, pastikan untuk sampaikan pesan Anda dengan menarik kembali perhatian pada konsep/subjek. Pasca pengolahan adalah salah satu cara untuk menghapus rincian yang tidak diperlukan, namun jika Anda dapat memotret subjek tanpa harus memotong terlalu banyak, Anda akan menghemat banyak waktu pada pengolahan gambar Anda.

Temukan lebih banyak tentang komposisi: [Bagian 4] Dasar-dasar Komposisi! “Komposisi Diagonal” dan “Aturan Komposisi Ketiga”

EOS 7D, EF50mm f/1.8 II, f/8.0, 50mm, 1/1000secs, ISO200 oleh Adam Wyles

Perhatikan Tekstur dan Warna

Fotografi minimalis tidak berarti warna monokrom. Gunakan warna yang menarik – warna komplementer seperti jingga dan biru atau merah dan kuning – untuk efek dramatis dan agar gambar Anda menarik. Tekstur juga merupakan bagian penting dari fotografi minimalis. Gunakan pencahayaan (alami atau buatan) untuk meningkatkan tekstur dan kontras pada visual Anda.

Lebih lanjut tentang cara bereksperimen dengan pencahayaan dalam artikel ini: Cara bermain dengan pencahayaan

EOS 7D, EF135mm f/2L USM, f/8.0, 135mm, 1/200secs, ISO1250 oleh VirtualWolf

Temukan Garis Indah dan Pola Geometris

Jangan berpikir “polos” ketika melakukan fotografi minimalis. Pola geometris dalam arsitektur adalah subjek yang penting untuk fotografi karena akan menyenangkan mata. Caranya adalah dengan menekankan rincian di sekitar Anda – dinding, jendela dan atap merupakan beberapa elemen penting saat bermain dengan foto minimalis.

Cara memotret keindahan bangunan: 4 Kiat Memotret Keindahan Bangunan

EOS 5D Mark II, EF24-105mm f/4L IS USM, f/6.3, 24mm, 1/60secs, ISO1600 oleh Sergey Norin

Bermain dengan Ruang Negatif

Bermain dengan ruang negatif adalah suatu pekerjaan yang rumit, namun jika dilakukan dengan benar, hal ini akan membuat gambar Anda luar biasa indah. Ruang negatif di sekitar atau di antara subjek memberikan ruang bagi mata, membantu menyusun gambar, dan juga memberikan penekanan pada subjek, hal ini sangat efektif untuk menarik mata penonton kembali ke tempat yang harus diperhatikan.

EOS 5D Mark II, EF50mm f/1.4 USM, f/2.8, 50mm, 1/640secs, ISO100 oleh Tobias Abel

Kiat Singkat:

  • Hilangkan detail yang tidak diperlukan pada gambar Anda
  • Gunakan warna komplementer yang menarik atau tekstur yang konsisten
  • Gunakan garis dan pola geometris untuk menciptakan gambar minimalis yang hebat
  • Tekankan subjek Anda dengan menggunakan ruang negatif

 

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.