Tips & Tutorials

Fotografi Abstrak: Beralih ke Alam sebagai Alat Bantu

EOS 5DS, EF100mm F/2.8L IS USM lens, f/4, 1/20sec

Fotografi memiliki banyak jenis namun semua itu tergolong ke dalam dua kategori, dokumenter dan seni rupa. Fotografi abstrak adalah yang terakhir. Fototografi ini merupakan penggabungan tekstur, bentuk, dan pola. Hal ini juga bervariasi dari antar fotografer dan tidak terdapat aturan nyata ketika membicarakan fotografi abstrak. Semua ini adalah tentang bagaimana fotografer menggunakan kreativitasnya untuk melibatkan dan membangkitkan semangat penonton.

Satu-satunya peralatan yang benar-benar Anda butuhkan untuk fotografi abstrak adalah sebuah kamera dan imajinasi Anda. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa tidak ada aturan untuk diikuti ketika membicarakan fotografi abstrak. Hal ini bisa menjadi apapun, seperti potretan makro dari sebuah daun, gelombang kecil pada air bahkan gerakan blur lainnya.

Cari bentuk dan pola.

Terdapat banyak pola, bentuk dan warna di alam ini yang dapat digunakan untuk keuntungan Anda dalam fotografi abstrak. Daun adalah salah satu subjek favorit saya untuk fotografi, karena tidak terdapat dua daun yang sama pada dunia ini, sama seperti sidik jari. Mereka memiliki pembuluh darah yang berjalan melaluinya dan hal itu menciptakan pola yang menarik. Saya suka memberikan pengolahan hitam dan putih pada pasca produksi untuk menghilangkan gangguan warna hijau dan fokus pada pembuluh.

EOS 5D Mark II, EF 180mm f/3.5L Macro USM lens, f/9.0, 180mm, 1/200 by Francesca Cappa

Mendekatlah

Mendekatlah pada sebuah potongan buah yang segar atau bunga dan Anda akan menemukan pola yang menarik yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda. Jika lensa Anda tidak memungkinkan untuk mendekat karena jarak fokus minimum, maka Anda hanya perlu perbesar dan potong pada saat pasca produksi. Teknik ini bekerja dengan baik pada bunga yang memiliki banyak kelopak, saat cahaya menerangi kelopak akan membuat bayangan yang dapat menciptakan kedalaman dalam gambar.

EOS 7D Mark II, EF100mm f/2.8L Macro IS USM lens, f/16, 100mm, 1/250 by Joe Dyer

Refleksi dan gelombang kecil

Air sangat bagus dalam fotografi abstrak. Cahaya lampu kota akan terpantul pada sungai, atau bahkan genangan air setelah hujan juga dapat menciptakan gambar abstrak yang bagus. Contoh lainnya yaitu daun yang jatuh ke dalam kolam. Refleksi dan gelombang kecil yang terjadi saat daun jatuh dapat menciptakan sebuah gambar dengan suasa yang baik.

 

Vanan M
Profil Fotografer

Vanan M adalah seorang fotografer makanan dan gaya hidup serta pencinta kehidupan malam yang tinggal di Singapura. Dia selalu berada di balik kamera atau di balik bilik DJ di klub malam.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.