Tips & Tutorials

Menyesuaikan Durasi Flash untuk Menangkap Subjek

Intensitas cahaya flash Speedlite Canon dikendalikan oleh durasi flash, sehingga kita dapat juga merujuk ke strong flash (flash kuat) sebagai long flash (flash panjang), dan weak flash (flash lemah) untuk flash yang singkat. Apabila unit Speedlite ditetapkan ke small flash output (keluaran flash kecil), durasi flash bisa sesingkat-singkatnya, yaitu beberapa ratus mikrodetik. Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan teknik fotografi dengan memanfaatkan sejumlah properti flash Speedlite. (Dilaporkan oleh: Koji Ueda)

Halaman: 1 2

Menangkap Momen Sesaat Gerakan Air, Menggunakan Speed of Light

Dengan menggunakan flash, Anda dapat menangkap momen sesaat yang tidak terlihat secara kasat mata. Flash output dari unit flash dapat diturunkan untuk mengurangi durasi flash hingga sesingkat-singkatnya, yaitu beberapa ratus mikrodetik. Untuk menangkap bentuk subjek secara jelas, yang penting adalah memastikan pemfokusan yang tepat dengan melakukan stop down aperture untuk mencapai depth-of-field yang dalam. Namun demikian, dengan mengurangi flash output untuk mempersingkat durasi flash, kadang dapat menyebabkan cahaya tidak mencukupi. Dalam hal ini, daripada meninggikan flash output, lebih baik meningkatkan ISO speed. Selain itu, dengan menggunakan latar belakang yang gelap, Anda dapat menampilkan subjek dengan menciptakan kontras warna yang tinggi.

EOS 60D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS II/ Manual exposure (200 det., f/14)/ ISO 400/ WB: Auto/ Flash: SPEEDLITE 430EX II (Manual, 1/64)

Saran

  • Gunakan flash output kecil
  • Sesuaikan kecerahan dengan ISO speed

Kondisi Pemotretan

Saya menonaktifkan cahaya dan membuka pintu sedikit untuk menangkap subjek secara sekilas di kamar mandi. Kamera dipasang pada tripod. Saya memanfaatkan off-camera shoe cord, dan memposisikan flash langsung di atas subjek untuk menyediakan pencahayaan langsung.

Posisi subjek, kamera dan Speedlite

A: Off-camera Shoe Cord

B: Kira-kira 0,6m

C: Kira-kira 0,4m

Langkah-langkah untuk Fotografi Flash

1. Bentangkan kain di latar belakang

Bentangkan sehelai kain atau kertas warna polos di latar belakang. Yang ideal adalah menggunakan bahan yang mencegah pantulan cahaya flash.

2. Tetapkan fokus terlebih dahulu

Tetapkan fokus terlebih dahulu dengan menggunakan MF dan menetapkannya pada titik ini.

3. Lepaskan shutter pada saat yang tepat

Lepaskan shutter menurut timing subjeknya.

Saran untuk Fotografi Flash

1. Gunakan flash output kecil

Durasi flash lebih singkat apabila flash output kecil. Untuk menangkap momen sesaat dari gerakan subjek secara jelas, akan lebih baik mengurangi flash output sebanyak mungkin. Dengan melakukan tindakan itu, Anda dapat mempersingkat durasi flash hingga beberapa ratus mikrodetik. Ini bahkan lebih cepat daripada shutter speed maksimum 1/8000 detik pada model kamera profesional.

2. Ubah ISO speed untuk menyesuaikan kecerahan

Anda tidak dapat memperoleh cahaya yang cukup jika level flash output ditetapkan ke minimum untuk mempersingkat durasi flash. Dalam kasus ini, alih-alih meninggikan flash output, Anda dapat meningkatkan ISO speed untuk menghasilkan level kecerahan yang dimaksudkan.

3. Tetapkan shutter speed ke 1/200 det.

Untuk menangkap bidikan dengan memanfaatkan durasi flash secara efektif, Anda harus meniadakan pengaruh cahaya sekitar sebanyak mungkin. Memang akan sulit memotret dalam kondisi gelap gulita, jadi, diperlukan kecerahan yang memadai untuk mengenali subjek. Untuk meminimalkan pengaruh cahaya sekitar, tetapkan shutter speed ke kecepatan flash sync tertinggi, sekitar 1/200 hingga 1/300 detik.

Prinsip Fotografi Flash

Tidak seperti sinar matahari atau cahaya stasioner, flash adalah "ledakan seketika" dari cahaya. Di lingkungan, di mana cahaya luar sama sekali padam, sehingga subjek tidak akan disinari cahaya kecuali selama flash dipancarkan, tanpa menghiraukan berapa pun lamanya shutter tetap terbuka. Contohnya, jika shutter dibiarkan terbuka selama satu jam di lingkungan yang gelap gulita, pemaparan hanya terjadi saat flash ditembakkan. Dengan kata lain, momen sesaat dari gerakan subjek dapat ditangkap dengan hanya menyesuaikan durasi flash tanpa menghiraukan pengaturan shutter speed. Untuk unit flash Speedlite Canon, flash output yang lebih besar akan meningkatkan durasi flash (maksimum sekitar 1/500 detik), yang pada gilirannya akan menyebabkan waktu penyinaran lebih lama dan keburaman lebih terlihat. Sebaliknya, flash output yang kecil akan memberikan durasi flash yang singkat (minimum sekitar beberapa ratus mikrodetik), dan menyebabkan keburaman berkurang.

Durasi flash dari flash output kecil

A: Durasi Flash (Waktu Penyinaran)

Durasi flash dari flash output besar

B: Durasi Flash (Waktu Penyinaran)

Apabila menggunakan unit flash yang sama, maka durasi flash dipersingkat ketika flash output berkurang, dan menjadi lebih lama ketika flash output meningkat. Untuk mempersingkat waktu penyinaran, Anda dapat mengurangi flash output untuk mempersingkat durasi flash. Dengan melakukan hal itu, Anda dapat menangkap momen sesaat dari gerakan subjek dengan lebih jelas.

Koji Ueda

Lahir di Hiroshima tahun 1982, Ueda mengawali kariernya sebagai asisten fotografer Shinichi Hanawa. Kemudian, ia menjadi fotografer freelance dan sekarang aktif dalam beragam luas pekerjaan, dari majalah hingga iklan seraya memotret berbagai kota dan lanskap di seluruh dunia. Ia juga seorang penulis dan penceramah pada berbagai ceramah dan lokakarya fotografi.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.