Tips & Tutorials

Teknik Aperture-Priority AE #1: Hubungan Antara Aperture Lensa dan Bokeh

Foto dengan efek bokeh adalah ciri khas kamera DSLR dengan sensor besar. Besarnya efek bokeh dapat dikontrol dengan cara membuka dan menutup aperture lensa. Satu karakteristik khusus bokeh terletak pada cara subjek utama tampak muncul ke depan apabila efek bokeh diperbesar, memberikan kesan lembut pada gambar. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

 

Gunakan aperture untuk mengontrol efek bokeh

Untuk mengambil gambar dengan efek bokeh latarbelakang yang lembut, maka penting untuk mengontrol aperture. Aperture mengacu ke bukaan yang memungkinkan cahaya masuk ke kamera. Semakin besar bukaan ini terbuka, semakin sempit kisaran fokus (depth of field) yang didapatkan, menyebabkan efek bokeh yang lebih besar. Aperture dinyatakan oleh angka yang dikenal sebagai f-number—semakin kecil angkanya, semakin besar bukaan (aperture), dan semakin besar efek bokehnya.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai hubungan antara nilai aperture dan bukaan aperture, klik di sini.

Biasanya, f-number tidak dapat ditetapkan sesukanya dalam [P]mode. Apabila memotret bunga, misalnya, meskipun gambar yang indah dapat diambil dalam mode ini, tapi akan sulit untuk defokus latar belakang agar subjek utamanya menonjol. Di sinilah mode Aperture-priority dapat digunakan, karena f-number dapat disesuaikan dan ditetapkan ke nilai yang dikehendaki dalam mode ini. Karenanya, inilah mode yang memungkinkan Anda mengontrol batas efek bokeh agar sesuai dengan tujuan fotografis Anda.

OK f/2.8

Subjek utama menonjol dengan efek bokeh cantik di latar belakang.

 

NG f/8

Jika memfokus pada seluruh pemandangan, gambar akan menjadi selembar foto deskriptif.

 

Mengecek nilai aperture yang tersedia pada lensa

Aperture maksimum, yang mengindikasikan kecerahan lensa, bervariasi menurut lensa yang digunakan. Aperture maksimum, juga dinyatakan dalam nama lensa. Pada lensa zoom, aperture maksimum dapat bervariasi pada ujung sudut lebar dan ujung telefoto. Dalam kasus ini, tertera 2 f-number. Yang pertama adalah aperture maksimum pada ujung sudut lebar, dan yang kedua, aperture maksimum pada ujung telefoto.



Nama lensa EF selalu memuat bagian numerik yang diawali dengan “f”. Bagian ini menunjukkan aperture maksimum lensa.

Untuk EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM yang sering digunakan dalam lensa kit, nama lensa tertera pada lingkaran permukaan lensa. Ini artinya bahwa lensa memiliki aperture f/3.5 pada ujung sudut lebar, dan f/5.6 pada ujung telefoto.

 

Saran

Gunakan Picture Style “Portrait” untuk memotret bunga

Cobalah mengubah Picture Style untuk membuat warna bunga tampak lebih indah. Dengan menetapkan Picture Style ke mode "Portrait" akan lebih memperjelas warna merah muda dan kuning pada bunga.

Foto diambil dengan Picture Style "Standard". Gambar terlihat cukup jelas dan hidup, tetapi masih ada sesuatu yang kurang.

 

Foto diambil dengan Picture Style “Portrait”.
Warna dan kejelasannya dipertegas lebih kuat dalam penggambaran ini.

 

Bagaimana menggunakan mode Aperture-priority untuk EOS 700D

1. Tetapkan kamera ke mode [Av].

Hidupkan [ON] power supply (catu daya) dan sesuaikan Mode Dial ke mode [Av].

 

2. Putar Main Dial.

Putar Main Dial dengan jari telunjuk Anda untuk mengubah f-number. Putar dial ke kiri untuk mengurangi f-number dan mendekati aperture maksimum. Putar dial ke kanan untuk menambah f-number.

 

3. Periksa, apakah f-number sudah diubah.

f-number saat ini akan muncul pada layar LCD belakang di area yang dilingkari di atas gambar. Putar Main Dial dan periksa apakah f-number sudah diubah sebelum mengambil gambar.

 

 

Teppei Kohno

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2003. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Comments (1)

Bài viết hay, dễ hiểu. Cấm ơn tác giả.

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.