Tips & Tutorials

Teknik Aperture-Priority AE #2: Menciptakan Bokeh Latar Belakang Foto Keluarga yang Hangat dan Akrab

Menciptakan efek bokeh di latar belakang apabila Anda ingin menangkap suasana hati keluarga yang hangat dan akrab. Hal ini membuat ekspresi wajah yang menawan. Jika menetapkan aperture lensa ke maksimum, Anda akan mendapatkan efek bokeh yang cantik di latar belakang serta gambar yang terlihat lebih lembut. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

 

Aperture maksimum lensa zoom standar, sempurna untuk foto keluarga

Apabila fokus ditujukan pada latar belakang serta orang yang difoto, ekspresi wajah yang menawan dari subjek mungkin gagal untuk ditonjolkan, karena ekspresi cenderung dikuasai oleh latar belakang. Apabila memotret suasana keluarga dan anak-anak, wajah mereka berperan penting. Anda tentunya ingin juga menangkap ekspresi wajah mereka. Untuk pemandangan semacam itu, gunakan mode Aperture-priority AE dan buka aperture hingga maksimum. Secara umum, bidikan yang diambil pada aperture maksimum, memungkinkan penangkapan penggambaran yang lebih lembut dibandingkan bidikan pada aperture yang lebih kecil. Dengan mengingat ini, Anda dapat menangkap gambar ekspresi wajah subjek yang lebih lembut.

Apabila Anda menetapkan aperture ke maksimumnya, f-number menjadi nilai paling kecil yang tersedia pada lensa yang digunakan. Aperture maksimum lensa zoom standar, secara umum adalah f/3.5. Apabila menggunakan lensa zoom standar untuk membidik foto keluarga dengan sekian banyak orang yang hadir, latar belakang bisa diburamkan dengan menyesuaikan fokus pada semua anggota keluarga. Untuk potret keluarga, jika ada perbedaan jarak antara tiap orang dan kamera, sebagian orang akan berada dalam fokus, tetapi sebagian lainnya akan di luar fokus. Oleh karenanya, sebaiknya semua anggota keluarga berdiri pada jarak yang kurang-lebih sama dari kamera.

FL: 28mm/ f/8/ 1/1000det./ ISO 200/ WB: Auto
Bidikan diambil pada aperture maksimum dengan menggunakan lensa zoom standar EOS 700D. Efek bokeh latar belakang yang besar menjadikan ekspresi wajah anak sebagai fokus foto. Wajah anak juga digambarkan dengan cara yang lembut.

 

FL: 28mm/ f/8/ 1/125det./ ISO 200/ WB: Auto
Bidikan diambil dengan aperture yang disempitkan ke f/8. Foto memiliki kisaran fokus lebar dan menjadi foto yang bersifat deskriptif mengenai keadaan di sekelilingnya. Namun demikian, ada sesuatu yang kurang pada wajah anak. Wajahnya pun terlihat lebih tajam dengan tonal yang sangat kontras.

 

Poin Penting

Gunakan lensa yang dapat dipertukarkan, yang memberikan efek bokeh lebih besar

Walaupun lensa zoom standar yang ditetapkan ke aperture maksimum bagus untuk mengambil foto keluarga, namun, lensa dengan aperture maksimum lebih kecil dianjurkan apabila memotret hanya satu atau beberapa orang. Contohnya, EF50mm f/1.8 STM amat sangat cerah pada aperture maksimumnya, f/1.8, dan memungkinkan menangkap efek bokeh lebih besar. Selanjutnya, lensa ini ringkas, ringan dan harganya masuk akal, sehingga sangat direkomendasikan untuk dibeli.



 

FL: 50mm/ f/1.8/ 1/1250det./ ISO 100/ WB: Auto
Bidikan diambil pada aperture maksimum EF50mm f/1.8 STM. Efek bokeh besar di latar belakang.

 

FL: 50mm/ f/5,6/ 1/125det./ ISO 100/ WB: Auto
Bidikan diambil pada aperture maksimum ujung telefoto lensa zoom standar (55mm). Tanpa efek bokeh yang memadai, wajah anak-anak tidak menonjol sebagai fokus utama gambar.

 

Menetapkan aperture maksimum dengan Aperture-priority AE Mode Untuk EOS 700D

1. Tetapkan kamera ke mode [Av]

Hidupkan [ON] power supply (catu daya) dan sesuaikan Mode Dial ke mode [Av].

 

2. Putar Main Dial

Putar Main Dial ke kiri untuk mengubah f-number ke nilai terkecil.

 

3. Periksa, apakah f-number sudah berubah ke aperture maksimum

 

 

Teppei Kohno

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2013. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.