Tips & Tutorials

Teknik Aperture-Priority AE #5: Pengaturan Kamera untuk Potret Wajah Sempurna di Luar Ruangan

Apabila Anda berada di luar bersama teman dekat atau keluarga, Anda mungkin ingin sepenuhnya menangkap pakaian mereka, atau suasana tempat, selain ekspresi wajah mereka. Maukah Anda mencoba nilai aperture f/4 apabila memotret pemandangan semacam itu? Dengan f-number ini, subjek manusia akan menonjol tanpa latar belakang yang menjadi terlalu buram. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

 

f/4 memungkinkan Anda untuk secara mudah mempertahankan keseimbangan antara subjek manusia dan latar belakang

Mungkin Anda sedang berkencan di suatu lokasi yang begitu romantis, dan Anda ingin mengenang selamanya. Atau, Anda benar-benar merasakan bahwa pemandangan yang indah menyanjung senyum mesra kencan Anda. Untuk pemandangan semacam itu, tentunya Anda tidak ingin hanya menangkap subjek manusia dalam bidikan potret Anda, tetapi juga ingin melestarikan suasana lokasi pemotretan dalam gambar yang sama.

Dalam situasi semacam itu, maukah Anda mencoba nilai aperture f/4? Ini menghasilkan depth of field yang tidak terlalu dangkal, sehingga efek bokeh yang dihasilkan cukup untuk menonjolkan subjek terhadap latar belakang yang tidak terlalu buram.

Jika panjang fokus lensa yang setara 35mm berkisar sekitar 80~90mm, Anda dapat membidik subjek secara indah sekaligus mempertahankan perabaan jarak yang tetap. Pada kamera APS-C, panjang fokus sekitar 55mm. Ini dapat dengan mudah dipilih jika Anda menetapkannya ke ujung sudut lebar EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM. Meskipun ujung telefoto lensa kit EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM mungkin memiliki panjang fokus paling ideal, namun aperture maksimumnya satu tahap lebih gelap dibandingkan f/5.6, sehingga menyebabkan latar belakang dapat ditangkap dengan lebih jelas. Oleh karenanya, jika Anda ingin mengambil bidikan potret wajah yang lebih profesional, saya merekomendasikan agar Anda memiliki EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan lensa prima (lensa yang memiliki panjang fokus tetap) dengan aperture maksimum besar.

f/4/ 1/100det/ ISO 800
Dibidik pada f/4: Bidikan diambil dengan nilai aperture f/4. Dengan jumlah efek bokeh yang tepat di latar belakang, suasana sekeliling dapat ditangkap sekaligus menunjukkan ekspresi wajah bahagia subjeknya.

 

f/8/ 1/125det/ ISO 800
Dibidik pada f/8: Bidikan diambil dengan aperture f/8. Latar belakang ditangkap terlalu jelas, sehingga membuat penggambaran keseluruhan terlihat datar. Subjek manusia tidak benar-benar menonjol.

 

Poin Penting

Dengan lensa zoom telefoto, f/4 dapat digunakan pada ujung sudut lebar

Aperture maksimum yang dapat digunakan berbeda antara lensa zoom standar EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM, dan lensa zoom telefoto, EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM. Apabila menggunakan f/4 pada panjang fokus 55 mm yang memiliki nilai setara 35mm, sekitar 82,5mm, gunakan ujung sudut lebar dari lensa zoom telefoto.

FL: 55mm/ Aperture Priority AE (f/4, 1/60det)/ ISO 400/ WB: Auto
55mm f/5.6: Bidikan diambil pada ujung telefoto EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM. Efek bokeh agak lemah. Perbedaannya tampak jelas, meskipun aperture hanya berbeda satu tahap.

 

FL: 55mm/ Aperture Priority AE (f/4, 1/125det)/ ISO 400/ WB: Auto
55mm f/4: Bidikan diambil pada ujung sudut lebar EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM. Efek bokeh meningkat apabila menggunakan nilai f/4, bahkan pada panjang fokus yang sama.

 

Menetapkan aperture ke "F4" pada Aperture-priority AE Mode Untuk EOS 700D

1. Tetapkan kamera ke mode Av

Hidupkan [ON] power supply (catu daya) dan sesuaikan Mode Dial ke mode [Av].

 

2. Putar Main Dial

Putar Main Dial untuk mengubah nilai aperture.

 

3. Periksa, apakah nilai aperture sudah diubah ke "F4"

Periksa, apakah "F4" muncul di area yang dilingkari seperti ditunjukkan pada layar LCD belakang. Ambil gambar setelah konfirmasi.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Lensa yang diperlengkapi dengan STM mampu melakukan AF senyap. Sebaiknya membeli dengan performa penggambaran yang bahkan pengguna profesional pun menganggapnya mencengangkan. Ini dapat digunakan pada nilai aperture f/4 apabila nilai setara 35mm sekitar 82,5mm pada ujung sudut lebar, sehingga memungkinkan fotografi potret wajah pun dapat diambil dengan mudah.

 

EF50mm f/1.8 STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

Lensa ini diperlengkapi dengan STM yang mampu melakukan AF senyap dan mulus, serta sangat cerah pada aperture maksimum. Jika Anda memasangkannya pada kamera APS-C, panjang fokus setara 35mm sekitar 80mm. Dengan sepenuhnya memahami nilai aperture, ini juga memungkinkan menangkap gambar dengan efek bokeh yang lebih besar.

 

Teppei Kohno

 

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2013. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Cám ơn bài viết bổ ích và bài dịch của tác giả và snapshot Canon.

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.