Tips & Tutorials

Teknik Aperture-Priority AE #6: Pengaturan Aperture yang Berguna untuk Fotografi Jalanan

Ingin mengambil foto jalanan yang jauh lebih baik? Berikut ini, f-number yang memungkinkan Anda sepenuhnya memanfaatkan peluang foto - f/5.6. Dengan depth of field (ketajaman ruang) yang sesuai, ini bisa digunakan pada kisaran pemandangan yang luas, dari bidikan close-up hingga telefoto. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

f/5.6, 1/640det, ISO 200

 

Dapatkan kecepatan rana dan efek bokeh yang sesuai

Sewaktu berjalan atau menelusuri jalan kala melakukan fotografi jalanan, Anda pasti akan mengarahkan kamera ke berbagai objek. Kalau harus mengubah pengaturan kamera setiap kali Anda mengambil bidikan, secara tidak sengaja akan menyebabkan Anda meluputkan banyak peluang foto.

Untuk menangani perubahan yang cepat tersebut, maukah Anda mencoba menetapkan f-number pada f/5.6 dalam mode aperture-priority AE? Anda akan dapat menangkap banyak subjek yang berada tepat di hadapan Anda serta objek pada jarak jauh tertentu dengan efek bokeh yang sesuai. Terlebih lagi, f/5.6 memungkinkan Anda membidik pada kecepatan rana yang lebih pesat. Contohnya, foto di bagian atas halaman, diambil dengan kecepatan rana 1/540 det pada f/5.6.

Jika Anda melakukan bidikan foto dalam situasi serupa di siang hari, Anda dapat berkonsentrasi pada bidikan Anda, bahkan sewaktu ada peluang foto spontan, tanpa mencemaskan tentang goyangan kamera. Kualitas gambar lebih tajam dibandingkan gambar yang diambil pada aperture maksimum. Anda pasti kagum akan ketajaman gambar dalam bidang fokus sewaktu mengecek foto-foto Anda.

OK

f/5.6/ 1/1600det/ ISO 200
Dibidik pada f/5.6. Bidikan jalan yang terlihat wajar, karena hanya ada efek bokeh yang sangat ringan di sana.

 

NG

f/2.2/ 1/1800det/ ISO 200
Dibidik pada f/2.2. Gambar yang agak tidak wajar, akibat area yang sangat sempit dalam fokus.

 

Poin Penting

Kemukakan gagasan dari pergerakan dalam fotografi jalanan dengan komposisi diagonal

Foto di atas, diambil dengan garis vertikal yang terciptakan oleh bangunan dengan mempertimbangkan level bumi. Menunjukkan poros vertikal dan horizontal dalam gambar merupakan salah satu dasar fotografi jalanan. 

Setelah Anda menguasai ini, cobalah menciptakan komposisi diagonal. Anda dapat membuat bidikan Anda terlihat lebih dinamis, hanya dengan memiringkan kamera. Tekniknya adalah, memiringkan garis horizontal dan vertikal di layar.

Untuk informasi selengkapnya mengenai komposisi diagonal, bacalah artikel berikut ini:
Komposisi Sederhana Tapi Penting (Bagian 2):Komposisi Tengah & Komposisi Diagonal

f/2.2, 1/1600sec, ISO 100
Bidikan diambil dengan menempatkan secara horizontal, pejalan kaki yang sedang menyeberang. Keseimbangannya bagus, tetapi tidak ada kesan gerakan.

 

f/2.2, 1/1000sec, ISO 100
Bidikan diambil dengan memiringkan pejalan kaki yang sedang menyeberang. Garis-garis putih penyeberangan pejalan kaki ditegaskan, sehingga menyampaikan kesan irama pada foto.

 

Menetapkan ke f/5.6 pada Aperture-priority AE Mode Untuk EOS 700D

1. Tetapkan kamera ke mode [Av]

Hidupkan [ON] power supply (catu daya) dan sesuaikan Mode Dial ke mode [Av].

 

2. Putar Main Dial

Putar Main Dial untuk mengubah f-number.

 

3. Periksa, apakah f-number sudah ditetapkan ke “F5.6”

Periksa, apakah “F5.6” muncul di area yang dilingkari seperti ditunjukkan pada layar LCD belakang. Ambil gambar setelah konfirmasi.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Teppei Kohno

 

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2013. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.