Tips & Tutorials

Teknik Aperture-Priority #7: Pengaturan Aperture untuk Penggambaran Bentangan Malam yang Tajam

Jika ingin mengambil gambar subjek yang besar, seperti pabrik di malam hari yang agak jauh, kami anjurkan menggunakan f/8. Gambar yang Anda dapatkan akan memiliki segelintir area yang buram, dengan tekstur yang tajam, terperinci secara halus di seluruh bingkai. Juga patut diperhatikan bahwa f/8 adalah pengaturan aperture yang ideal, bukan hanya untuk memotret lanskap alam, tetapi juga untuk fotografi jalanan. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

f/8, 13det, ISO 400

 

Dengan f/8, Anda bisa berharap menghasilkan kualitas gambar yang seluruhnya tajam

Apabila memotret jalanan, bangunan dan pabrik, yang Anda inginkan adalah menggambarkan tekstur beton dan logam secara jernih dan tajam. Di sinilah pengaturan f/8 berperan. Dengan pengaturan ini, selama subjeknya berada agak jauh, depth of field (ketajaman ruang) yang dalam akan memastikan bahwa seluruhnya tercakup dalam fokus. Bahkan, pengaturan ini akan menangkap tekstur bagian logam secara tepat, sehingga keseluruhan penggambarannya akurat.

Jika subjeknya jauh, dengan menyempitkan aperture lebih dari f/8 tidak akan membuat banyak perbedaan pada depth of field. Pada kenyataannya, terlalu menyempitkan aperture, bahkan dapat menyebabkan gambar kehilangan ketajamannya, dengan sketsa yang tampak samar-samar. Ini disebut fenomena difraksi. Dengan menggunakan f/8 akan mencegah fenomena ini terjadi, dan itulah sebabnya, mengapa ini dianggap sebagai pengaturan aperture ideal untuk memotret subjek yang jauh.

 

f/2, 1/4det, ISO 800
Dibidik pada f/2. Depth of field-nya dangkal, dan gambar tidak terlihat sangat tajam.

 

f/8/ 4det/ ISO 800
Dibidik pada f/8. Tekstur logam terlihat secara jelas.

 

f/22, 30det, ISO 800
Dibidik pada f/22. Walaupun diambil pada aperture sempit, gambar tampak buram.

 

Saran

Dapatkan polesan akhir yang tajam dengan ‘WB – Tungsten Light’

Apabila pencahayaan di sekitar subjek memiliki semburat warna yang unik, seperti pada contoh di atas, ini juga bisa menjadi hal yang asyik untuk mengutak-atik pengaturan WB. Anda bahkan bisa menghasilkan foto yang memiliki efek visual berbeda dari pemandangan aslinya. Untuk foto bentangan malam seperti ini, kami merekomendasikan pengaturan ‘Tungsten Light’. Hal ini memberikan rona kebiruan, mengubah bentangan malam pabrik berpenampilan mekanis menjadi sesuatu dengan kesan surealis dan dingin.

 

f/8, 13det, ISO 250
WB-Auto: Gambar ini memiliki penampilan yang agak surealis, tetapi tidak ada keunikan di sana.

 

f/8, 13det, ISO 250
WB-Tungsten Light: Kesan futuristik Rona warna ikut berkontribusi pada konstruksi atmosfer.

Jika Anda memerlukan warna primer pada dasar white balance, klik di sini:
Dasar-Dasar White Balance untuk Menghasilkan Nada Warna Dambaan!

Untuk mempelajari metode yang lebih terkini tentang penyesuaian khusus lebih lanjut mengenai pemberian warna-warni lebih jauh, klik di sini:
Bagaimana Menorehkan Warna dengan Fungsi White Balance Correction

 

Menetapkan f/8 dalam mode Aperture Priority AE. Untuk EOS 700D

1. Tetapkan kamera ke mode [Av]

 

2. Putar Main Dial

 

3. Periksa, apakah f-number ditetapkan pada f/8

Periksa, apakah “F8.0” ditampilkan di area layar LCD belakang yang diindikasikan. Setelah Anda mengonfirmasi ini, lanjutkan untuk mengambil gambarnya.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Teppei Kohno

 

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2013. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.