Tips & Tutorials

Fotografi Arsitektur dari Sudut Pandang yang Berbeda

Apakah Anda sedang menuju ke suatu tempat untuk liburan awal tahun? Jauhkan diri Anda dari pemotretan wisata yang biasa dan buat teman Anda kagum hanya dengan memotret melalui perspektif yang berbeda. Lihatlah 10 gambar bangunan terkenal di dunia yang inspiratif ini melalui sudut pandang yang berbeda.

Menara Eiffel, Paris

Terletak di Paris, Menara Eiffel adalah salah satu bangunan yang paling banyak dipotret di dunia - namun selalu dipotret melalui satu sudut pandang yang relatif sama. Kami menyarankan untuk memotretnya dari bawah seperti gambar di bawah ini, garis-garis konsentris dan simetri yang sempurna memungkinkan Anda untuk mendapatkan sebuah gambar kaleidoskopis.

EOS 400D, EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM lens, f/5, 10mm, 1/60sec, ISO100 by Stig Nygaard

Burj Al Arab, Dubai

Dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu hotel paling mewah di dunia, struktur uniknya berbentuk seperti kapal layar raksasa yang sering muncul dalam berita. Daripada memotretnya seperti kebanyakan foto lainnya, berfokuslah pada bagian tertentu dari bangunan seperti gambar ini dan bermainlah dengan garis untuk suatu komposisi yang unik.

EOS 350D, lensa EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS II, f/3.5, 18mm, 1/2500sec, ISO100 oleh Milos Milosevic

Angkor Wat, Siem Reap

Kuil megah di Kamboja ini sering kali dipotret sebagai sebuah bangunan kuno yang berada di tengah tanah luas - hal itu tentunya tidak salah, namun hanya dengan menambahkan filter/penyaring (dalam hal ini, inframerah), Anda dapat menciptakan efek yang membuat bangunan terlihat seperti bangunan di dunia lain.

EOS 350D, EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS II lens, f/6.3, 39mm, 1/400sec, ISO100 by Alexander Booth

Sydney Opera House, Sydney

Pesawat luar angkasa atau teater? Semakin banyak pemikiran yang timbul dari hasil provokasi foto Anda, maka semakin bagus foto tersebut! Sydney Opera House dan bangunan berbentuk irisan semangka tersebut telah dipotret jutaan kali, namun dengan memperbesar hanya pada satu bagian saja (dan dengan langit yang dramatis), maka akan tidak mudah untuk dikenali!

EOS 600D, lensa EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS II, f/3.5, 20mm, 1/100sec, ISO200 olehDanijel-James Wynyard

Musée du Louvre, Paris

Museum Louvre yang terkenal mungkin adalah salah satu museum paling terkenal di dunia, dengan bentuk piramidanya yang unik dan penampilannya dalam film internasional yang sukses, The Da Vinci Code. Daripada memotret bagian luarnya saja, bayarlah tiket dan masuk ke dalam untuk memotret simitri dengan 673 panel kaca yang indah (dan nikmati beberapa karya seni ketika Anda berada di dalamnya!)

EOS 550D, lensa EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS II, f/6.3, 18mm, 1/500sec, ISO100Rigtor

Jembatan Golden Gate, San Francisco

Ketika cuaca adalah salah satu halangan terbesar bagi fotografer, terkadang hal itu akan menguntungkan Anda. Sebagian besar adalah masalah waktu, melihat bagaimana kabut tebal yang terlihat tanpa batas selalu muncul dalam hasil pemotretan di jembatan Golden Gate sebagai sesuatu yang sangat halus.

Pelajari tentang apa yang dapat dilakukan pada sebagian besar cuaca di sini: Fotografi Lanskap: Teknik Memotret Badai yang Menjelang

Canon Digital IXUS 850 IS, f/2.8, 4.6mm, 1/1000sec, ISO75 oleh Travis Wise

Sagrada Familia, Barcelona

Dirancang oleh Antoni Gaudi, gereja besar yang berada di Spanyol ini telah dibangun selama 100 tahun – tentunya dengan alasan yang tepat. Dari permukaan bangunan rumit yang menggambarkan Kelahiran Kristus hingga interior kaca yang luar biasa, dapat dimengerti mengapa pembangunan masih berlangsung hingga saat ini! Sementara keindahannya sudah cukup untuk sebagian besar fotografer, kami menyarankan Anda untuk menjelajahi ruangannya dan bereksperimen dengan sudut pengambilan foto.

EOS 550D, lensa EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS II, f/8, 27mm, 1/6sec, ISO3200 oleh Sander Wapstra

Holocaust Memorial, Berlin

Jika Anda tidak pernah melihat Holocaust Memorial, gambar baris demi baris yang terdiri dari blok beton sepanjang beberapa mil. Penduduk lokal dan turis suka bersantai di sini dan fotografer berdatangan untuk memotret seni minimalis dan abstrak. Daripada melakukan apa yang dilakukan oleh banyak orang, berbaring di lantai dan memotret ke atas, seperti gambar ini, akan membuat kenangan ini tampak lebih mengesankan. Bonus tambahan jika Anda juga dapat mengabadikan langit yang dramatis!

EOS 700D, lensa EF-S10-22mm f/3.5-4.5 USM, f/8, 10mm, 1/400, ISO100 oleh Thomas Wensing

Jam Astronomi, Praha

Dapat dipahami bahwa sebagian pemotretan adalah dari bagian luar, Jam Astronomi yang terkenal di Praha memiliki posisi bulan dan matahari di langit, sebuah kalender dan jam reguler dengan teknik kerajinan pengerjaan yang menakjubkan. Kami sangat menyarankan Anda untuk memotret di bagian dalam. Anda akan dapat memotret tinggi menara dan balok spiral yang menyokongnya.

EOS M3, lensa EF-M18-55mm f/3.5-5.6 IS STM, f/3.5, 18mm, 1/60sec, ISO2500 oleh Jayne Booton

Gedung Empire State, New York

Pembingkaian adalah kunci yang dapat mengubah sebuah foto secara dramatis. Sementara Gedung Empire State mungkin sedikit terlalu tinggi untuk didekati secara dramatis, cobalah untuk memotretnya dari tempat lain, seperti dalam gambar ini. Pembingkaian yang sempurna dengan besi tempa dan langit kota yang mengesankan sebagai latar belakang, pada dasarnya foto ini menggambarkan tentang New York.

Pelajari lebih banyak tentang pembingkaian dalam pemotretan Anda di sini: 5 Cara untuk Membingkai Foto Perjalanan Anda

EOS 5D Mark III, lensa EF24-105mm f/4L IS USM, f/4, 65mm, 1/400sec, ISO100 oleh Eskil Digernes

 

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.