Tips & Tutorials

Kamera FAQ #6: Informasi macam apakah yang Anda dapatkan ketika menggunakan fungsi GPS?

Ketika menyortir foto-foto liburan, apakah Anda sering berharap memiliki informasi yang akurat mengenai tempat untuk mengambil foto? Di sini, saya akan memperkenalkan tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan kamera yang memiliki fungsi GPS. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

Lori yang berjalan lambat ditangkap dengan EOS-1D X Mark II. Data GPS bisa sangat berguna ketika memotret hewan yang nyaris punah.

Fungsi GPS tidak hanya memberi tahu tempat bidikan itu diambil, tetapi juga memungkinkan Anda melacak jalur pergerakannya.

Fungsi GPS adalah fitur terbaru yang ditambahkan ke sebagian kamera EOS dan PowerShot. Meskipun terdapat sejumlah model tertentu yang memerlukan alat penerima eksternal, namun juga ada model lainnya dengan antena terpasang yang dapat memperoleh informasi GPS melalui satelit, semuanya pada kamera itu sendiri.

Data seperti garis lintang, garis bujur, ketinggian, dan Coordinated Universal Time (UTC), direkam sebagai EXIF metadata, yang kemudian ditambahkan ke gambar. Dengan menggunakan perangkat lunak, Anda dapat mudah mengecek posisi setelah pemotretan, dan juga melacak jalur yang Anda ambil dengan kamera pada peta. Anda dapat memanfaatkan semua fitur ini untuk menunjukkan lokasi bidikan dengan penunjuk yang akurat, bahkan di tempat yang sulit untuk mengenali lokasi hanya dengan melihat fotonya, seperti padang salju atau garis pantai. Data lokasi dapat digunakan sebagai panduan seandainya Anda mengunjungi lagi lokasi pemotretan itu. Nilai tambah lainnya yaitu, lebih memudahkan bagi Anda untuk menambahkan penjelasan yang rinci ke bidikan Anda apabila mendaftar untuk mengikuti kontes fotografi dan sejenisnya.

Namun demikian, jika Anda ingin menggunakan fungsi GPS di dalam pesawat udara, Anda sebaiknya menanyakan kepada maskapai penerbangan sebelumnya, karena mungkin bisa memengaruhi keselamatan penerbangan.

Ini adalah informasi GPS seperti ditampilkan pada EOS 6D. Kamera menerima informasi tentang garis lintang, garis bujur, ketinggian, dan sebagainya dari satelit GPS, yang kemudian direkam di dalam kamera dan ditambahkan ke data gambar.

 

Data gambar dengan informasi GPS yang direkam diperlihatkan. Informasi yang rinci, seperti garis lintang dan garis bujur, ditanamkan dalam ruang data, sehingga Anda dapat mengecek rincian informasi posisional.

 

Gunakan perangkat lunak "Map Utility" yang tersedia pada kamera EOS untuk mengaitkan lokasi pemotretan dengan bidikan Anda dan menampilkannya pada peta.

 

Jalur pergerakan Anda dapat ditampilkan secara grafis berdasarkan data yang diperoleh dari fungsi log perangkat lunak "Map Utility", sehingga Anda dapat meliriknya dan mengetahui tentang rute yang Anda ambil.

 

Kamera Canon dengan fungsi GPS built-in

 

PowerShot D30
PowerShot D30 kedap air hingga kedalaman 25m dan anti beku hingga suhu -10℃. Fungsi GPS yang terpasang dalam bodi kamera yang tangguh, memungkinkan Anda mengambil bidikan di mana saja, setiap saat.

Klik di sini untuk rincian mengenai PowerShot D30

 

EOS 6D
EOS 6D, dengan bodi seringan 680g dan sensor ukuran penuh, juga memiliki fungsi GPS built-in. Data GPS sangat berharga ketika menyimpan pelacakan jalur pemandangan dari perjalanan Anda.

Klik di sini untuk rincian mengenai EOS 6D

 

EOS 7D Mark II
Flagship APS-C, EOS 7D Mark II, juga dilengkapi fungsi GPS built in. Memiliki data GPS untuk berbagai bidikan kehidupan liar yang berharga, memungkinkan Anda mengenali lokasi pemotretan.

Klik di sini untuk rincian mengenai EOS 7D Mark II

 

EOS-1D X Mark II
Untuk fotografer profesional yang mungkin harus mengambil ribuan bidikan setiap hari, fungsi GPS bagaikan bantuan yang sangat disambut untuk menyortir foto.

Klik di sini untuk rincian mengenai EOS-1D X Mark II

 

 

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.