Yang Baru

Canon Mengumumkan EOS 77D dan EOS 800D Baru: Antarmuka Berbeda untuk Gaya Pemotretan yang Berlainan!

Pada tanggal 15 Februari 2017, Canon mengumumkan dua kamera DSLR baru, EOS 77D, yang ditujukan untuk para penggemar fotografi, dan EOS 800D, model yang bersahabat bagi pemula. Kedua kamera ini memiliki sensor CMOS ukuran APS-C, dan kompatibel dengan lensa EF-S serta lensa EF. (Dilaporkan oleh: Makoto Suzuki (Digital Camera Watch))

 

EOS 77D

 

 

EOS 77D memiliki fitur dasar yang sama seperti EOS 800D, tetapi sudah disempurnakan dengan fitur tambahan yang ditujukan bagi para penggemar fotografi. Ini tersedia dalam dua kit, yang satu dengan lensa EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM dan satunya lagi dengan lensa EF-S18-55mm f/4-5.6 IS STM baru, serta bodinya sendiri.

Jika dibandingkan dengan antarmuka yang sederhana dan bersahabat bagi pemula pada EOS 800D, EOS 77D dilengkapi dengan kontrol operasional yang lebih menyerupai kontrol yang tersedia pada DSLR yang lebih canggih, misalnya, dial kontrol pada panel atas dan belakang serta tombol AF-ON.

 

 

EOS 77D juga memiliki sensor gambar CMOS dengan kira-kira 24,2 megapiksel efektif, kisaran kecepatan ISO normal, ISO 100 – 25600, dan dukungan untuk pembuatan film dalam Full HD 50p/60p dengan fungsi baru untuk pembuatan film time-lapse (jeda waktu). Mesin pemrosesan gambar yaitu, DIGIC 7.

Viewfinder cerdas yang memiliki pembesaran kira-kira 0,82x dengan cakupan bidang pandang kira-kira 95%. Layar pemfokusan sudah ditetapkan, dan kecepatan rana berkisar dari 1/4000 - 30 detik, dengan kecepatan X-sync maksimum pada 1/200 detik.

 

 

 

Untuk pemotretan beruntun, kamera dapat membidik hingga kira-kira 6 bingkai per detik (fps). Sistem sensor AF terdiri dari hingga 45 titik semua tipe silang, yang mana hingga 27 titik kompatibel dengan f/8.

Monitor LCD panel sentuh, 3,0 inci dengan kira-kira 1.040.000 titik piksel efektif.

 

 

Untuk pemotretan Live View, EOS 77D dan EOS 800D, keduanya menggunakan Dual Pixel CMOS AF, di mana semua piksel pada sensor gambar digunakan sebagai sensor AF pendeteksian perbedaan fase. Kamera ini pun menyertakan mode Smooth zone AF, yang tampil perdana pada EOS M5 dan menyempurnakan pemfokusan otomatisnya pada subjek yang bergerak.

Di sini, patut disebutkan bahwa, baik EOS 77D maupun EOS 800D, keduanya telah mencapai kecepatan pemfokusan AF tercepat di dunia, 0,03 detik* sewaktu membidik gambar diam dalam Live View. *[Catatan Editor: Butir ini sudah ditambahkan oleh tim redaksi SNAPSHOT sejak 15 Februari 2017, dan tidak terdapat dalam artikel Digital Camera Watch.]

Di samping konektivitas Wi-Fi/NFC, EOS 77D maupun EOS 800D, keduanya mendukung Bluetooth Hemat Energi yang memungkinkan koneksi konstan ke perangkat cerdas yang secara otomatis beralih ke Wi-Fi bilamana perlu.

EOS 77D menggunakan baterai LP-E17, yang memungkinkan sekitar 600 bidikan (viewfinder shooting mode) dan 270 bidikan (Live View mode) untuk dilakukan dalam satu kali pengisian. Dimensi eksternal, 131 × 99,9 × 76,2mm, dan hanya seberat kira-kira 540g termasuk baterai dan kartu memori, dan sekitar 493g (hanya bodi).

* Di antara semua kamera digital yang lensanya dapat dipertukarkan, menyertakan sensor gambar ukuran APS-C dengan AF pendeteksian perbedaan fase pada bidang gambar
Sejak 14 Februari, 2017 (Diriset oleh Canon).
Penghitungan didasarkan pada kecepatan AF yang dihasilkan, yang diukur menurut panduan CIPA.
(Bervariasi, tergantung pada kondisi pemotretan dan lensa yang digunakan.) Metode pengukuran internal.
[Kondisi pengukuran]: Kecerahan pemfokusan: EV 12 (suhu ruangan, ISO 100)/ Shooting mode: M/ Lensa yang digunakan: EF-S18-55mm f/4-5.6 IS STM (pada panjang fokus 55mm)/ Live View AF shooting menggunakan tombol shutter/ AF method: Live 1-point AF (dengan titik AF Tengah)/ AF operation: One-Shot AF

 

EOS 800D

 

 

Walaupun EOS 800D yang dimaksudkan sebagai kamera serbabisa bagi pengguna baru kamera DSLR, memiliki fungsi dan spesifikasi mendasar yang serupa seperti EOS 77D, antarmuka pengguna default miliknya ditetapkan ke simple Guided mode (mode Terpandu sederhana), yang menampilkan penjelasan, foto dan grafik yang memberikan keasyikan tersendiri bagi pengguna kamera DSLR untuk pertama kali, panduan yang bersahabat bagi pemula mengenai berbagai fungsi dan pengaturan kamera. Mode ini pun tersedia pada EOS 77D, tetapi sebagai alternatif untuk antarmuka Standar default.

Kamera ini hadir dalam dua kit serta bodi saja. Kit yang pertama terdiri atas lensa EF-S18-55mm f/4-5.6 IS STM baru, sedangkan kit kedua dilengkapi dengan lensa EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM.

 

 

 

EOS 800D memiliki dimensi eksternal yang sama seperti EOS 77D: kira-kira 131 × 99,9 × 76,2mm. Beratnya kira-kira 532g dengan baterai serta kartu memori, dan kira-kira 485g tanpa itu (hanya bodi).

 

 

 
 

 

Mode "Guided" (Terpandu) yang baru, membantu pengguna baru untuk memahami dan menavigasi pengaturan kamera

EOS 77D dan EOS 800D, keduanya memiliki opsi antarmuka "Guided" yang baru untuk pengguna level pemula. Apabila diaktifkan, mode menampilkan deskripsi yang mudah dipahami untuk parameter dalam sejumlah fungsi, misalnya kompensasi pencahayaan, pemilihan area AF dan pengaturan aperture (misalnya, "Blurred" (Buram) dan "Sharp" (Tajam) untuk EOS 800D.

 

 

 

Mode Group Photo (Foto Grup) Baru

Mode Group Photo (Foto Grup) yang baru, sudah pula ditambahkan ke mode Special scene (Pemandangan khusus) yang tersedia pada EOS 77D dan EOS 800D. Dalam mode ini, aperture secara otomatis disesuaikan ke f/8 – f/11 untuk menghindari buram difraktif, dan pengaturan lainnya pun secara otomatis disesuaikan untuk mengurangi keburaman pada subjek dan goyangan kamera.

 

Remote control Bluetooth yang baru memungkinkan pengoperasian jarak jauh dalam radius 5m

EOS 77D dan EOS 800D keduanya kompatibel dengan remote control Bluetooth-compatible yang baru, Remote Control Nirkabel BR-E1. Berbeda dari remote control sebelumnya yang menggunakan transmisi inframerah, remote control yang baru ini mampu beroperasi dalam radius 5m. Ini juga bisa digunakan dengan Power Zoom Adapter PZ-E1 untuk melaksanakan pengoperasian zoom.

 

Remote Control Nirkabel BR-E1

 

Tontonlah film berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai EOS 77D dan EOS 800D!

 

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.