Produk

Canon Mengumumkan Kamera Tanpa Cermin Termutakhir, EOS M5

Canon mengumumkan kamera tanpa cermin termutakhir, EOS M5, pada 15 September 2016. Didesain dengan mempertimbangkan kemudahan, kamera ini dilengkapi dengan electronic viewfinder (EVF) built-in, yang merupakan pelekatan eksternal pada model EOS seri M yang terdahulu. Perbaikan pun sudah dilakukan pada daya operasi, tayangan pada monitor LCD belakang, kualitas gambar dalam kondisi rendah cahaya dan performa AF. (Dilaporkan oleh: Makoto Suzuki (Digital Camera Watch))

 

Kamera tanpa cermin Canon Pertama yang dilengkapi dengan Dual Pixel CMOS AF

Fitur yang paling menonjol pada EOS M5 adalah penyertaan sistem Dual Pixel CMOS AF, yang pertama untuk kamera tanpa cermin Canon. Dengan sistem ini, tiap jumlah piksel yang terdiri atas dua fotodioda, masing-masing memberikan informasi pendeteksian perbedaan fase yang kemudian digunakan untuk melaksanakan pemfokusan otomatis (AF). Sementara EOS M3 memanfaatkan kontras AF dan Hybrid CMOS AF III, pada saat yang bersamaan, pada EOS M5, pemfokusan otomatis hanya dilaksanakan dengan pendeteksian perbedaan fase bidang gambar.

Klik di sini untuk mengetahui selengkapnya tentang Dual Pixel CMOS AF

EOS M5 terus menggunakan sensor gambar format APS-C, persis seperti model EOS M yang sebelumnya, dengan 24,2 megapiksel efektif dan kecepatan ISO maksimum, ISO 256000. Namun demikian, prosesor gambar, DIGIC 7—yang pertama kali digunakan pada kamera EOS. Selama pembuatan film, stabilisasi gambar 5-axis (5 sumbu) didukung (disempurnakan lebih jauh jika Anda menggunakan salah satu dari dua lensa kompatibel-Combination IS), seperti merekam dalam format sebesar Full HD 60p.

Kecepatan rana terpesat yang dimungkinkan adalah 1/4.000 detik; kecepatan rana sinkronisasi terpesat dengan lampu kilat adalah 1/200 detik. Kamera dilengkapi dengan lampu kilat pop-up terpasang.

Fitur lainnya termasuk koreksi difraksi, yang memperbaiki resolusi visual bidikan foto dengan aperture besar (seperti bidikan fokus pan); untuk pertama kali pada kamera EOS, fungsi pemrosesan gambar RAW di kamera yang dapat melaksanakan pemrosesan sekaligus beberapa gambar RAW; dan fungsi Panning yang secara otomatis menyesuaikan kecepatan rana seiring dengan kecepatan panning kamera.

 

 

 

 

 

Touch & Drag AF (AF Sentuh & Seret) memungkinkan pengoperasian AF yang nyaman selama pemotretan EVF

Pemotretan beruntun dimungkinkan hingga kira-kira 7 fps dengan pelacakan AF (hingga 31 bidikan pada kecepatan pemotretan beruntun konstan), dan hingga kira-kira 9 fps dengan kunci AF (hingga 26 bidikan pada kecepatan pemotretan beruntun konstan). Memungkinkan pengambilan bidikan beruntun sebanyak 1000.

Fungsi pelacakan AF dilandaskan pada sistem AF pelacakan subjek yang digunakan dalam kamera EOS DSLR, yang seyogianya dapat melaksanakan pelacakan, bukan hanya untuk pergerakan pada arah horizontal atau vertikal, tetapi juga pada subjek yang bergerak ke arah, atau menjauhi fotografer. Ukuran frame "Kecil" juga sudah ditambahkan ke ukuran saat ini untuk memungkinkan pemfokusan yang jitu.

EVF built-in memiliki kira-kira 2,36 juta dot dan titik mata 22mm, serta dilengkapi dengan fungsi Touch & Drag AF, yang memungkinkan pengguna memilih dan memindahkan titik AF melalui pengoperasian layar sentuh, bahkan saat mereka melihat melalui EVF. Fungsi ini juga menggabungkan Smooth Zone AF, dan pengguna bisa menentukan beberapa bingkai AF untuk diaktifkan, sehingga memudahkan untuk menangkap gambar subjek yang bergerak cepat secara jernih dan terfokus. Touch & Drag AF sangat dapat disesuaikan secara khusus—Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya dengan menekan tombol ON/OFF di depan bodi kamera, dan bahkan memprogram area di monitor LCD di mana AF yang dioperasikan melalui sentuhan, efektif.

Monitor LCD adalah tipe 3,2 dengan kira-kira 1,62 juta dot piksel efektif, dapat dimiringkan hingga 85 derajat ke atas dan 180 derajat ke bawah.

 

 

 

Beragam dial dan tombol yang lebih memudahkan pengoperasian kamera

Fungsi baru sudah ditambahkan ke ragam dial dan kontrol. Terdapat tiga kontrol utama—dial Utama, yang bersandar di sekitar tombol rana, dan fungsi dasar kontrol; dial Quick Control yang memungkinkan Anda untuk cepat mengakses dan menyesuaikan pengaturan untuk aperture, kecepatan rana dan kecepatan ISO; serta dial Control, yang memudahkan pemutaran ulang gambar dan terletak di samping layar LCD belakang.

Anda dapat menyesuaikan secara khusus fungsi dial Quick Control dengan menggunakan tombol [DIAL FUNC.] yang diposisikan di atas dial tersebut. Dengan melakukan itu, Anda dapat memilih parameter yang ingin Anda sesuaikan dengan mengoperasikan dial Quick Control, misalnya, kecepatan ISO, white balance dan lain sebagainya.

 

 

 

Mendukung teknologi Bluetooth hemat energi, memungkinkan kontrol kamera jarak jauh dengan durasi panjang

Teknologi Bluetooth hemat energi baru saja digunakan sebagai salah satu mode untuk penyandingan (pairing) dengan smartphone. Perangkat akan terlihat secara otomatis terhubung apabila Anda mengaktifkan fungsinya, dan koneksi konstan pun dimungkinkan—fitur yang menjanjikan untuk dimiliki dalam berbagai situasi, seperti mengontrol pengoperasian rana sewaktu fotografi pencahayaan lama. EOS M5 juga mendukung pemotretan jarak jauh dalam Live View melalui koneksi NFC/Wi-Fi.

Baterai yang digunakan adalah Battery Pack LP-E17, yang dapat mengambil hingga 295 bidikan gambar diam dalam satu kali pengisian.

Dimensi eksternal kira-kira 115,6×89,2×60,6mm (Panjang × Tinggi × Lebar). Bobot kamera kira-kira 427g (termasuk paket baterai dan kartu memori) dan 380g (hanya bodi).

 

Jaket bodi dan tali ikat leher juga tersedia (dijual terpisah).

 

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

Digital Camera Watch

 

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.