Yang Baru

Canon Singapore Mengumumkan Peningkatkan Firmware Canon Log untuk EOS 5D Mark IV

Canon Singapore Pte. Ltd. telah mengumumkan pembukaan layanan peningkatan yang akan memungkinkan Canon Log pada EOS 5D Mark IV, kamera yang memakan kualitas gambar dan performa pemotretan yang tinggi, bahkan di industri produksi video. Layanan peningkatan akan tersedia mulai akhir Juni 2017. Detail selengkapnya diuraikan di bawah. (Dilaporkan oleh: SNAPSHOT)

 

Peningkatan ini akan memungkinkan EOS 5D Mark IV mendukung Canon Log, yang semula adalah andalan Cinema EOS

Pada tanggal 19 April 2017, Canon Singapore Pte. Ltd. mengumumkan bahwa kawasan ASEAN akan membuka layanan untuk meningkatkan fungsi pembuatan film pada EOS 5D Mark IV untuk mendukung Canon Log.

Pengguna yang ingin meningkatkan kamera mereka, dapat melakukan dengan membayar sejumlah biaya, membawa kamera mereka ke pusat layanan yang ditunjuk. Layanan ini akan tersedia mulai akhir Juni 2017.

Sebelumnya, Canon Log tidak didukung pada kamera DSLR EOS, kecuali EOS-1D C. Oleh karena itu, peningkatan untuk EOS 5D Mark IV ini merupakan tanggapan terhadap permintaan yang mendesak dari industri produksi video.

 

EOS 5D Mark IV, yang terlihat di atas dengan Directional Microphone DM-E1 kompatibel, memiliki reputasi baik sebagai mesin perekaman video. Fitur pentingnya untuk pembuatan film adalah sebagai berikut:
[Movie recording size] 4K: 4.096×2.160, Full HD: 1.920×1.080, HD: 1.280×720
[Frame rate] 4K: 30p/25p/24p, Full HD: 60p/30p/24p, HD: 120p/60p/30p
[ISO speed] 4K: 100 hingga 12800, Full HD: 100 hingga 25600

 

Canon telah mendukung industri produksi video sejak lama. Dalam prosesnya, Canon mengembangkan mode gamma di dalam perusahaannya, Canon Log, yang dipuji setinggi langit oleh industri. Meskipun output Canon Log dalam 8-bit menghasilkan volume data kecil yang memungkinkan alur kerja yang efisien, namun juga mampu menangani kisaran dinamis yang luas kira-kira 800%, atau 12 stop. Inilah yang akan tersedia pada EOS 5D Mark IV menyusul peningkatannya.

Canon Log pada EOS 5D Mark IV menggunakan dua Look Up Table (LUT) yang mengubah dan menghasilkan keluaran gamma dan ruang warna gambar yang direkam ke gamma lain yang digunakan secara luas, supaya bisa dilihat pada monitor eksternal—ideal untuk proyek yang melibatkan produksi dan pemantauan tim. Dalam hal ini, peningkatan mendatang tidak sekedar peningkatan Canon Log, tetapi yang juga mengakui EOS 5D Mark IV sebagai kamera video profesional, yang bisa dan memang digunakan pada lini depan produksi.

Dengan peningkatan ini, EOS 5D Mark IV akan dilengkapi dengan fitur View Assist baru. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan gambar Canon Log, yang cenderung memiliki kontras yang rendah, mendekati apa yang mereka lihat setelah gradasi.

 

View Assist - Off (Mati)

View Assist - On (Hidup)

 

EOS 5D Mark IV sudah memiliki sensor gambar 30,2 megapiksel full-frame yang dahsyat, Dual Pixel CMOS AF yang memungkinkan pemfokusan yang dilakukan satu orang, dan mampu membuat film high frame rate dalam Full HD 50p/60p selain 4K 25p/30p, semuanya dikemas dalam ukuran bodi kamera yang dianggap ringkas dan ringan untuk kamera DSLR. Peningkatan ini, yang akan menambah dukungan untuk Canon Log yang sejalan dengan kebutuhan praktis yang sesungguhnya, telah menjadikannya sebagai model kamera yang paling diburu oleh industri produksi video profesional.

Peningkatan ini tidak akan menyebabkan pembatasan apa pun pada fitur perekaman video yang ada saat ini, yang tidak menggunakan Canon Log. Hal ini, tentu saja, berlaku juga untuk fungsi pemotretan gambar diam.

 

EOS 5D Mark IV mampu merekam dalam full frame pada resolusi gambar yang tinggi, 30,2 megapiksel dan layak membanggakan Live View AF kecepatan tinggi yang mulus, yang dimilikinya, berkat Dual Pixel CMOS AF,yang tidak akan terpengaruh oleh peningkatan termutakhir ini. Ini berarti bahwa Canon Log bisa digunakan dengan fitur pengambilan gambar diam dan perekaman video yang istimewa yang dimiliki kamera.

 

Hal yang perlu dicatat mengenai peningkatan Canon Log untuk EOS 5D Mark IV

Canon Singapore Pte. Ltd. ingin memberi tahu para pengguna tentang masalah berikut ini yang perlu dicatat mengenai peningkatan.

Fitur utama yang akan ditambahkan dengan peningkatan
・Canon Log
→Peningkatan tidak akan menambah Canon Log 2 dan Canon Log 3.
・View Assist
→Ini adalah fitur yang memudahkan verifikasi efek gamma pada monitor kamera sewaktu memotret. Ini akan ditambahkan ke menu shooting.

Fitur yang akan dibatasi apabila membuat film dengan Canon Log
・Time lapse movies dan HDR movies tidak akan tersedia
・AE mode akan menjadi tidak tersedia, dan pengaturan pencahayaan harus ditetapkan secara manual
・ISO Auto mode tidak akan tersedia (kecepatan ISO akan ditetapkan pada ISO 400 jika ISO Auto sudah ditetapkan)
・Picture Style, Auto Lighting Optimizer dan Highlight Tone Priority tidak akan tersedia
・Untuk 4K shooting, Koreksi penyinaran perifer akan ditetapkan pada [Disable].

Hal lain yang perlu dicatat apabila membuat film dengan Canon Log
・Apabila Canon Log sudah ditetapkan, garis noise horizontal mungkin muncul dalam film, tergantung pada subjek atau kondisi pembuatan film. Anda dianjurkan untuk melakukan beberapa percobaan pembuatan film dan memeriksanya sebelum pengambilan film yang sesungguhnya. Perhatikan, bahwa noise mungkin menjadi lebih kentara, khususnya apabila Anda menerapkan kontras yang kuat sewaktu gradasi warna film yang sedang dibuat.

・Garis noise horizontal cenderung muncul apabila subjeknya gelap dan datar, atau [Peripheral illumin.] ditetapkan ke [Enable]. Noise mungkin juga muncul apabila kecepatan ISO relatif rendah, misalnya pada ISO 400.

・Apabila noise terlihat, Anda dianjurkan untuk menetapkan [Peripheral illumin.] ke [Disable], Lakukan pengambilan film dalam pencahayaan yang lebih cerah, lalu sesuaikan kecerahannya sewaktu menggradasi warna. Selain itu, noise juga dapat dikurangi apabila Anda merekam pada kecepatan ISO lebih rendah dari ISO 400 (walaupun kisaran dinamis akan disempitkan).


Selama ini, kamera EOS 5D telah menjadi andalan kamera DSLR di industri produksi video sejak peluncuran EOS 5D Mark II pada tahun 2008. Ini adalah penerus generasi keempat, EOS 5D Mark IV, yang telah mendapatkan banyak pujian akan dukungannya untuk 4K, resolusi gambar yang tinggi dan Dual Pixel CMOS AF, ditetapkan untuk membuka jalan bagi bentuk baru ekspresi videografis, bukan hanya di Hollywood, tetapi juga di industri produksi film global dengan dukungan baru untuk Canon Log.

Untuk informasi selengkapnya mengenai peningkatan, silakan merujuk ke detail dari Canon Singapore Pte. Ltd.

 

Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pembuatan film dengan EOS 5D Mark IV:
Pengantar Pembuatan Film EOS untuk Pengguna EOS 5D Mark IV (Bagian 1)
Pengantar Pembuatan Film EOS untuk Pengguna EOS 5D Mark IV (Bagian 2)

 

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.