Tips & Tutorials

Lensa Terbaik Canon untuk Fotografi Lanskap

Memotret keagungan dan kemegahan lanskap membutuhkan lensa tertentu. Kami berbicara dengan 3 fotografer regional dari Asia Tenggara dan mencari tahu apa saja lensa favorit mereka.

Fotografer: Edwin Martinez
Lensa favorit: lensa EF14mm f/2.8L II USM USM untuk gambar pada malam hari terutama Aurora Borealis, lensa EF16-35mm f/4L IS USM untuk kebanyakan foto lanskap

EOS 5DS R, EF16-35mm f/4L IS USM lens, f/22, 4sec, 16mm, ISO100
Longdrangar, Islandia

"Tidak seperti kebanyakan lensa ultra lebar / ultra wide-angle (UWA) yang mengalami distorsi barel yang buruk, penyimpangan kromatik dan tepi yang rapuh, lensa EF16-35mm f/4L IS USM tidak memiliki masalah tersebut dan juga sangat tajam pada setiap sudut. Lensa EF14mm f/2.8L II USM adalah lensa utama terluas untuk sensor full frame. Lensa tersebut juga sangat tajam, bahkan pada apertur terluasnya, yang mana mungkin Anda akan membutuhkannya untuk memotret Aurora Borealis. Kedua lensa juga cukup ringan dan terlindungi dari cuaca, sangat sempurna untuk jenis fotografi yang saya pilih.

Kualitas lensa sama dengan kualitas hasil. Kedua lensa ini memberikan kontras dan penampilan warna yang bagus, yang akan menyederhanakan pekerjaan pasca produksi. Jarak fokus juga membuat saya memotret lebih banyak kemegahan pemandangan dan memberikan kesan kedalaman dan perspektif.

EOS 5DS R, EF14mm f/2.8L II USM lens, f/2.8, 15sec, 14mm, ISO800
Fjallsarlon, Islandia

Selalu mencari kualitas cahaya dan warna ketika memotret pemandangan. Warna alami dapat memberikan semangat pada fotografi dan pemotretan saat matahari terbit dan matahari terbenam. Desain visual sangat penting, jadi gunakanlah lapisan dalam komposisi Anda seperti latar depan, tengah dan belakang untuk memberikan kedalaman dan perspektif."

Ketahui lebih lanjut tentang lensa sudut lebar dan cara menggunakannya dalam artikel: Menjelajahi Lensa Sudut Lebar Bagian 1: Efek Foto Lensa Sudut Lebar

 

 

 

Fotografer: Keris Tuah
Lensa favorit: EF17-40mm f/4L USM

EOS 5D Mark II, EF17-40mm f/4L USM lens, f/11, 63sec, 17mm, ISO100
Teluk Bayu, Penang

"Ini adalah sebuah lensa sudut lebar yang bekerja dengan baik dalam berbagai bidang; dari gambar pemandangan normal hingga matahari terbenam dan mahatari terbit. Lensa ini juga membantu saya mengatur subjek dan pemandangan dengan sangat baik tanpa harus memindahkan kamera saya, terutama ketika saya memotret dalam ruang yang terbatas.

Saran terpenting dari saya kepada fotografer lanskap pemula adalah untuk datang lebih awal di lokasi untuk mendapatkan komposisi terbaik. Kemudian tunggulah momen terbaik tiba. Biasanya hal itu datang dengan sangat cepat dan Anda akan hanya memiliki sedikit waktu untuk bereaksi, apalagi memikirkan komposisi lainnya."

EOS 5D Mark II, EF17-40mm f/4L USM lens, f/5.6, 30sec, 17mm, ISO320
Tanah Lot, Bali

Baca lebih lanjut tentang fotografi lanskap dalam artikel: Menguasai Seni Fotografi Pemandangan

 

 

Fotografer: Wisnu Haryo Yudhanto
Lensa favorit: EF16-35mm f/2.8L II USM

EOS 5D Mark III, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/13, 0.8sec, 23mm, ISO200
Gunung Bromo, Jawa Timur

"Meskipun saya menggunakan lensa EF17-40mm f/4L USM, lensa utama saya untuk fotografi lanskap tetap adalah EF16-35mm f/2.8L II USM. Kelebaran dan kecepatan membuatnya menjadi sebuah pilihan sempurna untuk pemotretan lanskap. Meskipun saya jarang memotret pemandangan menggunakan pengaturan bukaan (aperture) lebar, lensa ini pantas dimiliki. Lensa ini juga berguna ketika acara pemotretan dalam ruang atau ketika saya tidak membawa tripod.

Kelebihan lensa ini adalah fitur zoom-nya. Terdapat saat-saat saya tidak dapat bergerak lebih dekat, atau bahkan lebih jauh dari suatu subjek. Sebagai contoh, jika saya berdiri di tepi dari sebuah tebing, maka tidak akan memungkinan untuk bergerak maju. Keuntungan dari lensa zoom pada situasi seperti ini adalah lensa ini memungkinkan saya untuk memotret pemandangan dengan tepat.

EOS 5D Mark III, EF16-35mm f/2.8L II USM lens, f/20, 1/160sec, 23mm, ISO160
Puncak Pass, Jawa Barat

Pada akhirnya, fotografi lanskap adalah tentang penungguan. Gambar pemandangan yang indah sering ditentukan oleh kualitas pencahayaan saat gambar tersebut diambil. Waktu, cuaca, musim, semuanya berkaitan dengan fotografi. Jangan lupa tentang aturan sepertiga, dan masukkan sebuah latar depan yang menarik. Cari sesuatu yang menarik untuk diletakkan pada sepertiga pertama dari gambar Anda untuk memberikan sesuatu untuk dilihat oleh pemirsa."

Pelajari tentang komposisi dan bagaimana hal ini dapat meningkatkan keterampilan fotografi Anda dalam artikel ini: Komposisi Sederhana namun Penting (Bagian 1): Aturan Segitiga & Aturan Segiempat

 

EF16-35mm f/2.8L II USM

Klik di sini untuk detail lebih lanjut

 

Ceritakan tentang lensa favorit Anda untuk fotografi lanskap di sesi komentar di bawah ini!

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.