Tips & Tutorials

Menangkap Dunia Bawah Air dan Dunia Terestial dalam Bidikan Tunggal

Di bawah ini adalah contoh bidikan indah atas- bawah, yang secara alami menangkap perhatian pemirsanya. Tersembunyi di balik bidikan ini, terdapat sejumlah saran fotografi yang ingin saya ungkapkan dan jelaskan. Dalam artikel pertama serial ini, saya akan fokus pada saran yang dapat digunakan untuk pemandangan tepi laut. Mari kita cermati sebagian teknik pemotretan profesional. (Dilaporkan oleh: Minefuyu Yamashita)

EOS 70D/ EF8-15mm f/4L Fisheye USM/ FL: 11mm (setara dengan kira-kira 18mm dalam format 35mm)/ Manual exposure (f/6.3, 1/1,600 det.)/ ISO 400/ WB: Daylight

Dua dunia berbeda membentang pada permukaan air sebagai garis batas. Saya mencoba menangkap pemandangan yang menarik ini dalam bidikan lanskap tunggal dengan kamera yang terendam separuh di perairan Miyakojima. Perhatikan, bagaimana kami menangkap ikan Dascyllus ekor putih yang berenang tepat di depan kamera.

Langkah 1: Cari subjek pada area berpasir cerah di perairan yang dangkal

Langkah 2: Bergerak mendekati batu karang untuk menciptakan efek perspektif

Langkah 3: Gunakan mode pencahayaan manual untuk mencegah perubahan yang tidak diinginkan dalam pencahayaan oleh kamera


Langkah 1: Cari subjek pada area berpasir cerah di perairan yang dangkal

Bidikan atas-bawah mengharuskan kamera terendam separuh dalam air dan separuhnya lagi di atas air. Rumah kamera wajib dimiliki jika Anda menggunakan kamera DSLR.

Pertama-tama, cari subjek pada area berpasir cerah di perairan yang dangkal Hal ini untuk mengurangi kontras dalam kecerahan antara langit dan air, masing-masing di paruh atas dan paruh bawah komposisinya. Berikutnya, rendam sekitar separuh lensa dalam air, lihat melalui viewfinder, dan sesuaikan komposisi akhir seraya mencurahkan perhatian ke latar belakang.

Langkah 2: Bergerak mendekati batu karang untuk menciptakan efek perspektif

Bergerak cukup dekat ke batu karang, yang merupakan subjek Anda dalam air, untuk menegaskan perspektif antara batu karang dan latar belakang. Untuk melakukannya, Anda harus memastikan bahwa batu karang dekat ke permukaan laut dengan memeriksa ombak dan memilih waktu saat ketinggian air cukup dangkal.

Berikutnya, sertakan tampilan besar awan dalam komposisi untuk menonjolkan ketinggian langit sekaligus mempertegas cuaca panas. Hal ini membentuk kontras menarik dengan batu karang. Selain itu, garis batas permukaan air yang terletak hampir di bagian tengah gambar, membantu menjalin hubungan antara kedua dunia pada paruh atas dan paruh bawah komposisi. Saya berhasil menangkap bidikan dengan beberapa ikan yang berenang dekat garis ini. Posisi ini membuatnya semakin terlihat jelas dalam foto.

Langkah 3: Gunakan mode pencahayaan manual untuk mencegah perubahan yang tidak diinginkan dalam pencahayaan oleh kamera

Saya memilih mode pencahayaan manual untuk mencegah kamera menyesuaikan tingkat pencahayaan secara otomatis ketika tidak ada pergerakan pada permukaan air. Untuk menekan subjek di latar belakang, saya memilih f/6.3 untuk memburamkan sedikit latar belakangnya, yang menciptakan efek lembut. Berikutnya, saya menetapkan fokus pada batu karang di depan saya, dan memantau pergerakan ikan, menanti saat yang tepat untuk melepaskan rana. Di sini, saya tidak menggunakan lampu kilat, karena saya ingin memanfaatkan bayangan yang agak tajam untuk menyempurnakan nada warna subjek, yang akan menambah sentuhan unik padanya.

Barang yang wajib dimiliki SEA&SEA MDX-70D (Produk pihak ketiga)

SEA&SEA MDX-70D layak dipercaya, karena memiliki struktur yang memancarkan indra keagungan yang moderat. Pegangannya juga mantap. Biasanya, saya suka menyelam untuk menangkap bidikan bawah air, dan rumah kamera ini memungkinkan saya mengoperasikan kamera dengan mudah, cepat serta nyaman di bawah air, yang sungguh saya apresiasi. 

Minefuyu Yamashita

Lahir pada tahun 1979 di Aichi. Setelah mendapatkan pengalaman kerja sebagai perancang interior dan grafis, Yamashita menjadi fotografer independen pada tahun 2011. Karyanya sudah digunakan di banyak kalender.

http://www.minefuyu-yamashita.com

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.