Tips & Tutorials

[Anak-Anak Bagian 2] Gunakan lensa telefoto untuk mendapatkan bidikan jitu anak yang menyiratkan kekanakannya!

Untuk dapat menangkap gambar besar subjek dari jarak jauh, lensa telefoto sangat berguna untuk mengambil foto anak-anak. Dalam artikel ini, saya akan memberikan sejumlah saran mengenai cara menggunakan lensa tersebut. (Diedit oleh: Camera Biyori, Foto oleh: Shino Chikura)

 

Menangkap ekspresi polos dan pergerakan anak yang sedang bermain

Anak-anak senang berlarian, jadi lensa zoom telefoto direkomendasikan untuk mengambil foto mereka. Bahkan misalnya, jika sang anak berlari menjauh dari Anda, Anda dapat terus mengambil foto dari tempat Anda dan mengikuti pergerakan mereka dengan mudah. Selain itu, pemotretan dari jarak jauh memastikan bahwa sang anak tidak menghiraukan bahwa mereka sedang difoto, sehingga memudahkannya untuk menangkap ekspresi dan pergerakan mereka sementara mereka terus bermain tanpa merasa kikuk. Selain itu, lensa ini juga berguna untuk membingkai bidikan Anda sementara sang anak bermain dengan ayah mereka atau teman mereka.

Hati-hati dengan goyangan kamera ketika memotret dengan lensa telefoto. Menjaga sikap tubuh yang stabil adalah persyaratan dasar dalam fotografi, tetapi apabila memotret dengan lensa telefoto, kisaran yang sempit diperbesar dan ditangkap, sehingga, gerakan sekecil apa pun dapat dengan mudah menyebabkan goyangan kamera. Dalam hal ini, saya anjurkan Anda menggunakan kamera dengan image stabiliser (IS, diindikasikan dengan huruf "IS" dalam nama produk lensanya), karena lensa IS dapat menekan goyangan kamera hingga batas tertentu. Jika Anda masih khawatir mengenai goyangan kamera, Anda dapat meningkatkan kecepatan ISO supaya kecepatan rana tidak menjadi terlalu lambat.

“Tidak sabar menguasai sepeda kecil ini”

 

[Shooting Conditions]
Lokasi Pemotretan (cuaca): Di luar ruangan (cerah)
Kondisi cahaya: Cahaya dari sisi kiri layar
EOS 750D/ EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 70mm/ f/4.5/ 1/640 det/ ISO 400/ WB: Auto

Permukaan tanah yang berbatu menyulitkan untuk mengayuh sepeda, dan sang anak tampak cemas, jadi saya harus membujuknya agar terus mengayuh sementara saya mengambil bidikan. Karena saya ingin menangkap jalur yang lurus, saya naik undakan yang ada di lokasi dan membidik sedikit dari atas dengan komposisi yang memperluas latar belakang.

"Jalan-jalan sore hari di sepanjang tepi sungai"

 

[Shooting Conditions]
Lokasi Pemotretan (cuaca): Di luar ruangan (cerah)
Kondisi cahaya: Cahaya dari sisi kiri layar
EOS 750D/ EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM/ FL:135mm/ f/5.0/ 1/640 det/ ISO 400/ WB: Auto

Sewaktu menyusuri tepi sungai bersama-sama, saya ingin membidik dari sudut yang lebih rendah dengan langit sebagai latar belakang, jadi saya menuruni undakan sementara putri saya tetap berada di atas undakan,sehingga saya dapat membidik dari kejauhan. Sinar jingga senja hari menjadikan waktu bidikan menjadi sangat indah.

“Hangatnya, persis seperti pelukan ibu”

 

[Shooting Conditions]
Lokasi Pemotretan (cuaca): Di luar ruangan (cerah)
Kondisi cahaya: Dari atas
EOS 750D/ EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 178mm/ f/5.6/ 1/800 det/ ISO 400/ WB: Auto

Meringkuk dengan nyaman di atas mainan dalam kehangatan sinar surya. Pergerakan dan ekspresi sang anak saat berbaring sejenak, kemudian langsung berlarian, tampak sangat menggemaskan, bukan? Pemotretan dengan komposisi yang tampak meluas ke dalam jarak, bokeh lembut yang hanya bisa ditangkap dengan lensa telefoto dapat juga diciptakan.

[SARAN] Lensa telefoto yang berguna untuk memotret anak-anak

 

Tidak hanya lebih mudah untuk menangkap foto dari jarak jauh, namun lensa telefoto juga memiliki karakteristik unik, memperlebar efek bokeh di latar belakang yang jarak fokusnya semakin jauh. Lensa telefoto 55-250mm atau 55-200mm pada umumnya dijual sebagai kit lensa DSLR dengan harga yang wajar. Selain itu, lensa ini juga dilengkapi dengan IS (IMAGE STABILIZER), sehingga memastikan bahwa goyangan kamera tidak mudah terjadi ketika mengambil bidikan sambil menggenggam kamera.

[Cara melihat panjang fokus]
Panjang fokus menunjukkan kisaran area yang dapat ditangkap oleh lensa (= sudut pandang). Notasi seperti "18-55mm" dll., dapat dilihat pada bagian depan dan samping lensa. Dalam hal ini berarti bahwa kisaran panjang fokus dari 18mm hingga 55mm.

 
 

Lensa zoom telefoto yang direkomendasikan.

 
 

EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 
 

EOS 750D Kit (EF-S18-55mm IS STM)

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 
 
Shino Chikura

Fotografer dan ibu dari dua anak perempuan berusia 4 dan 1 tahun. Setelah lulus dari universitas, ia pergi ke Jerman untuk belajar di bawah asuhan Andre Rival dan Ulrike Schamoni sebelum memutuskan untuk mandiri.

 
Camera Biyori

Camera Biyori adalah majalah fotografi di Jepang yang memperkenalkan foto serba mempesona dan kegembiraan sehari-hari bersama kamera. Selain mengemukakan berbagai aktivitas ceria yang berkaitan dengan kamera dan fotografi, departemen editorial Camera Biyori juga menawarkan “Camera Biyori Photography School” untuk menganjurkan para pembacanya untuk aktif dalam fotografi dan bergembira-ria.

http://www.camerabiyori.com

Diterbitkan oleh Daiichi Progress Inc.

 
 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.