Tips & Tutorials

Komposisi Memancarkan Naluri Gerakan

Fotografi mencakup penangkapan gambar tak bergerak, tetapi sebagian dari foto tersebut terlihat seakan-akan subjeknya akan segera mulai bergerak. Bagaimana Anda menangkap naluri gerakan ini pada subjek yang bergerak? Mari kami sampaikan beberapa saran untuk melakukan hal itu di sini. (Dilaporkan oleh: Tatsuya Tanaka)

Komposisi diagnonal dan panduan visual adalah metode yang efektif

Manfaatkan keburaman gerakan untuk secara efektif menggambarkan naluri gerakan subjek. Walaupun jumlah keburaman bervariasi, tergantung pada kecepatan rana dan kecepatan pergerakan subjek, namun kehati-hatian pun diperlukan, karena bentuk subjek akan menjadi tidak jelas jika keburaman terlalu banyak. Anda dapat melakukan pan kamera untuk melacak pergerakan subjek, atau zoom in atau zoom out selama pencahayaan. Walaupun bentuk ekspresi ini adalah kebalikan dari penangkapan subjek tak bergerak, dan memuatkannya di dalam foto (seperti foto lanskap), namun tetap penting untuk sepenuhnya mengingat komposisi ketika menciptakan efek buram gerakan dengan menggunakan teknik tersebut. Ini karena naluri gerakan gambar secara keseluruhan berubah secara drastis, tergantung pada tempat subjek diburamkan dalam gambar, dan ke arah mana ia menghadap. Dengan menggunakan teknik komposisi, seperti komposisi diagonal dan panduan visual, Anda dapat mengekspresikan berbagai elemen, seperti naluri gerakan subjek dan arah pergerakannya.

Elemen Kunci

  • Naluri gerakan dari subjek yang bergerak dapat dengan mudah ditegaskan dengan menggunakan komposisi diagonal.
  • Panduan visual, yaitu suatu ruang yang terbuka untuk memandu mata pemirsa pada arah tertentu, dapat juga digunakan.
  • Efek buram sangat efektif jika gerakan subjek diburamkan dengan kecepatan rana rendah.
  • Menciptakan naluri gerakan dengan jejak cahaya, menggunakan pencahayaan yang lama untuk memotret lampu mobil dan bintang.
  • Secara disengaja, ciptakan naluri gerakan dengan melakukan panning atau zoom selama pencahayaan.

EOS 5D Mark II/ EF24-70mm f/2.8L USM/ FL: 64mm/ Manual exposure (f/8, 0,4 det/ ISO 100/ WB: Auto

Siratkan gerakan dengan menangkap pergerakan penyu laut dengan komposisi diagonal

Bidikan pan penyu laut yang sedang berenang dari sisi kanan atas ke sisi kiri bawah gambar ditangkap dengan menggunakan komposisi diagonal. Penyu ditempatkan tepat di tengah komposisi, dan membiarkan sisi kiri gambar terbuka. Dengan melakukan itu, saya mencoba memandu garis pandangan dengan menggunakan pola pada permukaan air untuk menyampaikan gambaran penyu yang sedang berenang di dalam air. Saya juga ingin menghadirkan perhatian ke naluri gerakan yang diciptakan oleh keburaman yang tidak kentara, yang disebabkan oleh pergerakan pada permukaan air serta sang penyu.

Teknik untuk mengambil foto dengan naluri gerakan dan dinamisme

[1] Reproduksi pergerakan dengan kecepatan rana rendah

Saya menangkap gambar penuh burung camar yang terbang di udara dengan bidikan pan. Dengan menggunakan kecepatan rana rendah untuk memburamkan ujung sayap, gambar akhir saya berhasil menyampaikan dinamisme kepakan sayap.

[2] Secara berani menangkap perubahan seiring waktu dengan pencahayaan yang lama

Apabila Anda membidik langit utara yang berbintang dengan pencahayaan yang lama, cahaya bintang berubah menjadi jejak bintang yang berputar. Pergerakan bintang secara bertahap seiring waktu, menyampaikan naluri gerakan. Dengan menempatkan siluet rimbunan pohon di bagian tengah, menciptakan komposisi yang selaras dengan pemandangan alam yang ditangkap.

Tatsuya Tanaka

Lahir tahun 1956, Tanaka adalah salah satu fotografer langka yang menghasilkan karya yang melintasi beragam genre secara luas, dari perspektif aslinya. Semua genre ini berkisar dari benda-benda dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti serangga dan bunga, lanskap (landscape), bentangan langit (skyscape), dan benda-benda langit. Di samping fotografi, Tanaka juga mengembangkan pendekatannya sendiri dalam pasca proses, termasuk retouch dan pencetakan.

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.