Foto & Persona

Fotografi Konseptual: 3 Foto, 3 Kisah

Setiap foto menceritakan sebuah kisah dan fotografi konseptual bercerita secara visual dengan cara yang paling menawan. Terinspirasi oleh 3 fotografer ini; dari proses pemikiran mereka, hingga tahap penciptaan dan akhirnya emosi yang mereka rasakan ketika mereka menyelesaikan foto.

 

Bangkit oleh Sarah Ann Loreth

Seorang fotografer otodidak yang mengkhususkan diri dalam potret konseptual, Sarah Ann menciptakan visual yang "menyampaikan keheningan yang tenang dari emosi dengan koneksi ke alam sekitarnya". Lebih lanjut, hasil karyanya bisa dilihat di www.sarahannlorethphotography.com

Dipotret dengan Canon EOS 5D Mark II, EF35mm f/2, f/2.5, 1/30 sec, ISO 640

"Foto ini adalah tentang melepaskan kehidupan yang mungkin tidak lagi berfungsi bagi Anda sambil memberikan diri Anda ruang untuk harapan dan ketahanan dalam sebuah bab baru. Kadang-kadang satu-satunya cara untuk bergerak maju adalah melalui melepaskan masa lalu, terlepas dari betapa menyakitkan masa lalu itu.

Ketika foto ini diambil, saya sedang melalui periode yang sangat menegangkan dan keras dalam hidup saya. Oleh karena itu, foto ini mewakili perdamaian dalam membakar bab tersebut yang memberi ruang untuk ketahanan yang diperlukan untuk mengubah hidup saya ke jalan yang lebih ringan dan lebih cerah.

Foto ini adalah konsep yang ada dalam pikiran saya selama hampir satu tahun tetapi saya sedang mengalami kesulitan menemukan lokasi yang tepat. Pada musim gugur tahun 2014, pada akhir dari perjalanan/lokakarya Amerika Utara yang berlangsung selama empat bulan, kami berhenti di bagian utara New York. Ketika saya tiba, saya melihat lubang api dengan abu indah pada malam hari musim panas yang hangat di sekitar api. Saya segera melakukan pengaturan untuk akhirnya menciptakan phoenix saya. Saya bertanya pada seorang teman fotografer apakah dia keberatan menjadi model, saya meraih tangga untuk mendapatkan perspektif dari atas, dan langsung melakukannya! Ternyata fotonya persis dengan apa yang saya bayangkan dan proses terapi dari pembuatan membuat saya merasa lebih ringan dan siap untuk bergerak maju."

 

Tangkapan oleh David Talley

Sebagai seorang fotografer dan pendidik yang tinggal di Portland, Oregon, hasil karya David "ditandai dengan cerita yang terputus, tetapi berubah agar menjadi lebih baik". Saksikan hasil karyanya yang menakjubkan di www.davidtalley.io

Dipotret dengan Canon EOS 5D Mark II, 50mm f/1.4, f/1.8, 1/5000 sec, ISO 400

"Foto ini dibuat sebagai bagian dari proyek foto yang saya mulai tahun lalu, yang disebut 'Proyek Alfabet'. Setiap minggu berturut-turut dari proyek difokuskan pada huruf yang baru, dengan 'The Catch (Tangkapan)' yang menggunakan huruf B, seperti dalam 'Balloon (Balon)', yang merupakan inspirasi untuk fotonya. Dengan setiap minggu yang berlalu, saya memilih kata baru yang cocok dengan huruf dari alfabet, dan membentuk cerita di dalamnya.

'Catch (Tangkapan)' menyoroti apa makna berpegang pada impian Anda dan memungkinkannya mengangkat Anda setinggi langit. Salah satu keyakinan inti saya adalah Anda tidak akan pernah menemukan panggilan hidup Anda tanpa hanya memilih dan mencoba hal-hal. Begitu banyak di antara kita, termasuk saya sendiri, lebih suka menunggu panggilan hidup kita untuk menemukan sosok diri kita... tetapi kunci untuk mencari tahu gairah Anda dalam hidup tidak mungkin lebih dari yang sebaliknya. Gambar ini menunjukkan apa maknanya untuk memilih dan berpegang pada impian Anda, tidak peduli seberapa misterius impian tersebut yang mungkin terlihat, dan memungkinkan untuk membawa Anda setinggi langit."

 

Kebebasan oleh Florentina Amon

Bersiaplah untuk terpesona oleh potret diri Florentina dengan konsep mimpi dengan Alam Semesta sebagai inspirasi dan latar belakangnya. Saksikan foto-fotonya lebih lanjut di florentina-amon.wix.com/photo

Dipotret dengan Canon EOS 5D Mark III, EF50mm f/1,4 USM, 1/1600 sec, f/1.4, ISO 100

"Ketika saya memutuskan untuk mengambil foto ini, itu adalah periode dalam hidup saya ketika saya berada di bawah tekanan besar. Pada saat bersamaan - tumbuh dengan media sosial - saya terus-menerus dihadapkan dengan foto-foto orang yang hidup dalam kehidupan mereka yang terlihat sempurna, saya merasa seakan-akan saya melakukan sesuatu yang salah.

Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mengatasi emosi ini adalah menciptakan sebuah karya seni tentang bagaimana saya membayangkan 'kehidupan yang sempurna' yang bisa dirasakan.

Jika saya bisa menggambarkan foto saya dalam satu kata, kata tersebut adalah kebebasan. Saya merasa sangat lega setelah mengambil foto ini. Foto ini membuat saya merasa kewalahan dengan emosi dan sukacita karena semua kesedihan, pemikiran dan perjuangan saya tampak memudar hanya untuk saat ini."

 

 

Daftar dan dapatkan update terbaru tentang berita, kiat dan trik fotografi!

 

Profil penulis

Azmin Zainal

Azmin Zainal telah jatuh cinta pada kata-kata yang tertulis sejak ia bisa membaca dengan baik. Relatif baru untuk segala sesuatu yang berbau digital, yang menunjukkan kecintaan. Masih mencari makna hidup, apa pun itu. Pencinta kopi, percakapan yang baik, ayam goreng dan Roger Federer. Urutannya tidak harus selalu seperti itu.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.