Tips & Tutorials

Dunia Sejuk, Tenteram dengan Pantulan Air dan White Balance

Ingin menangkap suasana tenteram setelah hujan? Anda dapat menciptakan gambar sejuk tersebut hanya dengan memperhatikan pengaturan white balance dan memilih subjeknya. (Foto dan naskah oleh: Kazuo Nakahara)

EOS 5D Mark II/ EF24-70mm f/4L IS USM/ FL: 35mm/ f/4, 1/1,600 det/ ISO 1000/ WB Tungsten

Saya memfokuskan pada pemandangan di hadapan saya di depan genangan air pada kaki saya setelah hujan. Untuk menciptakan gambar yang sejuk dan tenteram, saya menetapkan White Balance (WB) ke Tungsten (Cahaya Neon) dan menyatukan simetri dalam gambar ke dalam komposisi.

 

LANGKAH 1:  Saya memilih genangan air sebagai subjek untuk membangkitkan kesan kesejukan

Hal yang penting dalam mengambil foto yang sejuk adalah memilih subjek yang dikaitkan dengan warna yang sejuk. Karena genangan air akan membangkitkan kesejukan gambar, maka gambar dapat dibuat lebih sejuk lagi jika Anda menetapkan WB untuk menghasilkan warna yang sejuk. Saya mengambil bidikan dekat permukaan air supaya pemandangan sesungguhnya dan pantulannya pada genangan air akan tampak simetris.

 

LANGKAH 2:  Tetapkan WB ke Tungsten untuk menegaskan nada sejuk

Untuk menambah warna sejuk, saya menetapkan WB ke Tungsten. Apabila membidik dengan Automatic WB (AWB), nada sejuk air tidak ditegaskan, sehingga mengemukakan kehangatan pada gambarnya. Karena cahaya matahari cenderung tampak lebih sejuk pada hari mendung, ingatlah bahwa warna akan mengompensasinya dan gambar tidak akan bernada sejuk jika Anda membidik dengan AWB.

 

SARAN:  Fokus pada bangunan apabila memotret gambar bayangan cermin

Fokus pada subjek aktual alih-alih pantulannya ketika memotret gambar bayangan cermin, karena jarak nyata pada bangunan dan pantulannya dalam genangan air, sama jauhnya dari kamera. Jika Anda fokus pada subjek aktual, pantulannya pun akan terfokuskan.

Fokus ke infinity (tak terhingga) jika objek pantulan berada di latar belakang.

 

 

Kazuo Nakahara

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.