Produk

EF24-105mm f/4L IS II USM: Desain Optik Lensa Zoom Standar yang Dirombak

Lensa zoom standar EF24-105mm f/4L IS II USM telah diluncurkan bulan Agustus 2016 bersama dengan EOS 5D Mark IV. Kompatibel dengan digital kamera resolusi tinggi, kamera ini bangga akan kemampuan penggambarannya yang sudah menjalani perombakan. Kita lihat bagaimana performanya dalam artikel ini. (Dilaporkan oleh: Toshiki Nakanishi)

EOS 5D Mark IV/ FL: 24mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/60 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Daylight

 

4 fitur EF24-105mm f/4L IS II USM

- Perombakan desain optik mencakup 4 elemen lensa asferis GMo (glass-moulded), mengurangi vinyeting secara nyata dan juga menekan distorsi.

- Menyatukan ASC (Air Sphere Coating), yang meminimalkan flaring (efek seperti kabut atau asap) and ghosting (semacam bentuk bayangan yang teramati secara jelas). Lapisan fluorin membuat lensa tahan terhadap kotoran.

- Sistem Image Stabilization (IS) sudah lebih baik, dari stop kecepatan rana sekitar 2,5 ke 4 stop kecepatan rana.

- Jumlah bilah aperture meningkat dari 8 ke 10, yang memungkinkan efek bokeh indah tercipta.

 

Untuk mencermati pertama kali mengenai lensa dan fiturnya, baca:
Canon Meluncurkan Lensa Zoom Standar EF24-105mm f/4L IS II USM yang Sangat Dinantikan

EOS 5D Mark IV/ FL: 105mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/100 det., EV-1,3)/ ISO 200/ WB: Daylight

 

Lensa dapat menangkap pemandangan yang dulu tampaknya tidak mungkin, apabila disandingkan dengan kecepatan ISO tinggi EOS 5D Mark IV yang istimewa

EF24-105mm f/4L IS USM original benar-benar telah menjadi lensa zoom standar bagi para pengguna kamera EOS full-frame Canon, karena kamera ini bisa digunakan untuk beragam luas rentang bidikan dari pemandangan sudut lebar hingga telefoto dengan aperture f/4. Namun demikian, karena kamera digital baru yang dirilis tiap tahun dilengkapi dengan resolusi gambar yang semakin tinggi, pasti siapa pun merasakan bahwa dari segi performa penggambaran, pembaruan pada lensa memang sudah selayaknya.

Saya sungguh gembira ketika mengetahui bahwa perombakan lensa ini bertepatan dengan penampilan perdana EOS 5D Mark IV. Tatkala performa kamera meningkat, performa yang lebih baik pun diperlukan dari lensa yang memandu cahaya ke kamera. Foto yang hebat dimulai dengan cahaya yang kualitasnya bagus mengenai sensornya.

Dalam aspek itu, EF24-105mm f/4L IS II USM, secara mengesankan memenuhi tingkat performanya bagi kami, para penggunanya. Setelah menggunakan sendiri lensa ini, bidikan foto pada kisaran ujung sudut lebar dan telefoto, lensa ini memang memiliki kualitas gambar yang mengagumkan di bagian tengah dan di sekitar pinggiran, serta menggambarkan pemandangan dengan cahaya latar yang terlihat cukup bagus. Stabilisasi gambar pun sudah jauh lebih baik hingga ke sekitar 4 stop kecepatan rana. Jika menggunakan lensa ini bersama dengan kecepatan ISO tinggi EOS 5D Mark IV yang istimewa, Anda mungkin mendapatkan bahwa lebih mudah untuk mendapatkan berbagai bidikan itu, yang dulu Anda kira tidak memungkinkan.

*Ulasan ini dilakukan dengan menggunakan purwarupa kamera yang penampilan luarnya dan kualitas gambarnya mungkin berbeda dari produk yang sesungguhnya.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

EF24-105mm f/4L IS II USM

Konstruksi lensa: 17 lensa dalam 12 grup
Jumlah aperture blade: 10
Aperture minimum: f/22
Jarak pemfokusan terdekat: 0,45m
Pembesaran Maksimum: 0,24x
Diameter filter: φ77mm
Ukuran: kira-kira φ83,5 × 118mm
Bobot: kira-kira 795g
Efek stabilisasi gambar: kira-kira 4 stop kecepatan rana (Berdasarkan standar CIPA)

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Toshiki Nakanishi

 

Lahir pada tahun 1971 di Osaka. Setelah mempelajari fotografi secara otodidak, Nakanishi memindahkan basis kegiatan fotografinya ke kota Biei yang terletak di Kamikawa-gun, Hokkaido. Selain menangkap lanskap yang fokus pada cahaya, ia juga menghasilkan berbagai karya yang menonjolkan keindahan kiasan alam. Ia juga adalah Pimpinan PHOTO OFFICE atelier nipek.

http://www.nipek.net/

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.