Produk

EOS 5D Mark IV Wawancara dengan Pengembang (Bagian 1): Konsep & Perbaikan Pengembangan Bodi Kamera

Peluncuran EOS 5D Mark IV baru, pembaruan model untuk pertama kali selama penantian empat tahun, telah menarik begitu banyak perhatian belakangan ini. Kamera yang dikembangkan dengan tujuan memperluas lingkup ekspresi fotografis dalam masing-masing genre fotografi. Berikut ini adalah wawancara dengan para pengembangnya mengenai konsep dan desain bodi kamera. (Pewawancara: Ryosuke Takahashi, Foto Group: Takehiro Kato)

 

(Baris belakang, dari kiri)
Kazuki Haraguchi, Megumi Inazumi, Keisuke Kudo, Yasuyuki Watazawa, Takashi Kon, Kiyoshi Tachibana, Yutaka Kojima, Hiroaki Nashizawa

 

Sistem kontrol getaran cermin dirombak untuk mencapai kecepatan pemotretan beruntun hingga kira-kira 7 fps

- Apakah tagline (semboyan) untuk EOS 5D Mark IV baru?

Tachibana: Semboyan global kami yaitu "Kamera serba bisa". Meskipun cara pendekatan di sejumlah wilayah bisa sedikit bervariasi dalam menyampaikan semboyannya, namun pada dasarnya, dimaksudkan untuk mengemukakan pesan, bahwa EOS 5D Mark IV dapat digunakan di semua genre, yang berkisar dari lanskap hingga olahraga.

- Bagaimana sampai Anda memutuskan jumlah piksel pada kamera ini (misalnya, kira-kira 30,4 megapiksel)?

Tachibana: Kami mempertimbangkan keseimbangan sejumlah faktor, seperti performa pemotretan beruntun kecepatan tinggi dan kecepatan ISO, sebelum memutuskan jumlah piksel terbaik untuk kamera ini, yaitu kira-kira 30,4 megapiksel. Seri EOS 5D menargetkan pengguna yang mengutamakan kualitas gambar. Sebagai anggota tim pengembangan, kami mempertimbangkan beragam faktor yang menentukan kualitas gambar, lalu memutuskan bahwa kami ingin agar para penggunanya merasakan kemajuan dalam resolusi jika dibandingkan dengan EOS 5D Mark III. Berdasarkan ini, kami secara khusus memfokuskan pada kualitas gambar dari segi jumlah piksel di antara sekian banyak fitur yang sudah disempurnakan pada "kamera serba bisa" ini.

 

EOS 5D Mark IV/ EF11-24mm f/4L USM/ FL: 11mm/ Aperture-priority AE (f/8.0, 1/320 det., EV-0,7)/ WB: Daylight

 

- Apakah memang ada rencana untuk memperkenalkan fitur low-pass filter cancellation (pembatalan filter tapis lulus bawah) yang mirip dengan yang ada pada EOS 5DS R?

Nashizawa: Di samping EOS 5DS R, yang dilengkapi fitur low-pass filter cancellation, kami juga merilis EOS 5DS pada waktu yang bersamaan, yang dilengkapi dengan low-pass filter yang biasa. Canon terus mempertahankan pendiriannya, bahwa low-pass filter memang tidak tergantikan, dan kami yakin bahwa EOS 5DS R tidak akan terwujudkan tanpa kehadiran EOS 5DS. Sewaktu kami mengembangkan EOS 5D Mark IV, kami melakukan simulasi kualitas gambar apabila efek low-pass filter dibatalkan. Kami juga secara cermat mempertimbangkan penurunan kualitas gambar akibat warna semu dan moiré sebelum pada akhirnya kami memutuskan untuk mempertahankan low-pass filter ini.

- Dapatkah Anda menceritakan lebih lanjut kepada kami mengenai latar belakang teknis yang memungkinkan untuk mencapai kecepatan pemotretan beruntun maksimum, kira-kira 7 fps?

Kojima: Dari sudut pandang mekanis, faktor kontribusi utama yaitu perombakan sistem kontrol getaran cermin. Meskipun EOS 5DS dan EOS 5DS R, keduanya memanfaatkan sistem serupa, namun kami telah membuat penyempurnaan lebih jauh pada EOS 5D Mark IV. Khususnya, kami merombak mekanisme untuk menghentikan getaran cermin selama jangka waktu yang singkat, dan hal ini memungkinkan kami meningkatkan frame rate (laju bingkai).

 

 

- Apa komponen penting yang memungkinkan kontrol cermin?

Kojima: Komponen utama mencakup penggunaan motor torsi tinggi dan mekanisme tuas baru. Mekanisme untuk memutar-balikkan cermin ke atas dan ke bawah menggunakan motor dan roda gigi, mirip dengan yang diadopsi pada EOS 5DS dan EOS 5DS R. Namun demikian, EOS 5D Mark IV berbeda, karena motor torsi tinggi digunakan untuk meningkatkan akurasi kontrol dorongan dan kecepatan, berdasarkan pada pilihan kecepatan manakah yang dikurangi secara signifikan untuk meminimalkan getaran. Sementara itu, mekanisme tuas yang baru dikembangkan, secara efektif menekan ikatan cermin, sehingga secara nyata mempersingkat waktu yang dibutuhkan sampai getaran berhenti.

 

Desain bodi kamera yang sarat daya

- Dari segi desain, apakah karakteristik EOS 5D Mark IV?

Inazumi: EOS 5D bagaikan ikon merek Canon, dan menduduki tempat yang penting dalam seri EOS. Di samping mewarisi "penampilan megah" yang menjadi ciri sejumlah model terdahulu dari seri EOS 5D, desain EOS 5D Mark IV juga merupakan salah satu model yang menyiratkan kehebatannya. Pertama-tama, keseluruhan siluet kamera tampak sangat berbeda. Secara lebih spesifik yaitu, bagian ujung depan empat tombol penutup atas, melandai secara tajam ke bawah. Dengan melakukan ini akan menambah kesan keleluasaan apabila kamera dilihat dari atas, sekaligus memberikan kesan berani apabila dilihat dari depan. Kami juga mencoba menyampaikan kesan keperkasaan melalui kontras antara permukaan yang terlihat tegar, yang menonjolkan kekuatan dalam kamera, dan ujung tajam nan halus. Lebih jauh lagi, kami juga membuat perubahan pada desain di bagian atas pegangan untuk menambah ketebalan di sekeliling tombol rana, sehingga menambah kesan intensitas yang lebih kuat pada seluruh bodi untuk menyampaikan kehebatan kamera ini.

 

 

- Jadi, Anda tidak hanya mempertebal pegangannya.

Inazumi: Tidak, kami tidak mempertebal seluruh pegangan. Kami mencoba untuk tidak mempertaruhkan kenyamanan pegangan, bahkan saat kami mengoptimalkan desain, memperbarui penampilan kamera dan menyempurnakan ketangguhannya. Pentaprisma EOS 5D Mark IV dilengkapi dengan modul GPS dan Wi-Fi built-in, jadi kami menerapkan penutup atas magnesium, tetapi mengubah materi sekitar sensor untuk memberikan resin guna mencegah gangguan sinyal. Kami bekerja sama dengan divisi desain untuk menyetel garis-garis halus yang menghubungkan kedua materi yang berbeda serta bagian yang berlainan demi memperoleh desain yang mulus. Karena pemancar sinyal terbuat dari resin, kami tidak dapat menggunakan cat yang sama seperti yang digunakan untuk bagian logam. Tantangan yang cukup tangguh untuk mempertahankan kesan keterpaduan, sekaligus menggunakan jenis cat berbeda yang dapat mengimbangi tekstur penutup atas magnesium.

 

 

Perubahan desain pada EOS 5D Mark IV

Depan

Terminal untuk melepaskan kabel (A), sekarang dipindahkan ke bagian depan EOS 5D Mark IV, dan karena itulah mengapa tim mengubah desain pelat logo (B). Selain itu, meskipun tidak langsung bisa terlihat, cincin kedap debu dan air built-in ditambahkan ke lingkaran dudukan lensa.

Belakang

Meskipun tidak ada perubahan yang dilakukan pada posisi tombol utama, namun, tombol pemilihan area AF baru (D) sudah ditambahkan. Perubahan kecil lainnya termasuk posisi indeks untuk sakelar pemotretan Live View/pembuatan Film (E), desain Quick Control Dial (F) dan posisi sensor cahaya (G).

 

- Kamera ini 60g lebih ringan meskipun menyertakan sejumlah komponen, seperti modul GPS dan Wi-Fi. Bagaimana Anda bisa mencapai ini?

Kojima: Kami bersyukur memiliki staf yang gigh dalam tim desain mekanis yang bertanggung jawab untuk mengurangi bobot kamera ini (sambil tertawa). Tim desain mekanis pun sudah mementingkan tentang kebutuhan memperoleh bobot yang lebih ringan dan sekaligus menyempurnakan spesifikasinya. Dengan peningkatan dalam jumlah komponen listrik untuk GPS dan Wi-Fi, misalnya, kami telah mengubah materinya, dari baja tahan karat ke aluminium untuk meningkatkan penghilangan panas. Pada saat yang sama, kami juga mencoba mempertahankan ketangguhan bodi kamera, yang merupakan pertimbangan penting, misalnya, dengan mengganti sebagian komponen resin dengan komponen logam. Upaya penyesuaian halus inilah yang memungkinkan kami membuat EOS 5D Mark IV berbobot 60g lebih ringan dari EOS 5D Mark III.

 

- Ceritakan lebih lanjut kepada kami mengenai bidang apa saja yang Anda utamakan kepentingannya untuk menjamin kedap debu dan air.

Kojima: Kami telah menyempurnakan ketahanan terhadap air pada sambungan luar bodi kamera. Kami telah menggunakan materi kedap air, bahkan untuk komponen yang kami rujuk sebagai "sambungan presisi tinggi", atau dengan kata lain, komponen luar yang terhubung secara mulus tanpa mengosongkan ruang apa pun. Kekedapan udara penutup wadah baterai juga sudah diperbaiki. Di waktu lalu, materi penyekatan, seperti spons ditempelkan ke tutup baterai, yang akan dijepit dan diubah bentuknya untuk mencapai kekedapan udara apabila wadah baterai ditutup. Namun demikian, pada sebagian kasus, metode ini dapat mencegah tutup baterai masuk ke dalam tempatnya, dan baterai akan menyembul keluar sewaktu digunakan, tergantung pada cara kamera ditangani. Anggota tim desain kami mengatasi masalah ini dengan mencurahkan perhatian ke hal-hal yang kecil, termasuk perbedaan kecil sudut komponen penguncian, serta daya tolak materi penyekatan. Selain itu, tutup terminal sekarang dibagi ke dalam empat bagian terpisah agar daya kedap debu dan air menjadi lebih baik.

 

Perubahan desain pada EOS 5D Mark IV

Atas


Di samping membuat perubahan pada desain di bagian atas pegangan (H), cara pencetakan huruf pada Mode Dial (I) juga sudah diubah. Desain di sekitar tombol rana juga sudah direvisi agar terkesan lebih canggih (J).

Samping


Penutup terminal sekarang dibagi ke dalam empat bagian (K) agar daya kedap debu dan air menjadi lebih baik. Selain itu, juga digunakan komponen terpisah untuk penutup pentaprisma (L), sedangkan garis tepi yang menghubungkan pentaprisma dan penutup atas, juga diubah agar seluruh bodi kamera tampak lebih bulat.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

Ryosuke Takahashi

 

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.