Tips & Tutorials

EOS M10 Pelajaran 1: Mengontrol kecerahan dan keburaman latar belakang untuk memperjelas subjek Anda

Penawaran kamera mirrorless (nircermin) paling mutakhir dari Canon, EOS M10 dengan desainnya yang ringan dan keren, popularitasnya telah meningkat berkat penggunaannya yang mudah, bahkan bagi mereka yang belum mahir menggunakan kamera! Ikuti saya saat saya menjelaskan lebih lanjut dalam panduan bagi pemula ini untuk menggunakan fungsi Creative Assist built-in pada EOS M10. (Foto oleh: Yuji Ogura, Diedit oleh: Etica)

Dalam Pelajaran 1, saya akan berbagi 2 saran yang akan membantu Anda mengambil foto yang mengesankan – cara mengontrol kecerahan dan kadar keburaman latarbelakang foto. Fungsi Creative Assist memberikan opsi yang mudah dipahami untuk berbagai efek polesan akhir, memungkinkan Anda mengoperasikan bidikan secara mudah. Secara terampil meningkatkan kelihaian Anda mengambil foto subjek yang akan Anda sukai.

 

Menyesuaikan kecerahan gambar untuk mengubah penampilan foto Anda

Bergantung pada subjek atau situasinya, kecerahan foto mungkin tampak berbeda dari yang Anda maksudkan. Jika ini terjadi, cobalah menggunakan fungsi Creative Assist untuk menyesuaikan kecerahan gambar. Dengan demikian, Anda dapat asyik mengubah penampilan foto Anda.

 Di sini, saya akan menunjukkan perbedaan dalam efek yang menggunakan foto subjek yang sama. Saya menangkap beberapa objek yang diletakkan dekat jendela, dan menciptakan polesan akhir yang cerah, yang membuat foto terlihat segar dengan suasana yang lembut. Apabila saya menciptakan polesan akhir yang gelap, foto memberikan kesan sendu dan tenteram.

 

Bidikan yang lebih cerah

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/Creative Assist/ Brightness +2

 

Bidikan yang lebih gelap

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/Creative Assist/ Brightness -2

 

Fungsi Creative Assist: Cara menyesuaikan kecerahan gambar

(1) Pilih "Creative Assist".

 

(2) Pilih ikon “Brightness”.

 

(3) Gerakkan slider untuk menyesuaikan kecerahan preferensi Anda. Menyesuaikan ke arah sisi "+" membuat foto Anda lebih cerah, sedangkan menyesuaikan ke sisi "-" membuatnya lebih gelap.

 

Mengubah penampilan foto Anda dengan menyesuaikan keburaman latar belakang

Menciptakan bokeh dengan menyesuaikan kadar keburaman latar belakang, lebih menegaskan tampilan subjek utama dan melembutkan penampilan foto. Sebaliknya, apabila Anda menempatkan seluruh pemandangan dalam fokus, seluruh foto tampak tajam. Untuk mendapatkan gambar yang diinginkan, cobalah menggunakan fungsi Creative Assist untuk menyesuaikan keburaman. 

Cermati sejumlah contoh di bawah ini untuk melihat perbedaan efek untuk subjek yang sama. Polesan akhir yang diburamkan membuat bunga terlihat lebih lembut, sedangkan polesan akhir yang tajam, tidak membuat bunganya saja yang terlihat tajam, tapi seluruh fotonya.

Bidikan yang diburamkan

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/Creative Assist/ Background +2

 

Bidikan tajam

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/Creative Assist/ Background +4

 

Fungsi Creative Assist: Cara mengontrol keburaman latar belakang (bokeh)

(1) Pilih "Creative Assist".

 

(2) Pilih ikon untuk "Background".

 

(3) Gerakkan slider untuk menyesuaikan tingkat keburaman latar belakang preferensi Anda. Semakin tinggi nilainya, semakin besar tingkat keburaman dalam foto, dan semakin rendah nilainya, semakin tajam foto akan terlihat.

 

 

Apabila mengontrol kecerahan dan keburaman latar belakang, Anda dapat mengambil foto-foto seperti ini!

Mempercerah foto untuk menangkap dedaunan kale yang indah, yang dibuat transparan dengan cahaya.

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Brightness +3
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Outdoor (sunny), Status cahaya (kekuatan, arah): Cahaya lembut / cahaya latar

 

Mempergelap foto untuk memberikan sentuhan sendu pada bunga camellia dan penampilan yang sahdu.

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Brightness -5
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Outdoor (cloudy) Status cahaya (kekuatan, arah): Cahaya lembut / cahaya miring dari kanan

 

Tingkatkan keburaman latar belakang untuk menonjolkan warna merah cerah, dan buah beri nandina yang masak.

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Background +2
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Outdoor (cloudy) Status cahaya (kekuatan, arah): Cahaya lembut / cahaya langsung

 

Kurangi keburaman untuk secara tajam menangkap ujung jalur deretan Torii di kuil pemujaan.

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Background +4
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Outdoor (cloudy) Status cahaya (kekuatan, arah): Cahaya lembut / cahaya miring dari kanan

 

SARAN: Cobalah mengubah rasio aspek foto!

Anda dapat menyesuaikan rasio lebar terhadap tinggi foto dengan mengubah rasio aspek. Seperti ditunjukkan di bawah ini, penampilan foto berubah dengan setiap rasio aspek (3:2, 4:3, 1:1, dan 16:9), jadi, lakukanlah eksperimen dengan rasio aspek.

 

1:1: Segiempat Populer di media sosial, seperti Instagram.

 

16:9: Rasio optimal untuk penayangan di TV. Sisi yang lebih panjang, memang lebih panjang daripada sisi yang lebih pendek.

 

3:2: Rasio yang sama seperti digunakan untuk film 35mm. Rasio aspek digunakan untuk foto standar.

 

4:3: Secara umum digunakan untuk kamera digital saku. Rasio aspek lebih mendekati 1:1 daripada 3:2, dan mudah digunakan apabila menyusun foto, bahkan bagi para pemula.

 


EOS M10 Kit (EF-M15-45mm)

 

Kamera nircermin yang sempurna bagi para pemula, karena dapat digunakan secara bebas dan mudah, seperti smartphone. Fungsi Creative Assist memberikan opsi yang mudah dipahami untuk efek polesan akhir, sehingga pengguna dapat memahami tentang berbagai efek tanpa harus mengetahui istilah khusus teknis apa pun. Bodi dan lensa ringkas serta ringan, yang sungguh menyenangkan untuk menggunakannya, dan dapat ditenteng ke mana-mana.

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


 

 

Yuji Ogura

Karya fotografi Ogura sangat luas, dari karya fotografis pemotretan hingga pengembangan dan pencetakan film. Ia adalah salah satu pendidik di “Camera Biyori Photography School”. Ia memulai kariernya sebagai engineer di laboratorium film, kemudian mendirikan lab “mogu camera” miliknya sendiri. Ia juga menjalankan studio potret “mogu sun”.

 

Etica

Mengedit majalah kamera Jepang “Camera Biyori” dan sejumlah buku lainnya, serta mengatur berbagai acara. Juga menjalankan sekolah fotografi, “Tanoshii Camera School”
(@tanoshiicamera).

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.