Tips & Tutorials

EOS M10 Pelajaran 2: Mengontrol kontras dan saturasi untuk menyempurnakan subjek Anda

EOS M10, kamera tanpa cermin yang terbaru dari Canon, merupakan model sempurna bagi para pemula! Dalam artikel ini, mari kita cermati, bagaimana mode Creative Assist membantu Anda mencapai foto ideal semudah menghitung 1-2-3. (Foto oleh: Yuji Ogura, Diedit oleh: Etica)

Dalam Pelajaran 2, saya akan bicara tentang pengaturan Kontras dan Saturasi, yang merupakan faktor penentu untuk mengubah penampilan akhir foto Anda. Mode Creative Assist EOS M10 adalah fitur praktis yang memberikan opsi yang mudah dipahami tanpa membanjiri Anda dengan berbagai istilah fotografi, dan memungkinkan Anda mengontrol kontras serta saturasi dengan mudah. Setelah Anda menguasai pengaturan Contrast (Kontras) dan Saturation (Saturasi), selain pengaturan “Brightness” (Kecerahan) dan “Background” (Latar Belakang), yang sudah saya bicarakan dalam Pelajaran 1, Anda akan mampu menciptakan polesan akhir yang lebih baik dan sesuai dengan preferensi Anda.

 

Sesuaikan kontras untuk mengubah penampilan foto Anda

"Contrast" (Kontras) merujuk ke perbedaan antara terang dan gelap.

Apabila Anda menetapkan kontras yang lebih tinggi dalam mode Creative Assist, area yang cerah akan tampak lebih cerah, sedangkan area yang gelap akan menjadi lebih gelap, sehingga foto Anda "menonjol" dan terlihat lebih tajam. Apabila Anda menetapkan kontras yang lebih rendah, maka, perbedaan antara area terang dan gelap menjadi berkurang, sehingga membuat foto Anda terlihat kurang tajam dalam aspek itu. 

Cermati perbedaan efek untuk subjek yang sama. Pada gambar di bawah, kontras yang lebih tinggi membuat sang wanita tampak lebih dingin. Menuntaskan foto dengan kontras yang lebih rendah membuat foto terlihat agak "lebih lembut" dan sang wanita tampak lebih ramah.

Mengambil foto dengan kontras tinggi

EOS M10/ EF-M15-45mm f/.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Contrast +2

 

Mengambil foto dengan kontras rendah

EOS M10/ EF-M15-45mm f/.3,5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Contrast -2

 

Fungsi Creative Assist: Cara menyesuaikan kontras

(1) Pilih "Creative Assist".

 

(2) Pilih ikon “Contrast”.

 

(3) Gerakkan slider untuk menyesuaikan pengaturan kontras preferensi Anda. Menyesuaikan ke arah sisi "+" membuat foto Anda terlihat lebih tajam, sedangkan menyesuaikan ke sisi "-" membuatnya terlihat lebih lembut.

 

Sesuaikan saturasi untuk mengubah penampilan foto Anda

"Saturation" (Saturasi) merujuk ke intensitas warna. Apabila Anda ingin membuat warna objek, seperti tumbuhan, aneka barang dan bangunan lebih intens, tetapkan intensitas ke "Vivid", atau jika Anda ingin menciptakan kesan yang lebih tenang, tetapkan intensitas ke "Neutral" (Netral). 

Di sini, saya akan menunjukkan perbedaan dalam efek yang menggunakan foto subjek yang sama. Apabila Anda menuntaskan foto dengan warna yang lebih pekat, warna akan tampak lebih jelas secara keseluruhan. Sebaliknya, apabila Anda menuntaskan foto dengan warna yang lebih netral, warna akan tampak lebih pudar secara keseluruhan.

Mengambil foto yang lebih jelas

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Intensity +4

 

Mengambil foto yang lebih netral

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Intensity -4

 

Fungsi Creative Assist: Cara menyesuaikan saturasi

(1) Pilih "Creative Assist".

 

(2) Pilih ikon “Saturation”.

 

(3) Gerakkan slider untuk menyesuaikan pengaturan saturasi preferensi Anda. Menyesuaikan ke arah sisi "+" membuat foto Anda lebih jelas, sedangkan menyesuaikan ke sisi "-" membuatnya lebih gelap.

 

Apabila mengontrol kontras dan saturasi, Anda dapat mengambil foto-foto seperti ini!

Tetapkan kontras lebih tinggi untuk menciptakan foto yang sejuk dengan menggunakan cahaya dan bayangan

EOS M10/ EF-M15-45mm f/.3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Contrast +3
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Outdoor (sunny), Status cahaya (kekuatan, arah): Cahaya benderang / cahaya langsung

 

Tetapkan kontras lebih rendah untuk menciptakan kesan yang lembut pada pagar dengan bentuknya yang cantik.

EOS M10/ EF-M15-45mm f/.3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Contrast -4
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Outdoor (sunny), Status cahaya (kekuatan, arah): Cahaya lembut / seberkas cahaya latar

 

Meningkatkan intensitas akan menambah warna kemerahan pada ember pemadam api.

EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Intensity +2
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Outdoor (sunny), Status cahaya (kekuatan, arah): Cahaya lembut / cahaya langsung

 

Mengurangi intensitas membangkitkan kesan nostalgia
EOS M10/ EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM/ Creative Assist/ Intensity -2
[Shooting Conditions] Lokasi pemotretan (cuaca): Outdoor (cloudy) Status cahaya (kekuatan, arah): Cahaya lembut / seberkas cahaya latar

 


EOS M10 Kit (EF-M15-45mm)

 

Kamera nircermin yang sempurna bagi para pemula, karena dapat digunakan secara bebas dan mudah, seperti smartphone. Fungsi Creative Assist memberikan opsi yang mudah dipahami untuk efek polesan akhir, sehingga pengguna dapat memahami tentang berbagai efek tanpa harus mengetahui istilah khusus teknis apa pun. Bodi dan lensa ringkas serta ringan, yang sungguh menyenangkan untuk menggunakannya, dan dapat ditenteng ke mana-mana.

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


 

 

Yuji Ogura

Karya fotografi Ogura sangat luas, dari karya fotografis pemotretan hingga pengembangan dan pencetakan film. Ia adalah salah satu pendidik di “Camera Biyori Photography School”. Ia memulai kariernya sebagai engineer di laboratorium film, kemudian mendirikan lab “mogu camera” miliknya sendiri. Ia juga menjalankan studio potret “mogu sun”.

 

Etica

Mengedit majalah kamera Jepang “Camera Biyori” dan sejumlah buku lainnya, serta mengatur berbagai acara. Juga menjalankan sekolah fotografi, “Tanoshii Camera School”
(@tanoshiicamera).

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.