Tips & Tutorials

Menjelajahi Lensa Sudut Lebar Bagian 2: Teknik Komposisi untuk Lensa Sudut Lebar

Meskipun lensa sudut lebar mampu menangkap kisaran yang lebih lebar daripada lensa standar, namun lensa ini memiliki karakteristik yang agak unik, menampakkan perspektif berlebihan akibat efek khusus titik pertemuan. Dalam Bagian 1, saya telah menjelaskan efek fotografis yang berbeda dari lensa sudut lebar. Dalam Bagian 2 ini, saya akan membantu Anda untuk lebih menguasai karakteristik lensa sudut lebar dengan menunjukkan berbagai foto yang diambil pada sudut lebar. (Diedit oleh studio9)

 

Berasyik-ria dengan perspektif yang sangat berlebihan

Untuk menikmati karakteristik lensa sudut lebar hingga sepenuhnya, cobalah mendekati subjek Anda dari arah diagonal. Dengan menyusun subjek sedemikian rupa sehingga subjek seakan menonjol ke dalam bingkai saat Anda mendekatinya, foto tampak seakan-akan berasal dari tepi gambar, menciptakan perspektif yang sangat berlebihan.

EOS 5D Mark III/ EF16-35mm f/2.8L USM/ f/16/ 20det/ ISO 800
Bentangan malam sebuah pabrik di kota Kawasaki.  Dengan lensa sudut lebar milik saya (FL: 23mm), saya langsung mendekati pagar, yang biasanya merupakan rintangan yang mengesalkan. Jarak antara lensa saya dan pagar nyaris nol dalam foto ini. Apabila berada sedekat ini, intensitas perspektif yang berlebihan dari pagar memiliki dampak yang dahsyat, yang bahkan terlalu dahsyat bagi pemirsanya. Sebaliknya, pabrik di kejauhan, dekat bagian tengah gambar, tidak membangkitkan perasaan sekuat perspektif yang berlebihan tersebut.

EOS 5D Mark III/ EF16-35mm f/2.8L USM/ f/2.8, 1/15det/ ISO 1600
Saya mengambil bidikan sepiring tiram di oyster bar (FL: 16mm). Di sini, saya juga sangat dekat sampai lensa saya hampir menyentuh cangkang tiram di latar depan. Perspektif berlebihan terentang ke seluruh piring dari latar depan hingga ke latar belakang.

 

Keluasan yang disampaikan dengan perspektif yang berlebihan

Menciptakan perspektif yang berlebihan dengan lensa sudut lebar membangkitkan rasa keluasan dalam foto Anda. Apabila Anda menggunakan lensa sudut lebar dalam pemandangan tanaman yang tumbuh secara lebat, misalnya ketika mengambil foto bunga, maka, foto yang dihasilkan akan membangkitkan rasa keluasan yang lebih besar daripada yang dapat Anda lihat dengan mata Anda sendiri.

EOS 5D Mark II/ EF24-105mm f/4L USM/ f/5.6/ 1/1250det/ ISO 200
Dalam contoh ini, foto seakan memberikan kesan bahwa foto ini diambil pada seluruh padang bunga, namun sesungguhnya hanya serumpun tumbuhan kecil dengan kedalaman sekitar 30 hingga 40cm di dalam taman. Saya mengambil bidikan ini sangat dekat ke bunga dengan panjang fokus 24mm.

Berikutnya, saya juga mengambil bidikan close-up bunga ini dengan menggunakan lensa sudut lebar (FL: 16mm). Perspektif sepenuhnya dilebih-lebihkan, dari latar depan ke arah latar belakang, memberikan kesan kebun bunga yang sangat luas.

EOS 5D Mark III/ EF16-35mm f/2.8L USM/ f/13/ 1/80det/ ISO 640
Secara kebetulan, gambar di bawah dari lokasi yang sama dilihat dari jarak lebih jauh di belakang.

Sesungguhnya, saya mengambil bidikan ini dengan menggunakan panjang fokus yang sama, 16mm sambil berdiri. Namun demikian, foto ini terlihat sama sekali berbeda. Sementara foto ini menunjukkan penampilan taman secara keseluruhan, namun tidak jelas, apa yang menjadi subjek bidikannya.

EOS 5D Mark III/ EF16-35mm f/2.8L USM/ f/5.0/ 1/100sec/ ISO 100
Saya menggunakan lensa yang sama untuk kedua foto ini. Satu-satunya perbedaan yaitu, kedekatan jarak saat saya mengambil foto-foto ini.

Bunga cherry yang bermekaran, yang terkenal di Jepang, akan mekar sepenuhnya sekitar bulan April, yang merupakan waktu yang tepat untuk memotret bunga-bunga ini secara close-up dengan lensa sudut lebar (FL: 24mm). Anda akan mampu mengambil foto yang penuh dengan bunga cherry yang bermekaran.

EOS 5D Mark II/ EF24-105mm f/4L USM/ f/5.6/ 1/5000det/ ISO 400

 

Menangkap langit yang luas

Apabila Anda mengambil langit berawan dengan menggunakan lensa sudut lebar, langit akan tampak besar dan luas. Ini karena perspektif berlebihan yang disebabkan oleh bentangan ke bawah yang terjadi dari tepi atas gambar. Pada hari cerah, perspektif berlebihan tidak tampak begitu nyata akibat kurangnya kontras di langit, sedangkan, perspektif ini akan lebih nyata apabila ada awan yang serba indah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menempatkan langit secara aktif dalam pandangan apabila menyusun bidikan Anda.

EOS 5D Mark III/ EF16-35mm f/2.8L USM/ f/9.0/ 1/60det/ ISO 500
Ini adalah bidikan di area Minato Mirai di Yokohama, yang diambil dari kapal pada senja hari (FL: 24mm).
Jika awan terlihat menawan, cobalah mengambil langit sebanyak mungkin dengan menggunakan sudut lebar. Anda tidak perlu cemas tentang penempatan kaki langit pada garis yang membagi sepertiga bagian foto yang lebih bawah dari dua pertiga bagian atas.

 

5D Mark III/ EF16-35mm f/2.8L USM/ f/10/ 1/100sec/ ISO 250
Lanskap di New Meksiko, Amerika Serikat (FL: 16mm). Langit yang sangat luas terabadikan.

 

Cobalah menggunakan posisi pemotretan yang rendah

Akan menarik untuk menggunakan posisi pemotretan dengan lensa sudut lebar yang menciptakan perspektif yang sangat berlebihan dari subjek di latar depan. Mengambil bidikan dari posisi rendah berarti bahwa Anda secara tidak terhindarkan harus dekat ke permukaan tanah, dan karenanya bisa berasyik-ria dengan keluasan permukaannya.

EOS 5D Mark II/ EF24-105mm f/4L USM/ f/8.0/ 1/250det/ ISO 200
Secara kebetulan, sudut pemotretan rendah dan posisi pemotretan rendah adalah dua hal yang sangat berbeda. Sudut rendah merujuk ke bidikan yang diambil pada sudut sambil melihat ke atas (berlawanan dari sudut tinggi), sedangkan posisi rendah hanya merujuk ke kamera yang berada pada posisi yang lebih rendah dari garis pandang mata.
Pada foto di atas, kamera tidak hanya berada di posisi rendah, tetapi juga mengarah ke bawah ke permukaan tanah, membuatnya sebagai bidikan posisi rendah, sudut tinggi.

 

EOS 5D Mark III/ EF16-35mm f/2.8L USM/ f/4.0/ 1/40det/ ISO 800
Saya mengambil bidikan ini dengan kamera yang diletakkan di permukaan tanah (FL: 16mm). Ini menghasilkan penampilan lantai yang luas.

Namun demikian, apabila memotret pada posisi rendah, perhatikan secara cermat sekeliling Anda sebelumnya supaya maksud Anda tidak disalah-artikan. Khususnya untuk posisi rendah, pemotretan sudut rendah di sekeliling kota, sebaiknya pastikan tidak ada orang yang berada di dekat Anda.

 

Membuat kaki terlihat lebih panjang dan memamerkan sosok tubuh subjek dengan lebih baik

Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya perspektif berlebihan dari lensa sudut lebar untuk membuat kaki orang tampak lebih panjang.

Contohnya, ini adalah bidikan sudut rendah sambil melihat ke atas pada bocah laki-laki yang sedang berdiri, dengan perspektif berlebihan yang mengarah ke atas dari kaki, pada tepi bawah gambar. Hal ini membuat wajahnya tampak lebih mungil, sehingga membuat kakinya tampak lebih besar daripada yang sesungguhnya.

EOS 5D Mark III/ f/4.0/ 1/160det/ ISO 1250
Dalam kasus semacam itu, Anda harus berhati-hati, jangan sampai menempatkan wajah di perifer luar gambar, karena wajahnya mungkin menjadi terdistorsi yang sesungguhnya tidak perlu. Hal ini karena perspektif berlebihan tidak sekuat di bagian tengah gambar.
Teknik ini digunakan untuk memperlihatkan bentuk tubuh subjek yang lebih baik dan kesan gaya dalam potretnya.

Jadi, dalam artikel ini, saya memperkenalkan beberapa foto karakteristik yang diambil dengan menggunakan lensa sudut lebar. Saya yakin, setelah Anda menguasai perspektif berlebihan, Anda akan merasa asyik memotret dengan lensa sudut lebar.

 


EF16-35mm f/2.8L II USM

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


 

Jika Anda menggunakan kamera APS-C, saya akan merekomendasikan untuk memilih lensa EF-S. Sudut pandang aktual kamera APS-C setara dengan 1,6 kali lipat sudut pandang panjang fokus yang diuraikan mengenai lensa. Jadi, untuk ujung sudut lebar dengan panjang fokus 10mm, sudut pandang aktual akan setara dengan 16mm.

 


EF-S10-18mm f/4.5-5.6 IS STM

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


 

 

studio9

Situs web fotografi yang didirikan di Jepang pada tahun 2011. Dengan slogan "Menghadirkan fotografi lebih dekat ke Anda", situs ini menyediakan konten yang bermanfaat bagi setiap orang yang menyukai fotografi. Di samping konten web, studio9 juga mengadakan berbagai seminar dan lokakarya.

http://photo-studio9.com/

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.