Produk

Pengujian EOS 77D di Lapangan

EOS 77D memiliki sejumlah fitur AF, seperti sistem AF 45 titik semua tipe silang, dan Dual Pixel CMOS AF yang layak dibanggakan. Dalam artikel ini, kami melakukan uji lapangan pada kamera, bukan hanya untuk mengecek kualitas gambarnya, tetapi juga sejauh mana peningkatan spesifikasinya, seperti perbaikan pada performa AF kamera yang paling mendasar. (Dilaporkan oleh: Noboru Sonehara)

EOS 77D

 

1. Kisaran Dinamis

Contoh di bawah ini adalah pemandangan yang terdiri atas matahari pagi yang melayang di lapisan tipis awan, di atas tepi sungai. Perhatikan kontras antara matahari, yang merupakan benda paling terang dalam foto, dan daratan serta kapal, yang tampak gelap akibat diterpa bayangan. Semua area ini, masing-masing cenderung mengalami blowout dan black crush. Lalu, bagaimana EOS 77D menyiasatinya? 

STentunya dengan cara yang baik. Walaupun matahari ikut menyebabkan blowout di sekitarnya, namun pada bagian tengah gambar, terlihat wajar bagaimana pun, mengingat bahwa gradasinya terjaga tatkala cahaya matahari menyebar ke arah pinggir foto. Sementara itu, area dalam bayangan tidak terpengaruh oleh black crush, dengan detail subjek yang halus, direproduksi di tengah-tengah area yang gelap. Keseluruhan efek langit ditutupi oleh lapisan awan, juga tampak istimewa, mengekspresikan kontras yang nyaris tidak kentara.

Contoh kisaran dinamis tinggi EOS 77D

EOS 77D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 35mm (setara 56mm)/ Aperture-priority AE (f/8, 1/320 det., EV±0) / ISO 100/ WB: Auto

Dengan pengembangan performa sensor gambar dan prosesor gambar, bisa dibilang bahwa kamera memiliki kisaran dinamis yang memadai untuk menghasilkan mahakarya fotografis. Kapabilitas penggambaran tingkat inilah yang membuat DSLR menonjol dari kamera digital saku dan smartphone, serta memberinya keuntungan yang jelas.

 

2. Kecepatan ISO Tinggi

Seperti kisaran dinamisnya yang istimewa, kemampuannya untuk membidik pada kecepatan ISO tinggi, merupakan karakteristik lainnya yang mengagumkan dalam pengembangan performa kamera digital. Dengan sendirinya, EOS 77D memiliki karakteristik kecepatan ISO tinggi yang sesuai dengan posisinya sebagai DSLR termutakhir dalam seri.

Contoh foto di bawah ini, diambil dengan menggunakan kecepatan ISO, ISO 1600 dalam sisa cahaya yang memudar, dari sinar senja, namun bangunannya memiliki kualitas, yang apabila dipadukan dengan cahaya yang memudar di langit, tetap tampak indah. Walaupun sebagian noise luminans terlihat, namun noise warna nyaris tidak kentara, sehingga bisa dibilang bahwa kecepatan ISO tinggi pada level ini, sepenuhnya dalam kisaran penggunaan yang praktis.

Foto malam EOS 77D

EOS 77D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 42mm (setara 67mm)/ Aperture-priority AE (f/5, 1/8 det., EV-1) / ISO 1600/ WB: Auto

Untuk foto di bawah, saya meningkatkan lebih jauh lagi kecepatan ISO, menggunakan kecepatan ISO, yaitu ISO 12800. Meskipun tidak bisa disanggah bahwa tekstur yang hilang terlihat jelas dibandingkan ISO 1600, namun nyaris tidak terdapat noise warna apa pun. Anda seharusnya bisa mendapatkan kualitas gambar yang memadai untuk digunakan, untuk cetakan foto ukuran 5R atau lebih kecil.

 

Foto malam EOS 77D (ISO 12800)

EOS 77D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 19mm (setara 30mm)/ Aperture-priority AE (f/8, 1/50 det., EV+1)/ ISO 12800/ WB: Auto

Bahkan, pada kecepatan ISO maksimum, ISO 25600, masih memungkinkan untuk mengambil bidikan indah sehingga bisa berbagi foto secara online. Jelaslah, bahwa sesungguhnya, kecepatan ISO standar, ISO 100 yang memberikan keseimbangan optimal (kualitas gambar terbaik), antara gradasi dan noise. Seistimewa apa pun karakteristik kecepatan ISO kamera Anda, namun sebaiknya menggunakan kecepatan ISO yang moderat. (Berikut ini ikhtisar mengenai dasar-dasar kecepatan ISO)

 

3. Performa AF

Fitur hebat EOS 77D yang dilengkapi dengan sistem AF 45 titik, semua tipe silang untuk digunakan dalam pemotretan viewfinder. Dengan spesifikasi AF yang tinggi tersebut, jelaslah bahwa EOS 77D, yang ditujukan bagi para pengguna yang antusias, bisa bersaing, bahkan dengan model yang lebih canggih, yang hadir lebih dulu.

Sensor tipe silang, yang bisa mencapai kisaran akurasi, baik ketika Anda memotret subjek secara horizontal atau vertikal, yang begitu tinggi dan mencakup kisaran lebar, sehingga kamera bisa melanjutkan untuk memfokus secara akurat dengan menggunakan Al Servo AF, bahkan apabila memotret burung, misalnya, burung camar yang terbang pada kecepatan tinggi, seperti ditunjukkan dalam foto contoh. Lebih jauh lagi, selama subjek tertangkap dalam bingkai, kamera akan secara cepat memfokuskan pada subjek Anda dan tetap menguncinya, sehingga memastikan bahwa subjek Anda tetap dalam fokus.

Klik di sini untuk membaca yang lainnya mengenai perbedaan mode AF dan kapan menggunakannya


 

Burung Camar difoto dengan EOS 77D

EOS 77D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 135mm (setara 216mm)/ Shutter-priority AE (f/9, 1/1.000 det., EV+1)/ ISO 400/ WB: Auto
Satu bidikan dari serangkaian bidikan beruntun.

Hal penting untuk dipertimbangkan untuk DSLR yaitu, apakah Anda bisa secara nyaman melakukan pengoperasian AF dengan menggunakan viewfinder optik. Dalam hal ini, EOS 77D (tergantung pada performa lensa yang terpasang), mampu menunjukkan performa AF terkini yang setara dengan model yang lebih canggih.

 

Karya Fotografis

Saya membuka monitor LCD vari-angle pada posisi horizontal dan mengambil bidikan seekor kucing pada sudut rendah. Berkat Dual Pixel CMOS AF (yang mencakup 80% area sensor, baik secara horizontal maupun vertikal, dengan masing-masing piksel sensor melakukan AF pendeteksian fase) dan panel sentuh, saya hanya tinggal menyentuh monitor LCD sambil berjongkok, untuk memfokuskan pada posisi yang saya tuju, dan melepaskan rana.

Kucing, difoto dengan EOS 77D (Monitor LCD vari-angle)

EOS 77D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 69mm (setara 110mm)/ Aperture-priority AE (f/5, 1/250 det., EV+0,7)/ ISO 100/ WB: Auto

Saya ingin menangkap tekstur bunga pansy yang kaya, jadi, saya memotret bunga dengan menggunakan Picture Style 'Fine Detail'. Perhatikan, bahwa pengaturan default untuk Picture Style adalah 'Auto'. Keuntungan lain dari model termutakhir yaitu, bahwa EOS 77D juga dilengkapi dengan Picture Style 'Fine Detail', yang pertama tersedia pada EOS 5DS/5DS R.

 

Bunga, difoto dengan EOS 77D (Picture Style- Fine Detail)

EOS 77D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 69mm (setara 110mm)/ Aperture-priority AE (f/5, 1/250 det., EV+0,7)/ ISO 100/ WB: Auto

Bidikan di bawah, diambil dengan menggunakan Al Servo AF untuk melacak burung camar. Bahkan, jika Anda secara tidak sengaja menempatkan matahari dalam bingkai, kamera tetap menguncinya pada burung camar, dan tidak keluar fokus. Mudah sekali melihat, bahwa performa AF secara utuh telah berkembang, tidak hanya dari segi spesifikasi sensor, tetapi juga mengenai kemampuan analisis dan pemrosesan yang tinggi.

 

Burung Camar, difoto dengan EOS 77D (AI Servo AF)

EOS 77D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 69mm (setara 110mm)/ Shutter-priority AE (f/22, 1/1.000 det., EV±0)/ ISO 800/ WB: Auto

Saya mengambil bidikan beruntun sekelompok burung yang disebut snowy plover, sedang terbang di atas pantai yang mengalami pasang-surut. EOS 77D mampu melakukan pemotretan beruntun hingga 6 fps. Meskipun tidak bisa dibandingkan dengan model yang lebih canggih, yang bisa mencapai 10 fps atau lebih tinggi, seyogianya, jumlah ini lebih dari cukup, kecuali Anda sedang memotret subjek bergerak dalam kondisi yang ekstrem.

 

Burung difoto dengan EOS 77D (pemotretan beruntun)

EOS 77D/ EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM/ FL: 135mm (setara 216mm)/ Shutter-priority AE (f/7, 1/1.600 det., EV+1)/ ISO 800/ WB: Auto

 

Rangkuman

EOS 77D adalah DSLR yang memiliki performa AF tinggi, yang layak dibanggakan untuk kamera yang ditujukan bagi para pengguna yang antusias, serta dilengkapi dengan sistem AF 45 titik semua tipe-silang untuk pemotretan viewfinder, dan Dual Pixel CMOS AF untuk pemotretan Live View. Malahan, performa AF menjamin bahwa kamera bisa dioperasikan secara akurat dalam pemandangan apa pun, dan selalu bisa fokus seperti yang dimaksudkan.

Performa AF-nya sama seperti pada model EOS 800D, tetapi yang membuat EOS 77D berbeda adalah sejumlah fitur yang dimilikinya, seperti panel LCD di bagian atas kamera, dan Quick Control Dial. Kedua fitur ini bisa dikatakan merupakan fitur yang menentukan kamera EOS yang lebih canggih, dan memungkinkan pengguna mengontrol langsung berbagai fungsi kamera, khususnya apabila menggunakan sejumlah mode, seperti Aperture-priority AE (Av), Shutter Priority AE (Tv), Manual Exposure (M). Banyak dari contoh yang kami gunakan dalam artikel ini melibatkan pemotretan beruntun. Namun demikian, dalam kasus semacam itu pun, saya dapat menggunakan Quick Control Dial untuk secepatnya mengubah pengaturan kamera, kemudian menggunakan panel LCD untuk mengecek nilai pengaturan dengan melihat secara sekilas.

EOS 77D adalah kamera serbabisa yang sesungguhnya, yang bisa memuaskan pengguna yang berbeda-beda, entah mereka adalah pemula yang mencari kamera yang bisa mereka kuasai, atau pengguna kamera EOS yang lebih canggih, yang bermaksud menggunakan ini sebagai sub-kamera mereka.


Untuk gambar contoh lainnya, bacalah:
Ulasan EOS 77D dengan Gambar Contoh

Untuk detail lainnya mengenai berbagai fitur, bacalah:
EOS 77D: Mencermati 7 Fitur Utama Desain Eksternal
EOS 77D: 4 Teknologi Utama yang Pasti Disukai oleh Penggemar Kamera yang Bercita-cita Tinggi


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

Digital Camera Watch

Menyampaikan berita harian yang terkait topik,misalnya tentang kamera digital dan perangkat periferal, serta perangkat lunak imaging. Juga menerbitkan berbagai artikel, seperti ulasan tentang penggunaan model kamera digital yang sesungguhnya, dan sampel foto yang diambil dengan menggunakan model baru.

http://dc.watch.impress.co.jp/

Noboru Sonehara

Setelah lulus dari Shinshu University, ia bekerja di perusahaan produksi video, kemudian menjadi fotografer independen. Ia pindah ke Kanto pada tahun 2010, memfokuskan pada fotografi untuk berbagai majalah serta menulis untuk majalah kamera, dan lain sebagainya.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

Comments (1)

Thank a lot ! i't so good for me !

Hi Toàn Việt Phạm

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.