Tips & Tutorials

Teknik Lampu Kilat #4: Cara melakukan Slow Sync dengan Lampu Kilat Built-In

Apabila memotret wajah dengan latar suasana senja yang cemerlang tanpa menggunakan lampu kilat, akan menghasilkan cahaya yang kurang mencukupi, dan keseluruhan gambar akan lebih gelap. Namun demikian, jika menggunakan lampu kilat built-in, ini berisiko menghasilkan latar belakang yang gelap gulita, tanpa suasana senja membara di latar belakang. Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan teknik terapan yang menggunakan lampu kilat built-in yang praktis untuk peristiwa semacam itu. (Dilaporkan oleh: Teppei Kohno)

EOS 760D/ EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM/ FL: 60mm (setara 96mm)/ Manual exposure (f/5, 1 det.)/ ISO 100/ WB: Auto
Flash exposure compensation: EV-0,7

 

Tetapkan pencahayaan yang sesuai dengan latar belakang, dan menyinari orang yang difoto dengan cahaya lampu kilat

*Prosedur Pemotretan
A: Tetapkan pencahayaan agar Anda dapat menangkap suasana senja secara indah.
B: Atur posisi orang dan latar belakang untuk menyusun komposisi yang bagus, kemudian fokuskan pada orang yang bersangkutan.
C: Ambil bidikan dengan lampu kilat built-in menyala.
D: Periksa hasil foto, dan jika perlu, sesuaikan kompensasi pencahayaan lampu kilat.

 

Apabila memotret wajah dengan latar belakang suasana senja yang indah, dan, karena hanya ada sedikit jumlah cahaya setelah matahari terbenam, suasana senja yang Anda tangkap akan lebih gelap daripada yang diperkirakan. Untuk memotret pemandangan seperti ini, pertama, pertimbangkan keselarasan pencahayaan dengan suasana senja. Tetapkan pencahayaan yang akan menghasilkan warna-warni langit tertangkap secara indah dengan kecepatan rana lambat, dan gunakan lampu kilat built-in untuk mengompensasi kecerahan orang di latar depan. Teknik ini dirujuk sebagai Slow Sync (Sinkron Lambat).

Saya mengambil bidikan percobaan menggunakan Aperture-Priority AE, dan memeriksa f-number serta kecepatan rana yang menangkap latar belakang dengan sesuai. Kemudian saya mengalihkan mode pemotretan ke Manual, menetapkan nilai yang diperoleh sewaktu bidikan percobaan, dan menetapkan pencahayaannya. Sesuaikan kompensasi pencahayaan lampu kilat untuk lampu kilat built-in sampai kecerahannya tepat untuk subjek yang akan dibidik. Jika terjadi keburaman akibat kecepatan rana terlalu lambat, saya anjurkan menggunakan tripod atau menempatkan kamera pada suatu penyangga.

 

Contoh negatif: 1/60 det.

Contoh bagus: 1 det.

 

Kiri: EOS 760D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 27mm (setara 43mm)/ Program AE (f/4, 1/60 det.)/ ISO 200/ WB: Auto
Saya menetapkan kecepatan rana ke 1/60 detik, dan menggunakan lampu kilat built-in. Kecepatan rana terlalu cepat, sehingga hanya orang yang tertangkap, sedangkan suasana senjanya hilang.

Kanan: EOS 760D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 27mm (setara 43mm)/ Manual exposure (f/4, 1 det.)/ ISO 200/ WB: Auto
Saya menetapkan kecepatan rana ke 1 detik, dan menggunakan lampu kilat built-in. Saya dapat menangkap keduanya, orang dan suasana senja secara indah.

 

Hal yang perlu dicatat!

Minta subjek untuk bergerak selama pemotretan untuk membangkitkan kesan gerakan

Apabila menggunakan kecepatan rana lambat, pergerakan apa pun sewaktu rana sedang terbuka, akan menjadi buram dalam foto. Anda dapat memanfaatkan ini dengan meminta orang yang bersangkutan untuk sengaja bergerak agar membangkitkan kesan gerakan dalam foto. Saya minta subjek saya untuk menjaga agar wajahnya tidak bergerak sementara mengayunkan tubuhnya ke kiri dan ke kanan. Gerai rambut dan pakaiannya yang melambai-lambai tergambarkan dalam buram gerakan yang dihasilkan.

EOS 760D/ EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 35mm (setara 56mm)/ Manual exposure (f/4.5, 1 det.)/ ISO 800/ WB: Auto

 

Saya menetapkan kecepatan rana ke 1 detik, dan menggunakan lampu kilat built-in. Sang wanita mengayunkan tubuhnya ke kiri dan ke kanan sewaktu rana dilepas. Dengan cara ini, saya dapat mengambil foto yang membangkitkan kesan gerakan sekaligus menghadirkan warna-warni langit senja semaksimal mungkin.

 

Gunakan Speedlite yang dipasang di luar apabila Anda ingin lebih banyak cahaya

 

Apabila jarak pemotretan ke orang ternyata lebih jauh, jumlah cahaya yang disediakan oleh lampu kilat built-in mungkin tidak mencukupi. Selain itu, apabila Anda ingin komposisi yang kreatif, misalnya menempatkan orang di sudut bingkai, mungkin sebaiknya Anda menyesuaikan sudut pancaran cahaya dari lampu kilat. Untuk kasus seperti ini, saya anjurkan menggunakan Speedlite yang dipasang di luar. SPEEDLITE 430EX III-RT mudah digunakan berkat ukurannya yang ringkas, memiliki banyak sekali cahaya dengan nomor panduan 43 (lampu kilat built-in EOS 750D yaitu GN12), dan sudut kepala lampu kilat yang dapat diubah.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Teppei Kohno

 

Lahir di Tokyo pada tahun 1976, Kohno lulus dengan menyandang gelar Social Work dari Fakultas Sosiologi, Meiji Gakuin University, dan magang dengan fotografer Masato Terauchi. Dia memberikan kontribusi untuk terbitan pertama majalah fotografi PHaT PHOTO, dan menjadi fotografer independen setelah itu, pada tahun 2003. Sebagai pengarang dari banyak buku, Kohno tidak hanya memotret semua jenis foto komersial, tetapi juga banyak menulis untuk majalah kamera dan lainnya.

http://fantastic-teppy.chips.jp

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.