Produk

Panduan Fitur Baru pada EOS M5 #3: Smooth Zone AF

Praktis untuk memotret objek bergerak, penambahan Smooth Zone AF (AF Zona Mulus) sudah menyempurnakan fungsi AF pada EOS M5. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan keuntungan Smooth Zone AF (AF Zona Mulus) dan berbagai metode AF lainnya, serta segala macam subjek yang sesuai untuk masing-masing metode. (Dilaporkan oleh: Kazuo Nakahara)

 

Smooth Zone AF (AF Zona Mulus) ideal untuk subjek yang pergerakannya tidak terduga

Fungsi pemotretan yang sudah paling disempurnakan pada EOS M5 yaitu fungsionalitas AF, yang dihasilkan dari AF pendeteksian perbedaan fase bidang gambar, yang dilaksanakan oleh sistem Dual Pixel CMOS AF. Tersedia tiga metode AF pada EOS M5: Face + Tracking, Smooth Zone AF, dan 1-titik AF.

Di antara semua metode itu, Smooth Zone AF, metode yang baru saja ditambahkan, adalah fungsi paling dahsyat apabila digunakan untuk memotret objek bergerak. Metode pemfokusan menggunakan bingkai AF yang ukurannya sama dengan bingkai AF 9 1-titik, dan bisa dipertimbangkan sama untuk berbagai fungsi, misalnya Group AF dan AF Point Expansion. Smooth Zone AF dicirikan oleh kemampuannya memfokus pada sesuatu yang bergerak di antara subjek, yang dicakup secara luas oleh titik AF, sehingga fungsi ini amat sangat berguna apabila memotret objek yang pergerakannya tidak terduga.

Area AF untuk Smooth Zone AF terdiri atas 9 bingkai AF 1-titik ukuran normal.

 

Hal ini memberikan jaminan, bahwa, apabila menangkap gambar subjek yang bergerak tak terduga, seperti hewan atau anak-anak, atau bahkan sewaktu pertandingan sepakbola, saat seorang pemain melakukan gerakan yang rumit. Apabila Touch & Drag AF (yang dijelaskan sebelumnya) dikombinasikan dengan Servo AF (akan dijelaskan nanti), kamera akan dapat mengimbangi subjeknya, betapa pun cepat gerakannya.

Membekukan burung terbang yang sedang beraksi dengan Smooth Zone AF!
EOS M5/ EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM/ FL: 200mm (setara 320mm)/ Shutter-priority AE (f/6.3, 1/640 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Auto
Saya membidik burung elang yang meIayang secara mulus di angkasa. Untuk secara akurat melacak subjek apabila memotret dalam telefoto pada jarak lebih dari 300mm, maka, diperlukan keterampilan. Namun demikian Smooth Zone AF memudahkan pelacakan!

 

Sinergi dengan pemotretan beruntun
Jika Anda menetapkan mode drive ke Continuous shooting (Pemotretan beruntun), Anda bisa lebih baik menangkap objek bergerak lalu membekukannya sementara.

 

Tersedia 3 metode AF pada EOS M5:

3 metode AF berikut ini tersedia pada EOS M5: Face + Tracking, Smooth Zone AF, dan 1-titik AF.

 

Smooth Zone AF

Saya mengambil bidikan beruang yang sedang bergerak ke sana-sini di lingkungannya secara terus-menerus. Beruang ini memiliki warna yang serupa dengan latar belakang, membuatnya sebagai suatu pemandangan yang menantang kebolehan fungsi AF. Oleh karenanya, saya menggunakan fungsi Smooth Zone AF untuk melacak beruang untuk dibidik. Area luas Smooth Zone AF memungkinkan Anda melacak subjek dengan mudah, bahkan bagi subjek yang banyak sekali bergerak.

 

Face + Tracking AF

Bahkan, apabila menangkap gambar anak-anak yang cenderung bergerak tak terduga, misalnya dalam pemandangan semacam ini, di mana sang anak menghadap ke kamera, Face + Tracking AF memungkinkan Anda untuk mengandalkan fokus pada wajah sang anak. Fitur ini menjadi hubungan kuat bagi Anda apabila menangkap gambar anak yang tidak bisa diam.

 

AF 1-titik

Saya mengambil bidikan dua gnomes (patung kurcaci), satu ditempatkan di depan lainnya, dan fokus pada mata gnome di depan. Untuk subjek yang tidak bergerak, Anda bisa menggunakan AF 1-titik untuk fokus pada subjek tanpa masalah, jika Anda sudah menentukan posisi yang Anda ingin agar kamera secara otomatis memfokuskan ke sana.

 

Cara menetapkan Smooth Zone AF

1. Tekan tombol [Quick Set menu].

 

2. Ketuk ikon Smooth Zone AF.

 

Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

 

EF-M55-200mm f/4.5-6.3 IS STM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

Kazuo Nakahara

 

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/

 

Digital Camera Magazine

 

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.