Tips & Tutorials

Fotografi HDR Panduan Pemula

Anda telah menghabiskan sepanjang hari memotret pemandangan dengan kontras tinggi tetapi hasil fotonya tidak seperti yang Anda inginkan? Bahkan dengan eksposur yang tepat, foto Anda mungkin terlihat dengan pantulan cahaya, bayangan datar, atau bahkan lebih buruk, keduanya. Tapi jangan resah, karena masalah ini bisa diatasi dengan proses HDR.

Canon EOS 6D, EF35mm f/1.4L USM, f/5.6, ISO 100 oleh Andreas Samuelsson

Anda mungkin telah mendengar tentang HDR, tapi apa artinya? HDR singkatan dari High Dynamic Range, teknik yang memungkinkan Anda menghasilkan foto yang menakjubkan dengan detail yang mengagumkan dan jernih. Rentang dinamis mengacu pada perbedaan antara putih yang paling terang dan hitam yang paling gelap yang bisa Anda tangkap dalam foto.

Bagaimana cara kerjanya

Gambar HDR biasanya dihasilkan dengan memotret tiga atau lebih foto dari pemandangan yang sama, yang pada dasarnya berarti setiap gambar diambil dengan kecepatan rana atau kombinasi diafragma yang berbeda. Semakin kontras pemandangan tersebut, semakin banyak foto yang Anda perlukan. Apa yang Anda dapatkan adalah berbagai foto dari gelap hingga terang, tergantung pada cahaya yang masuk ke lensa. Sebuah perangkat lunak kemudian digunakan untuk memadukan semua foto tersebut untuk gambar akhir yang dinamis yang bisa dilihat.

Apa yang Anda butuhkan

Dapatkan kamera dengan fungsi Auto Exposure Bracketing (AEB). Jika Anda memutuskan untuk melupakan hal ini, maka Anda harus menyesuaikan pengaturan kamera Anda secara manual selama melakukan pemotretan. Ini berarti Anda lebih mungkin menggerakkan kamera Anda - yang tidak hanya memakan waktu, subjek Anda mungkin tidak dalam posisi yang sama seperti sebelumnya.

Jangan lupakan tripod, untuk membantu menyelaraskan gambar Anda dalam tahap pengolahan, karena HDR tidak dimaksudkan untuk benda-benda yang bergerak. Sementara perangkat lunak HDR tertentu menyediakan kemampuan penyelarasan gambar, selalu awali dengan memastikan hasil foto Anda stabil.

Akhirnya, yang perangkat lunak HDR yang harus Anda pilih? Ada banyak yang tersedia, termasuk pilihan yang populer seperti Photomatix Pro, Luminance HDR dan Photoshop. Hal utama yang harus diperhatikan adalah bahwa perangkat lunak HDR memiliki berbagai tampilan yang memungkinkan Anda mengatur efek pemetaan rona pada preferensi Anda.

Kapan penggunaannya

Perhatikan pemandangan dan subjek dengan kontras yang besar antara area terang dan gelap. Salah satu contoh yang baik adalah pemandangan yang luas dengan kontras yang banyak antara langit dan darat. Dalam hal ini, HDR memungkinkan Anda menangkap detail dari langit tanpa mengorbankan darat.

Canon EOS 6D, EF16-35mm f/2.8L II USM, f/2.8, 1/125, ISO 800 oleh Ken Thomann

Potret pada hari-hari cerah bisa menimbulkan rasa frustasi saat melakukan pemotretan. Terlalu banyak cahaya pada wajah subjek Anda akan menghasilkan bayangan gelap dan silau - HDR mampu memperbaikinya sehingga subjek Anda terlihat lebih baik. Terlalu banyak cahaya belakang? Gunakan HDR untuk mencerahkan latar depan, tanpa mempengaruhi bagian yang terang dari foto Anda.

Canon EOS 5D Mark II, EF17-40mm f/4L USM, f/4.0, 1/250, ISO 640 oleh Patrick Criollo

Tips untuk memulai

Sebisa mungkin, potret dalam format RAW agar lebih banyak fleksibilitas dan rentang dalam potret Anda. Itu karena kompresi pada gambar JPEG mengurangi ukuran file, mengakibatkan hilangnya detail.

Pada akhirnya, tips ini hanya menawarkan pedoman kasar tentang bagaimana Anda harus memulai. Cara terbaik untuk menguasai seni fotografi HDR adalah mencoba-coba dengan adegan dan pencahayaan yang berbeda. Perbanyak latihan pasti sangat membantu, jadi pergilah dan mulai memotret!

Canon EOS 5D Mark II, EF16-35mm f/2.8L II USM, f/16, 1/13, ISO 50 oleh Ken Thomann

 

Azmin Zainal
Profil penulis

Azmin Zainal telah jatuh cinta pada kata-kata yang tertulis sejak ia bisa membaca dengan baik. Relatif baru untuk segala sesuatu yang berbau digital, yang menunjukkan kecintaan. Masih mencari makna hidup, apa pun itu. Pencinta kopi, percakapan yang baik, ayam goreng dan Roger Federer. Urutannya tidak harus selalu seperti itu.

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.