Tips & Tutorials

Cara Menciptakan Latar Belakang Berkilau dengan Lingkaran Bokeh untuk Gambar Hiasan yang Cantik

Dalam artikel ini, saya akan berbagi sebagian teknik untuk memotret hiasan dan aksesori kecil dengan latar belakang yang berkilau. Hanya dengan menggunakan benda-benda di rumah, Anda juga dapat mengambil foto menarik yang penuh dengan lingkaran bokeh!  (Diedit oleh studio9)

 

Ciptakan lingkaran bokeh yang sangat banyak di latar belakang

Pernahkah Anda merasa ada sesuatu yang kurang pada foto saat memotret hiasan dan aksesori favorit Anda di rumah? Meskipun ada banyak alasan yang membuat Anda kurang puas dengan hasil foto Anda, menampilkan latar belakang yang kurang lengkap, pasti akan melemahkan dampak foto Anda. Di sini, saya akan memperkenalkan cara menggunakan "benda" tertentu yang tersedia di setiap rumah, yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan latar belakang berkilau yang menyanjung subjeknya.

 

Apakah "benda" tertentu yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan latar belakang yang berkilau?

Subjek foto ini adalah hiasan berupa ayam jago. Apabila Anda menaruh hiasan di atas meja dan membidiknya dengan menggunakan tembok putih sebagai latar belakang, hasil fotonya akan seperti ini.

Meskipun fotonya tidak jelek, tapi kurang berdampak. Oleh karenanya, langkah berikutnya adalah membuat latar belakang yang berkilau untuk foto yang yang sungguh bagus. Cara melakukan itu adalah dengan memanfaatkan lingkaran bokeh. Anda akan memerlukan sumber cahaya yang bersinar untuk menciptakan lingkaran bokeh, dan aluminium foil bisa dimanfaatkan. Setelah aluminium foil diremas sedikit, kemudian dibentangkan, cahaya akan memantul secara tidak rata dari permukaan foil, menciptakan efek kilauan. Berikutnya, defokus kilauan untuk mengambil bidikan Anda.  Ya, Anda hanya memerlukan aluminium foil yang bisa ditemukan di hampir setiap rumah. Kombinasikan ini dengan lampu meja dan Anda bisa mengambil foto yang jauh lebih mengesankan.

Foto di bawah, diambil dengan menggunakan aluminium foil sebagai latar belakang.

Latar belakang menjadi lebih mengesankan. Latar belakang ini akan selaras juga dengan aksesori!

Beginilah cara saya mengambil bidikan:

 

Langkah 1:  Menyiapkan sejumlah benda

Saya akan mulai dengan benda-benda yang perlu Anda siapkan. Pada dasarnya, Anda hanya memerlukan material yang tersedia di rumah.

Yang Anda butuhkan

- Kamera (DSLR atau tanpa cermin akan sangat membantu)
- Lensa (cerah atau lensa telefoto, juga bagus; lensa makro bahkan lebih baik)
- Aluminium foil

Barang-barang yang akan tampak bagus (tapi tidak penting)

- Tripod
- Lampu meja (cahaya pijar putih)
- Kertas kaca berwarna

Untuk mengambil bidikan tersebut, kuncinya yaitu mendefokus latar belakang, jadi penting untuk menggunakan kamera dan lensa yang memungkinkan Anda untuk melakukan defokus latar belakang dengan mudah. Kamera saku atau EOS DSLR dengan sensor besar, juga akan sangat bagus untuk ini. Mungkin agak sulit untuk memotret dengan menggunakan kamera smartphone.

Untuk lensa, Anda bisa menggunakan EOS DSLR kit lens, tetapi lensa telefoto akan menghasilkan efek bokeh yang lebih baik. Namun demikian, lensa makro, khususnya sangat praktis untuk menangkap benda-benda kecil, seperti aksesori.

Goyangan kamera khususnya kentara apabila memotret benda kecil, jadi sebaiknya menggunakan tripod. Selain itu, dengan menggunakan tripod, Anda bisa memasang kamera pada posisi sementara memindahkan hiasan untuk melakukan penyesuaian posisi yang bagus. Karena itu, sebaiknya memanfaatkan tripod sepenuhnya untuk fotografi still life (alam benda).

Dengan lampu meja, Anda dapat menghasilkan kesan kilauan yang lebih gemerlap. Yang paling baik adalah menggunakan bola lampu berwarna sama (daylight atau neutral) sebagai pencahayaan yang digunakan untuk ruangan. Jika menggunakan lampu meja dengan cahaya yang sangat berbeda dari cahaya ruangan, misalnya cahaya lampu neon atau LED putih kebiruan, warna-warna ini akan berbaur (bauran cahaya), dan ini tidak direkomendasikan.

Dengan kertas kaca berwarna, Anda bisa menambahkan variasi ke warna kilauan.

 

Langkah 2:  Penataan & bidikan

Penataan yang sesungguhnya, seperti diperlihatkan di sini, sangat sederhana.

Taruh hiasan yang ingin Anda bidik di atas meja, dan posisikan aluminium foil yang kusut di latar belakang. Jika ingin menciptakan cahaya yang lebih berkilau, arahkan lampu meja ke aluminium foil.

Pokoknya, taruh aluminium foil di latar belakang pada jarak tertentu dari hiasan. Anda tidak akan berhasil memburamkan latar belakang jika kedua benda itu terlalu berdekatan. Untuk pengaturan kamera, tetapkan mode pemotretan ke mode Av (A), tetapkan f-number terkecil, dan panjang fokus lensa sejauh mungkin hingga ke ujung telefoto. Bagaimanapun, tidak jadi masalah jika Anda membuat latar belakang sangat defokus.

Foto ini, pertama kali diambil hanya menggunakan aluminium foil, tanpa lampu meja.

Anda bisa melihat, bahwa foto pembukaan sudah diubah seluruhnya, hanya dengan menaruh aluminium foil kusut di latar belakang!

Karena hiasan yang saya gunakan untuk bidikan ini agak kecil (3 hingga 4 cm), saya memilih untuk menggunakan lensa makro.

Untuk membidik benda yang agak besar, Anda bisa menggunakan lensa standar. Jika tidak punya lensa makro, tetapi masih ingin memotret benda kecil, Anda juga dapat mengkrop gambarnya setelah pemotretan untuk mengatur komposisi yang sesuai.

Pada bidikan ini, saya menggunakan lampu meja. Hal ini membuat kilauan di latar belakang agak lebih menonjol. Selain itu, cara cahaya menimpa subjek, akan menciptakan efek cahaya latar (perhatikan bagaimana bayangan diterpakan), membuat foto lebih hidup.

Jika memotret barang yang ingin Anda jual secara online, latar belakang berkilau yang tercipta dari aluminium foil, besar kemungkinan akan menarik perhatian daripada latar belakang cahaya biru yang terlihat murahan.

Langkah 3:  Cobalah mengubah warna latar belakang

Meskipun hanya menggunakan aluminium foil sudah memadai, namun apabila dikombinasikan dengan kertas kaca berwarna, Anda dapat mengubah warna latar belakang sambil tetap mempertahankan kilauan. Pada foto di bawah, saya menggunakan lampu meja yang saya uraikan pada Langkah 2, dan mengombinasikan aluminium foil dengan kertas kaca 3 warna: merah muda, hijau, dan biru.

Hanya dengan menaruh selembar kertas kaca di depan aluminium foil, penampilan foto sama sekali berubah! Mungkin ada baiknya untuk mengubah warna latar belakang agar sesuai dengan hiasan yang dipotret.

Namun, yang perlu dicatat, bahwa dengan menaruh warna yang kuat di latar belakang dapat menghasilkan terpaan warna yang menyebabkan subjek memiliki rona warna yang sama seperti latar belakang. Jika warna asli subjek penting, misalnya ketika memotret produk, lakukan dengan hati-hati agar warna produk tidak terpengaruh oleh terpaan warna.

Cara termudah menghindari terpaan warna adalah dengan membuat jarak antara subjek dan latar belakang. Hal ini saja bisa cukup efektif untuk menghilangkan terpaan warna dari gambar Anda. Namun demikian, jika masih ada terpaan warna yang tidak diinginkan, meskipun setelah memberi jarak antara subjek dan latar belakang, cobalah menggunakan perangkat lunak, seperti Digital Photo Professional untuk menyesuaikan white balance gambar setelah dipotret. Anda dapat menetapkan white balance secara manual pada kamera selama pemotretan, tetapi akan lebih mudah membidiknya dalam format RAW, kemudian melakukan penyesuaian sewaktu pasca pemrosesan.

-

Begitulah cara menciptakan latar belakang berkilau hanya dengan menggunakan aluminium foil. Saya harap Anda mencobanya. Jika Anda masih berupaya menguasai cara menciptakan lingkaran bokeh yang normal, mungkin ada baiknya mencoba teknik yang saya sampaikan di sini untuk latihan!

 

Lensa yang Direkomendasikan:

Jika Anda memiliki EOS 5D Mark III, kami merekomendasikan EF100mm f/2.8L Macro IS USM. Lensa makro performa tinggi, dilengkapi dengan Hybrid IS, yang secara efektif mengompensasi goyangan kamera.

EF100mm f/2.8L Macro IS USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 

 

studio9

Situs web fotografi yang didirikan di Jepang pada tahun 2011. Dengan slogan "Menghadirkan fotografi lebih dekat ke Anda", situs ini menyediakan konten yang bermanfaat bagi setiap orang yang menyukai fotografi. Di samping konten web, studio9 juga mengadakan berbagai seminar dan lokakarya.

http://photo-studio9.com/

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.