Tips & Tutorials

Cara Memotret Gambar Lampu Hiasan nan Membuai

Dengan memanfaatkan efek kompresi perspektif lensa zoom super-telefoto sebanyak mungkin, dan mengontrol ukuran lingkaran bokeh, Anda juga bisa membidik gambar lampu hiasan nan membuai. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan sejumlah teknik yang digunakan oleh fotografer profesional untuk mengambil foto semacam itu. (Dilaporkan oleh: GOTO AKI)

Lampu hiasan dipotret dengan EOS 5D Mark III

EOS 5D Mark III/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM/ FL: 400mm/ Aperture-priority AE (f/5.6, 1/60 det., EV-0,3)/ ISO 1600/ WB: Daylight

Saya ingin foto saya menyampaikan suasana cemerlang dari lampu-lampu bersinar biru dan putih, yang menyebar ke seluruh layar. Jika lingkaran bokeh di latar depan terlalu besar, cahaya di latar belakang tidak akan lagi menonjol, jadi hati-hatilah untuk memastikan keseimbangan antara latar depan dan latar belakang ketika mengambil foto.

 

Teknik 1: Agar cahaya terlihat lebih pekat, manfaatkan efek kompresi perspektif lensa zoom telefoto

Panjang fokus lensa telefoto yang semakin panjang, Anda bisa semakin dekat menarik subjeknya. Jika menggunakan lensa telefoto 400mm, efek kompresi perspektif yang mencuat dari panjang fokus membuatnya tampak seakan-akan Anda berada dekat ke segalanya di layar. Karena memang sulit mengenali efek fotografis ini secara kasat mata, cobalah melihatnya melalui viewfinder untuk mengetahui lokasi cahaya yang menyebar secara padat ke seluruh layar, sebelum Anda melepaskan rana.

Untuk bidikan ini, saya menggunakan EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM. Efek stabilisasi gambar kira-kira 4-stop memudahkan pemotretan sambil menggenggam kamera, bahkan di malam hari, dan Anda bisa secara leluasa mencari sudut yang diinginkan. Lensa ini juga menggunakan teknologi lapisan lensa ASC termutakhir dari Canon, yang meminimalisasikan terjadinya flaring dan ghosting sehingga Anda bisa membidik tanpa cemas, bahkan di bawah kondisi yang memiliki beberapa sumber cahaya.

Contoh negatif: Lingkaran bokeh kecil, tidak mengesankan pada 200mm

EOS 5DS R/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM/ FL: 200mm/ Aperture-priority AE (f/8.0, 1/6 det., EV+0,7)/ ISO 400/ WB: Daylight

Panjang fokus 200mm mencegah Anda memenuhi layar dengan lampu hiasan
Pada panjang fokus 200mm yang dicakup oleh lensa zoom telefoto standar, kesan kompresi menjadi lemah dan elemen yang tidak perlu, tertangkap dalam gambar.

 

Teknik 2: Lingkaran bokeh besar (1) – Gunakan aperture maksimum

Dengan memperlebar aperture, akan membuat lingkaran bokeh menjadi lebih besar, sedangkan kalau mempersempit aperture, akan membuat bokeh menjadi lebih kecil. Untuk bidikan ini, saya menggunakan aperture maksimum (f/5.6), karena saya ingin membuat lingkaran bokeh sebesar mungkin untuk foto yang membuai. Anda bahkan bisa menghasilkan lingkaran yang jauh lebih besar, kalau menggunakan lensa dengan aperture maksimum yang lebih besar, misalnya f/2.8.

Ukuran lingkaran bokeh juga bisa berubah menurut panjang fokus, jadi, harap diperhatikan, bahwa ukuran aperture bukan syarat esensial untuk menciptakan lingkaran bokeh yang besar. Jika Anda memotret di lokasi yang penuh dengan lampu hiasan dan ingin menciptakan gambar yang secara esensial merupakan hamparan cahaya, Anda bisa menggunakan aperture f/8 hingga f/11, dan bahkan bisa juga memanfaatkan lingkaran bokeh yang kecil.

Fokuskan pada lampu hiasan di latar belakang
Fokuskan pada lampu hiasan yang paling jauh dari kamera. Saya memutuskan pada panjang fokus untuk digunakan sambil melihat melalui viewfinder untuk mengecek, seberapa jauh jarak efek bokeh cahaya yang paling dekat ke saya.

Ke mana memfokuskan: Lampu hiasan di belakang

 

Teknik 3: Lingkaran bokeh yang lebih besar (2) – Dekati sumber cahaya

Aperture maksimum f/5.6, bagi sebagian orang dirasakan kurang lebar, tetapi Anda tetap bisa menciptakan lingkaran bokeh besar dari lampu hiasan. Kuncinya adalah, jarak antara cahaya dan kamera. Sewaktu melihat melalui viewfinder, dekatkan lensa Anda sedekat mungkin ke sumber cahaya. Anda bisa melihat secara sekilas, bahwa dengan melakukan itu, Anda bisa mendapatkan lingkaran bokeh yang lebih besar, bahkan pada aperture yang sama. Kontrol ukuran lingkaran bokeh dengan menyesuaikan pengaturan aperture dan jarak pemotretan.

Lampu hiasan dengan lingkaran bokeh besar dipotret dengan EOS 5D Mark III

EOS 5DS R/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM/ FL: 400mm/ Aperture-priority AE (f/5.6, 1/15 det., EV+1)/ ISO 400/ WB: Daylight

Anda bisa menciptakan lingkaran bokeh yang besar dengan mendekati sumber cahaya
Kalau Anda dekat dengan sumber cahaya sambil memfokuskan pada latar belakang, sumber cahaya di dekat Anda akan berubah menjadi lingkaran bokeh yang bahkan lebih besar. Panjang fokus dan aperture maksimum, mungkin dibatasi oleh lensa yang Anda gunakan, tetapi Anda bisa mengatasi kendala ini dengan berpikir kreatif pada jarak pemotretan.

 

Untuk saran lainnya mengenai cara menciptakan lingkaran bokeh, bacalah artikel ini:
4 Langkah Mudah untuk Menangkap Lingkaran Bokeh Elusif!
Di Mana Saya Harus Fokuskan untuk Menangkap Lingkaran Bokeh yang Indah?
Teknik Lensa Telefoto: Menciptakan Beberapa Lapisan

Untuk mendapatkan saran mengenai cara memotret lampu hiasan, bacalah:
EOS M10 Pelajaran 5: Cara Menangkap Gemerlapnya Cahaya Natal


Menerima pembaruan termutakhir tentang berita, saran dan kiat fotografi dengan mendaftar pada kami!

 

EOS 5D Mark III (Body)

Produksi EOS 5D Mark III (Body) sudah dihentikan. Sekarang, tersedia EOS 5D Mark IV.
Klik di sini untuk detail selengkapnya (akan diarahkan ke halaman EOS 5D Mark IV)

EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

GOTO AKI

Lahir pada tahun 1972 di Prefektur Kanagawa dan lulus dari Sophia University serta Tokyo College of Photography. Goto menerbitkan koleksi karya foto yang berjudul "LAND ESCAPES" dan juga terlibat secara aktif dalam pembuatan karya seperti “water silence” suatu instalasi yang menggabungkan foto dengan video.

http://gotoaki.com/

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.