Tips & Tutorials

Saran Menarik dari Para Profesional Fotografi Jalanan

Dalam fotografi jalanan, sang fotografer menangkap berbagai bidikan yang dianggapnya indah atau baru pada pemandangan sehari-hari, atau sewaktu di perjalanan. Dengan EOS DSLR Canon, Anda dapat menghasilkan bidikan jalanan yang lebih mengesankan dengan menggunakan beragam luas pengaturan kamera yang tersedia. Di sini, kami akan menampilkan sebagian pengaturan kamera dan memperkenalkan berbagai saran dari para fotografer profesional yang akan memikat Anda untuk pergi keluar dan mengambil bidikan yang lebih banyak lagi.

 

Membekukan Gerakan Dinamis Percikan Air

EOS 5D Mark III/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 58mm/ Shutter-priority AE (f/4, 1/1.000 det., EV+1.7)/ ISO 400/ WB: 4.200K

Untuk menangkap gerakan dinamis percikan air dari keran yang ada di taman, saya memilih kecepatan rana yang cepat untuk bidikan. Hal utama di sini adalah menentukan kecepatan rana yang tidak terlalu cepat.
(Foto dan naskah oleh: Kazuo Nakahara)

Sesuaikan kecepatan rana untuk membekukan gerakan butiran air

 

Untuk membekukan gerakan percikan air dari keran, direkomendasikan kecepatan rana 1/1000 detik. Dengan melakukan hal itu, percikan air akan tampak agak buram, sehingga menambahkan sentuhan dinamis pada fotonya. Jika Anda ingin menangkap seluruh gerakan, gunakan shutter speed 1/2000 detik atau yang lebih cepat.

 
 

Kompensasikan pencahayaan untuk efek sejuk yang menyegarkan

 

Untuk menonjolkan kesan percikan air yang menyegarkan, saya menetapkan exposure compensation ke EV+1.7. Saya mencoba menonjolkan butiran air dengan memilih latar belakang gelap, tetapi hasilnya, seluruh gambar menjadi terlalu gelap, jadi, saya cerahkan dengan menyesuaikan pencahayaannya.

 
 

Menangkap Bidikan Orang yang Bergerak di Jalanan

EOS 5D Mark II/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 35mm/ Shutter-priority AE (f/6,3, 1/8 det., EV+2.0)/ ISO 125/ WB: 4.900K

Saya menggunakan kecepatan rana lambat untuk memburamkan gerakan orang yang lalu-lalang di jalan. Di sini, saya menambahkan sentuhan yang lebih dinamis pada orang-orang yang bergerak, dengan menciptakan kontras pada pintu rol stasioner di latar belakang.
(Foto dan naskah oleh: Kazuo Nakahara)

Pilih kecepatan rana yang memburamkan gerakan orang yang lalu-lalang

 

Secara umum, kecepatan rana lambat sekitar 1/10 detik, cukup baik jika Anda ingin memburamkan gerakan orang yang melintas. Pilih mode Shutter-priority AE supaya Anda dapat menjaga pengaturan kecepatan rana yang konstan.

 
 

Hasilkan gambar yang menonjolkan subjek bergerak

 

Untuk menciptakan efek dinamis pada foto, Anda dapat menyusun bidikan dengan mengontraskan subjek bergerak dengan objek diam. Di sini, saya menetapkan fokus pada pintu rol di latar belakang dan menunggu sampai ada orang yang lewat sebelum saya mengambil bidikan.

 
 

Menangkap Bidikan Anak-Anak yang Wajar

EOS 5D Mark III/ EF70-200mm f/2.8L IS II USM/ FL: 145mm/ Aperture-priority AE (f/9, 1/400 det., EV+1.0)/ ISO 400/ WB: Auto

 

Di sini, saya ingin menangkap bidikan jernih seorang anak yang sedang berlarian dengan bersemangat di rumput. Saya menentukan untuk memotret dari lokasi jauh agar menciptakan suasana wajar dan ceria, yang menyampaikan ekspresi yang hidup dari subjeknya.
(Foto dan naskah oleh: Maiko Fukui)

Tentukan panjang fokus yang sesuai untuk menonjolkan ekspresi wajar subjeknya.

 

Untuk menangkap ekspresi wajar sang anak, saya memilih lensa telefoto dan menetapkan panjang fokus ke 145mm untuk memotret dari jauh agar subjek tidak terlalu kikuk dengan kamera. Saya mengambil bidikan ini secara diam-diam dari jauh saat anak itu bermain dengan orang tuanya.

 
 

Pilih f-number yang menangkap subjek secara jelas

 

Saya menetapkan aperture ke f/9 supaya dapat menangkap bidikan jernih sang anak. Karena saya menggunakan lensa telefoto, efek buram latar belakang diciptakan pada f/9, sehingga subjek tampak menonjol. Pastikan bahwa kecepatan rana tidak menjadi terlalu lambat.

 
 
Kazuo Nakahara

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/

 
Maiko Fukui

Lahir pada tahun 1983 di Osaka. Fotografer. Secara aktif terlibat dalam majalah dan fotografi iklan, penulisan buku, lokakarya fotografi dan sebagainya.

http://caby.exblog.jp/

 
Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 
 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.