Tips & Tutorials

Lensa FAQ #1: Apa yang dimaksudkan dengan “closest focusing distance” (jarak fokus terdekat) itu?

Serial ini menjawab semua pertanyaan mengenai kamera yang Anda kira sudah mengetahuinya, padahal belum. Saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai jarak fokus terdekat, yang bervariasi untuk masing-masing lensa EF (Dilaporkan oleh: Shirou Hagihara).

 

Anggaplah hal itu sebagai rangkaian 'working distance' (jarak aktif)

A: Jarak fokus terdekat
B: Working distance

Karena saya menggunakan lensa makro 100mm, terdapat jarak antara subjek (bunga dandelion) dan ujung depan lensa, yang kami rujuk sebagai “working distance” (jarak aktif). Anda dapat memperkirakan bahwa jarak ini tidak akan berubah secara signifikan, bahkan jika Anda memasangkan tudung lensa pada kamera.

Pada kamera digital dengan lensa yang dapat dipertukarkan, tanda bidang fokus menunjukkan perkiraan jarak fokus terdekat, dan tertera pada atap kamera, atau di bagian atas bodi kamera. Sensor gambar terletak di bawah tanda ini.

 
 

Jarak fokus terdekat, juga tercantum dalam katalog sebagai salah satu spesifikasi utama sebuah lensa. Ini merupakan indikator mengenai seberapa dekat Anda dengan subjek saat mengambil gambarnya. Namun demikian, performa pemotretan close-up secara keseluruhan, tidak ditentukan oleh jarak fokus terdekat saja. Alih-alih, hal ini harus dipahami sehubungan dengan 'working distance' (jarak aktif).
Banyak orang yang keliru mengenai konsep jarak fokus terdekat ini dan jarak aktif, jadi saya akan menjelaskan perbedaannya di sini. Jarak fokus terdekat adalah jarak yang paling pendek untuk memfokuskan gambar. Ini juga merupakan jarak dari permukaan sensor gambar ke subjek. Pada kamera EOS, Anda akan dapat mengetahui posisi permukaan sensor gambar hanya dengan melihat pada tanda bidang fokus yang tertera pada bodi kamera. Selain itu, jika lensa memiliki skala jarak, maka jarak terpendek yang diindikasikan pada skala, setara dengan jarak fokus terdekat.
Kebalikannya, working distance (jarak aktif) merujuk ke jarak antara ujung depan lensa dan subjek. Kamera saku dan sejenisnya, mungkin memiliki spesifikasi, seperti “Macro: 1cm”. Hal ini merujuk ke working distance (jarak aktif) lensa. Jika jarak aktifnya pendek, tudung lensa dan bayangan lensa dapat juga terlihat sewaktu memotret sehingga menyulitkan untuk digunakan dalam banyak pemandangan fotografi. Perhatikan, bahwa jarak aktif yang lebih pendek, tidak serta-merta berarti bahwa jarak ini sesuai untuk semua pemandangan.

Jarak fokus terdekat lensa EF yang umumnya digunakan

EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM
Jarak fokus terdekat: 0,25m

EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM
Jarak fokus terdekat: 0,85m

 
 

EF-S10-18mm f/3.5-5.6 IS STM
Jarak fokus terdekat: 0,22m

EF-S60mm Macro f/2.8 USM
Jarak fokus terdekat: 0,2m

 
 

EF24-105mm f/3.5-5.6 IS STM
Jarak fokus terdekat: 0,4m

EF17-40mm f/4L USM
Jarak fokus terdekat: 0,28m

 
 

EF50mm f/1.8 STM
Jarak fokus terdekat: 0,35m

EF100mm f/2.8L IS USM
Jarak fokus terdekat: 0,3m

 
 
Shirou Hagihara

Lahir pada tahun 1959 di Yamanashi. Setelah lulus dari Nihon University, Hagihara ikut dalam peluncuran majalah fotografi, “fukei shashin”, tempat ia bekerja sebagai editor dan penerbit. Tak lama kemudian, ia berhenti bekerja dan menjadi fotografer freelance. Pada saat ini, Hagihara aktif dalam fotografi dan karya tulis yang berpusat pada lanskap alam. Ia adalah anggota Society of Scientific Photography (SSP).

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 
 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.