Tips & Tutorials

Lensa FAQ #3: Bagaimana Stop Image Stabilization Ditentukan?

Sistem Image Stabilization (IS) adalah alat bantu yang sangat berharga dalam fotografi genggam kamera (hand-held), dengan performa yang dijelaskan dengan menggunakan istilah seperti ”equivalent to 3.5 shutter speed stops” (setara dengan stop kecepatan rana 3.5) atau ”4 stop equivalent” (setara 4 stop). Jika Anda bertanya-tanya, bagaimana jumlah stop kecepatan rana digunakan untuk menunjukkan cara performa stabilisasi gambar ditentukan, Anda tidak perlu bingung lagi, karena saya akan menjelaskan lebih lanjut dalam artikel ini. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

Berbagai instrumen digunakan untuk mengukur pergerakan kamera, untuk mengurangi fluktuasi dalam gerakan tangan manusia yang memang tidak terhindarkan

IS On

IS Off

 

EOS 6D/ EF24-105mm f/3.5-5.6 IS STM/ FL: 90mm / manual (f/6.3, 1/30 det) / ISO 400/ WB: Colour temperature (5200K) / Picture style: Standard

EF24-105mm f/3.5-5.6 IS STM memiliki performa stabilisasi gambar yang setara dengan kira-kira 4 stop kecepatan rana. Pada umumnya, goyangan kamera cenderung terjadi selama fotografi genggam kamera jika minimal kecepatan rana tidak mencapai 1/panjang fokus. Dalam contoh ini, kecepatan rana 1/30 detik dengan panjang fokus 90mm, yang setara dengan stop kecepatan rana sedikit di bawah 2. Oleh karenanya, goyangan kamera menjadi cukup jelas apabila IS dinonaktifkan. Sebaliknya, dengan mengaktifkan IS, bidikan diambil tanpa goyangan kamera berkat performa stabilisasi gambar yang sesuai hingga kira-kira 4 stop.

Jumlah stop yang efektif dalam sistem stabilisasi gambar diukur dan ditentukan dengan menggunakan metode yang ditetapkan oleh “Camera & Imaging Products Association = CIPA”. (Informasi selengkapnya mengenai metode yang digunakan, dapat ditemukan dalam tautan di bawah.)

http://www.cipa.jp/image-stabilization/index_e.html

Khususnya, perlengkapan dengan sistem stabilisasi gambar dipasangkan terlebih dulu ke perangkat getaran. Kedua alat ini selanjutnya mematuhi kedua jenis getaran gelombang yang dibuat secara mekanis, kemudian digunakan untuk membidik bagan pengukuran buram gerakan di bawah kondisi yang sama. Hasil bidikan kemudian ditentukan dengan menggunakan perangkat lunak pengukuran keburaman khusus, dan menyusun indeks jumlah stop efektif.

Performa sistem stabilisasi gambar tidak mengukur dengan menggunakan bidikan genggam kamera aktual, demi mencegah fluktuasi apa pun yang mungkin timbul akibat perbedaan dalam keterampilan teknis fotografer. Tidak ada batas atas pada jumlah bidikan yang dapat diambil dari Bagan Pengukuran Buram Gerakan, tetapi lebih dari 200 bidikan dapat diambil pada tiap kecepatan rana.

Kecepatan rana paling rendah agar sistem stabilisasi gambar bisa berfungsi, bergantung pada kamera dan lensa, walaupun tanggapan Canon terhadap hal ini yaitu, bahwa DSLR mereka mampu berfungsi pada kecepatan rana rendah hingga 30 detik. Dalam praktiknya, goyangan kamera sulit ditekan apabila pemotretan dengan waktu pencahayaan 30 detik, tetapi tampaknya, sistem itu sendiri mampu berfungsi, bahkan pada kecepatan rana rendah yang tidak diperkirakan. Namun, perlu dicatat, bahwa kondisi yang diciptakan oleh perangkat getaran, berbeda dari goyangan kamera yang sesungguhnya, jadi, jumlah stop stabilisasi yang diterbitkan tidak akan sepenuhnya sesuai dengan apa yang dialami pengguna ketika menggunakan kamera.

Metode untuk mengukur performa stabilisasi gambar didasarkan pada standar CIPA

A: Performa Image Stabilization (Stop)
B: Jumlah buram gerakan rujukan
C: Jumlah buram gerakan terukur
D: Tingkat penentuan untuk performa stabilisasi gambar

Diagram yang didapatkan dari: Metode Kalkulasi performa Image Stabilization, gambar 4-5-3b didapatkan dari “Measurement and Description Method for Image Stabilization Performance of Digital Cameras (Optical System)” [Metode Pengukuran dan Deskripsi Kamera Digital (Sistem Optik)] yang diterbitkan oleh Standard of Camera & Imaging Products Association.

Dalam diagram di atas, jumlah buram gerakan diperlihatkan pada sumbu vertikal, sedangkan sumbu horizontal memperlihatkan kecepatan rana. “Jumlah buram gerakan rujukan” adalah nilai perkiraan yang digunakan ketika mengukur performa stabilisasi gambar. Perbedaan antara nilai ini dan “jumlah buram gerakan terukur” yang didapatkan dengan perangkat getaran, kemudian dicocokkan hingga kecepatan rana pada sumbu horizontal, dan jumlah stop kecepatan rana efektif yang dikalkulasi dari “tingkat penentuan untuk performa stabilisasi gambar”. Lebih jauh lagi, jumlah buram gerakan terukur ditentukan dari jumlah imbangan bokeh dan jumlah bokeh total yang terukur untuk gambar yang dibidik. Namun demikian, ini tidak dikerjakan secara kasat mata, tetapi diukur dengan menggunakan perangkat lunak khusus.

Lensa EF dengan performa sistem stabilisasi gambar IS

Kira-kira 4 stop

 
 
 

Kira-kira 3,5 stop

 
 
 

Kira-kira 3 stop

 
 
Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

 
Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.