Tips & Tutorials

Lensa FAQ #4: “Ghosting” dan “Flaring” itu apa?

Kita sering diminta untuk berhati-hati mengenai ghosting dan flaring ketika memotret ke cahaya matahari, tapi sebenarnya, apa yang dimaksudkan dengan kedua hal itu? Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai fenomena ini. Hal ini akan membantu Anda memahami kamera dan lensa dengan lebih baik ketika memotret foto-foto semacam itu. (Dilaporkan oleh Shirou Hagihara)

Tudung lensa itu penting untuk mengatasi ghosting dan flaring

Flaring (efek seperti kabut atau asap) adalah suatu fenomena yang bisa terjadi apabila cahaya memantul dari lensa, atau elemen lainnya, seperti laras lensa dan kotak cermin, sehingga membuat sebagian atau semua gambar tampak berkabut, atau seakan kurang tajam. Sebaliknya, ghosting adalah jenis flaring yang disebabkan oleh sumber cahaya kuat yang dipantulkan berulang kali dan tampak sebagai artefak bersih yang bisa ditemukan di tempat yang secara simetris berseberangan dengan sumber cahaya.

Lensa yang lebih terdahulu, tanpa antireflective coating (saputan anti pantulan) lebih rentan terhadap ghosting dan flaring. Namun demikian, tergantung pada subjek dan kondisi pemotretan, memang sulit juga untuk sama sekali melenyapkan efek-efek ini, bahkan dengan lensa saputan terbaru.

Di samping memasang tudung lensa, yang setidaknya bisa dilakukan fotografer untuk mengatasi efek ini, namun ada baiknya untuk secara aktif menghalangi cahaya yang menghasilkan suar dengan menggunakan benda-benda seperti tangan Anda, topi, atau benda berupa papan, jika perlu.

Selain itu, harap dicatat bahwa meskipun ghosting dan flaring pada umumnya dianggap sebagai fenomena yang memiliki dampak negatif pada gambar, tapi kadang dapat secara disengaja disatukan ke dalam gambar sebagai ungkapan artistik.

Dengan flaring

Terlihat ada cahaya matahari yang kuat memasuki bingkai sehingga menyebabkan flaring dan menghasilkan gambar yang tampak berasap atau berkabut. Hal ini tidak dapat dilenyapkan, bahkan dengan cara menyempitkan aperture lensa.

 

Tanpa flaring

Cahaya matahari dihalangi seluruhnya dengan cara menaungi lensa oleh tangan saya di luar bingkai. Tindakan ini mengurangi flaring hingga sebatas efek tersebut hanya terlihat secara samar-samar di bagian tepi atas gambar. Oleh karenanya, dampak pada ekspresi fotografis akan minimal.

 

Dengan ghosting

Matahari di kanan atas gambar. Ghosting tampak di kiri bawah, dan secara simetris berseberangan dengan sumber cahaya. Karakteristik ghosting adalah semacam bentuk bayangan yang teramati secara jelas.

 

Tanpa ghosting

Saya menaungi lensa dengan topi untuk mencegah ghosting, dan menyesuaikan posisi saya sambil memeriksa efeknya di layar LCD. Tindakan ini memungkinkan saya menghalau cahaya yang mengganggu dan mendapatkan kualitas gambar yang bersih.

 

(dari kiri ke kanan) EW-63C / ET-63

Tudung lensa EW-63C kompatibel dengan lensa zoom standar EF-S18-55mm f/3.5-5.6 IS STM, sedangkan tudung lensa ET-63 kompatibel dengan EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM. Harap diperhatikan bahwa masing-masing tudung lensa dibentuk secara berbeda agar sesuai dengan karakteristik lensa yang berlainan, sehingga Anda dapat mencegah terjadinya ghosting dan flaring sewaktu memotret.

 

 

Shirou Hagihara

Lahir pada tahun 1959 di Yamanashi. Setelah lulus dari Nihon University, Hagihara ikut dalam peluncuran majalah fotografi, “fukei shashin”, tempat ia bekerja sebagai editor dan penerbit. Tak lama kemudian, ia berhenti bekerja dan menjadi fotografer freelance. Pada saat ini, Hagihara aktif dalam fotografi dan karya tulis yang berpusat pada lanskap alam. Ia adalah anggota Society of Scientific Photography (SSP).

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.