Tips & Tutorials

Lensa FAQ #5: Apa saja Pro dan Kontra ND Filter?

Dengan menggunakan rana lambat untuk memotret pada siang hari atau pada aperture maksimum dapat menyebabkan blowout putih, dan di sinilah filter Neutral Density (ND) menjadi praktis untuk digunakan. Di sini, saya akan berbagi tentang pro dan kontra penggunaan filter ND. (Dilaporkan oleh: Kazuo Nakahara)

Filter ND memperluas berbagai kemungkinan untuk berekspresi

Filter ND adalah filter yang dipasang di bagian depan (atau belakang) lensa untuk mengurangi intensitas cahaya yang memasuki kamera. Ini sering digunakan apabila Anda ingin memperlambat kecepatan rana lebih jauh selama pemotretan di siang hari. Dengan filter ini, Anda dapat mengekspresikan diri dengan memanfaatkan keburaman pada kecepatan rana lambat sekaligus mencegah terjadinya blowout putih, misalnya, aliran air, pergerakan orang, dan lain sebagainya. Walaupun Anda dapat meningkatkan f-number untuk memperlambat kecepatan rana, kesan ketajaman foto mungkin hilang akibat pemburaman yang disebabkan oleh difraksi pada aperture kecil (misalnya, ketika memotret dengan f-number besar). Dengan menggunakan filter ND, maka tidak perlu menyempitkan aperture, dan kualitas gambar tetap tidak terpengaruh ketika memotret dengan rana lambat selama siang hari.

Selain itu, jika Anda mencoba mengambil foto dengan lensa paling cerah pada aperture maksimum di hari yang jernih, filter ND memungkinkan Anda mengambil gambar dengan efek bokeh, bahkan jika pemandangannya terlalu banyak cahaya (over-exposed). Namun demikian, tatkala jumlah cahaya yang memasuki kamera berkurang, kamera dengan viewfinder optik akan mengalami kerugian, karena melalui viewfinder, gambar terlihat lebih gelap.

Pro & kontra penggunaan filter ND
Pro Kontra
Memperlambat kecepatan rana Menyebabkan viewfinder optik menjadi lebih gelap
Aperture maksimum dapat digunakan, bahkan pada hari cerah. Kemungkinan goyangan kamera meningkat (dapat dicegah dengan menggunakan tripod).

 

 

ND Filter ND4X-L

Mengurangi cahaya yang masuk dari lensa menjadi 1/4 (2 stop). Tersedia dalam 3 tipe — 52 mm, 58 mm dan 72 mm — untuk digunakan dengan lensa EF yang sesuai.

 

ND Filter ND8X-L

Mengurangi cahaya yang masuk menjadi 1/8 (3 stop). Tersedia dalam 3 tipe — 52 mm, 58 mm dan 72 mm — untuk digunakan dengan lensa EF yang sesuai.

 

Pemotretan pada f/18, 0.6 det. dengan Canon ND Filter ND8X-L 

Karena saat itu pemandangannya sangat cerah, saya memasang ND Flter ND8X-L, yang mampu melakukan pengurangan cahaya 3 stop. Rana ditetapkan ke kecepatan lambat 0,6 detik untuk menangkap pergerakan orang sebagai keburaman.

 

Pemotretan pada f/1,8, 1/8.000 det. dengan Canon ND Filter ND8X-L

Saat itu hari sangat cerah yang bisa memunculkan blowout putih pada dedaunan, meskipun saya meningkatkan kecepatan rana hingga batas yang lebih atas, 1/8.000 detik pada aperture maksimum. Oleh karena itu, saya menggunakan ND Filter ND8X-L untuk mengurangi cahaya dan menonjolkan detail dedaunan.

 

 

Kazuo Nakahara

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyak seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.

Diterbitkan oleh Impress Corporation

 

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.