Tips & Tutorials

Lensa FAQ #7: Apa perbedaan antara Lensa telefoto 200mm dan 300mm?

Apabila memilih lensa telefoto, sebaiknya Anda memilih lensa 200mm atau 300mm? Mari kita lihat beberapa foto contoh yang menunjukkan efek ujung telefoto yang berbeda-beda. (Dilaporkan oleh: Kazuo Nakahara)

 

Ujung telefoto maksimum yang berbeda, memberi efek kompresi lensa yang berlainan

Apabila memilih lensa zoom telefoto, ini memang bisa sulit dalam memutuskan antara lensa dengan ujung telefoto 200mm atau 300mm. Fitur utama lensa telefoto adalah yang kita akan sebut sebagai efek penumpukan, yang tampak memampatkan berbagai elemen di latar belakang sedemikian rupa seakan-akan saling berhimpitan, dan efek kompresi jarak, yang membuat subjek jauh terlihat lebih dekat dari yang sesungguhnya.

Untuk menjelaskan lebih jauh, dari segi format setara film 35mm, sudut pandang diagonal untuk lensa 200mm adalah 12 derajat, dan untuk lensa 300mm adalah 8 derajat. Karenanya, apabila Anda membandingkan bidikan subjek pada ukuran yang sama, kisaran latar belakang yang ditangkap, lebih sempit apabila menggunakan lensa 300mm. Oleh karena itu, meskipun ukuran subjek sama, efek penumpukan lebih jelas pada 300mm, yaitu, latar belakang tampak lebih padat daripada 220mm.

Lensa 300mm dapat juga menangkap kisaran yang bahkan lebih sempit daripada lensa 200mm. Ini berarti bahwa kemungkinan besar menghasilkan efek kompresi jauh yang "menarik" subjek target lebih dekat, sehingga membuatnya tampak lebih besar. Karena sudut pandang bisa berbeda hingga sebanyak 1,5x, hasil perbedaannya bisa begitu besar. Oleh karenanya, jika ingin menangkap foto yang memanfaatkan karakteristik unik lensa telefoto, semua karakteristik ini akan lebih nyata jika Anda menggunakan lensa hingga 300mm.

 

Efek penumpukan pada 200mm

EOS 5D Mark III/ FL:  200mm/ Aperture Priority AE (f/5.6, 1/250 det, EV+1,3)/ ISO 400/ WB:  Auto

 

Efek penumpukan pada 300mm

EOS 5D Mark III/ FL: 300mm/ Aperture Priority AE (f/5.6, 1/200 det, EV+1,3)/ ISO 400/ WB:  Auto
Saya mengubah posisi pemotretan untuk bidikan ini sehingga ukuran bunga terjaga tetap sama antara foto contoh yang menggunakan 200mm dan 300mm. Pada 300mm, gambar diisi sedemikian rupa sehingga membuat bunga yang diburamkan di latar belakang, tampak lebih dekat ke latar depan, menciptakan efek penumpukan yang lebih besar.

 

Efek kompresi jarak pada 200mm

EOS 5D Mark III/ EF70-300mm f/4-5.6L IS USM/ FL: 200mm/ Aperture Priority (f/5.6, 1/2500 det)/ ISO 400/ WB: Auto

 

Efek kompresi jarak pada 300mm

EOS 5D Mark III/ EF70-300mm f/4-5.6L IS USM/ FL: 300mm/ Aperture Priority AE (f/5.6, 1/1250 det, EV+0,7)/ ISO 400/ WB: Auto
Di sini, saya mengubah panjang fokus sekaligus mempertahankan posisi pemotretan yang sama. Pada 300mm, pintu gerbang di bagian tengah, tampak lebih besar apabila dibandingkan dengan bidikan yang diambil pada 200mm, seakan-akan ditarik lebih dekat ke latar depan. Dengan penambahan efek penumpukan, muncul kesan yang lebih besar mengenai rinciannya dalam gambar.

 

Ingatlah untuk memeriksa ukuran dan bobot lensa

Penampilan bidikan Anda dapat juga berbeda dengan perbedaan dalam aperture maksimum. Di samping itu, pada umumnya, semakin panjang fokusnya, semakin besar lensanya, yang berarti bahwa ada juga kecenderungan lensa menjadi lebih berat. Bobot perlengkapan Anda dapat juga berpengaruh apabila Anda bergerak ke sana-ke mari sambil memotret, jadi, pertimbangkanlah hal itu sebelum memutuskan untuk membeli.

 


EF-S55-250mm f/4-5.6 IS STM

 

Secara khusus dibuat untuk DSLR EOS APS-C, lensa telefoto ini memiliki karakteristik optik yang unggul. Selain itu, agar bisa lebih ringkas dan ringan, lensa ini memiliki sudut pandang kira-kira 400mm pada kesetaraan film 35mm.
- Diameter maks. × panjang/ bobot: 70,0mm × 111,2mm/ 375g

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


EF70-300mm f/4-5.6 IS USM

 

Lensa telefoto yang ringan ini dapat digunakan pada kamera EOS full-frame. Jika digunakan dengan kamera EOS APS-C, lensa ini dapat mencapai sudut pandang super telefoto yang setara dengan 480mm pada kesetaraan film 35mm.
- Diameter maks. × panjang/ bobot: 76,5mm ×142,8mm / 630g

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


EF70-200mm f/4L IS USM

 

Lensa zoom telefoto EF standar. Lensa ini memiliki kualitas gambar yang tinggi, khas lensa L, ringkas dan ringan. Jika digunakan dengan kamera EOS APS-C, lensa ini dapat mencapai sudut pandang setara 320mm dalam kesetaraan film 35mm pada ujung telefoto.
- Diameter maks. × panjang/ bobot: 76mm ×172mm / 760g

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


EF70-200mm f/2.8L IS II USM

 

Lensa zoom telefoto ini menghasilkan kualitas gambar yang tinggi, yang dituntut para profesional, dan sesuai untuk subjek yang berkisar dari orang hingga lanskap. Selain mampu memperoleh kecerahan f/2.8 melalui seluruh kisaran zoom, lensa ini juga memiliki ukuran yang mengesankan, dan layak dibanggakan. Jika digunakan dengan kamera EOS APS-C, lensa ini bisa mendapatkan sudut pandang setara 320mm dalam kesetaraan film 35mm pada ujung telefoto.
- Diameter maks. × panjang/ bobot: 88,8mm ×199mm/ 1490g

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


EF70-300mm f/4-5.6L IS USM

 

Lensa L ini dapat digunakan pada ujung telefoto 300mm dengan kamera full-frame. Jika digunakan dengan kamera EOS APS-C, lensa ini bisa mendapatkan sudut pandang setara 480mm dalam kesetaraan film 35mm pada ujung telefoto.
- Diameter maks. × panjang/ bobot: 89mm ×143mm/ 1050g

 

Klik di sini untuk rincian selengkapnya

 


 

 

Kazuo Nakahara

Lahir di Hokkaido pada tahun 1982, Nakahara berpaling ke fotografi setelah bekerja di perusahaan manufaktur bahan kimia. Ia mengambil jurusan fotografi di Vantan Design Institute dan ia juga berprofesi sebagai penceramah untuk lokakarya serta seminar fotografi, selain bekerja dalam bidang fotografi komersial. Ia juga merupakan perwakilan dari situs web informasi fotografi, studio9.

http://photo-studio9.com/

 

Digital Camera Magazine

Majalah bulanan yang berpendapat bahwa kegembiraan fotografi akan meningkat dengan semakin banyaknya seseorang belajar tentang berbagai fungsi kamera. Majalah ini menyampaikan berita mengenai kamera dan fitur terbaru serta secara teratur memperkenalkan berbagai teknik fotografi.
Diterbitkan oleh Impress Corporation

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.