Tips & Tutorials

[Pelajaran 13] Creative Filter

Creative Filter memungkinkan Anda menambahkan sentuhan unik ke foto, jadi, Anda dianjurkan memanfaatkannya untuk menyempurnakan kreativitas Anda. Jenis efek Creative Filter yang tersedia bervariasi menurut model kamera. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

7 Jenis Creative Filtersyang Tersedia

Masing-masing dari ketujuh jenis efek Creative Filter ini memiliki karakteristiknya sendiri, dan mengubah kesan foto secara dramatis. Untuk menerapkan efek setelah Anda mengambil foto, ikuti saja instruksi mengenai “Creative Filters” dalam menu Playback 1.
Jika Anda sudah menerapkan efek Creative Filter dalam waktu nyata selama pemotretan Live View, data asli tanpa efek tidak akan disimpan. Namun demikian, jika efek diterapkan setelah gambar ditangkap, gambar yang dihasilkan akan disimpan sebagai file terpisah. Anda sangat dianjurkan untuk mencoba Creative Filter yang berbeda. Juga dimungkinkan untuk menerapkan efek ke foto yang sudah diterapkan dengan Creative Filter. Dengan fitur ini, Anda mungkin dapat menemukan kembali daya pikat subjeknya.

Tekan tombol Q di belakang kamera selama pemotretan Live View untuk menampilkan menu Quick Control. Pilih ikon “Creative Filters” yang diikuti oleh efek, dan Anda dapat memeriksa efek dalam waktu nyata.

Jenis Creative Filter

Grainy B/W

Menghasilkan gambar monokrom dengan efek butiran yang lebih kuat dibandingkan foto hitam-putih konvensional, yang meningkatkan kontrasnya.

Soft focus

Menghasilkan gambaran yang halus pada seluruh gambar yang menyerupai efek filter fokus halus dengan menggunakan kaca optik, seolah-olah gambar tertutupi oleh cadar tipis.

Efek fish-eye

Menciptakan efek seolah-olah pusat gambar menonjol keluar, dan memberikan kesan yang sama sekali berbeda dari foto aslinya.

Efek Art bold

Mengekspresikan subjek dengan sentuhan tegas yang serupa dengan lukisan minyak. Keseluruhan saturasi gambar ditingkatkan, dengan garis luar tebal yang menyerupai torehan sikat cat.

Efek lukisan cat air

Menyoroti garis luar, sekaligus mengekspresikan gambar dalam nada pucat yang mengingatkan tentang lukisan air. Suasana yang diciptakan oleh efek ini merupakan persilangan antara foto dan ilustrasi, dan sesuai untuk snapshot (bidik langsung) dan objek tak bergerak.

Efek Toy camera

Mereproduksi gambar dalam warna unik, seolah-olah foto ditangkap oleh kamera mainan. Terpaan cahaya terjadi pada area periferal gambar dan saturasinya rendah seperti cetakan foto yang buram, menambahkan suasana retronya.

Efek Miniature

Mengubah posisi titik dalam fokus, menciptakan efek yang menyerupai model miniatur. Dengan efek ini, Anda dapat menikmati ekspresi fotografi yang unik dengan area di sekitar titik fokus diburamkan.

Efek Creative Filter dapat ditumpangkan (superimposed)

Anda dapat menumpangkan filter pada foto yang sudah diterapkan dengan efek Creative Filter. Untuk melakukannya, pilih “Creative Filters” dalam menu Playback 1, diikuti dengan memilih foto yang sudah diterapkan dengan efek Creative Filter. Gambar dapat disimpan sebagai file baru setelah efek ditumpangkan, jadi Anda dapat mencoba kembali sebanyak yang Anda suka tanpa menimpa gambar aslinya.

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.