Tips & Tutorials

[Pelajaran 17] Cara Membersihkan Sensor Gambar

Permukaan sensor gambar kamera DSLR mudah kena debu akibat struktur lensa yang dapat dipertukarkan. Namun demikian, kita dapat mempertahankan kualitas gambar yang jernih jika membersihkannya dengan benar dan rutin. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara melakukannya. (Dilaporkan oleh: Ryosuke Takahashi)

Contoh foto diambil dengan sensor yang berdebu. (Bercak debu diberi lingkaran.)

Bagaimana mengetahui kalau sensor berdebu?

Apabila debu mengenai permukaan sensor gambar, posisi keberadaan debu tidak terpaparkan dan tampak seperti bintik hitam pada gambar yang dihasilkan. Bintik hitam tersebut tampak secara jelas, khususnya apabila kita menggunakan lensa sudut lebar. Selain itu, bentuk debu akan tertangkap lebih tajam apabila menggunakan aperture yang lebih sempit.

Namun, jika kita berpikir sebaliknya, kita dapat secara aktual memanfaatkan karakteristik ini untuk segera menemukan debu pada permukaan sensor gambar yang sesungguhnya sulit terdeteksi. Seperti diilustrasikan dalam contoh di bawah, gunakan lensa sudut lebar atau lensa zoom dengan panjang fokus yang ditetapkan ke sisi sudut lebar dan membuka aperture hingga maksimal. Arahkan kamera ke langit, ambil bidikan, dan Anda akan dapat mengetahui dari gambar yang dihasilkan, apakah sensor berdebu atau tidak.

Jika ada debu, lakukan pembersihan sensor untuk menyingkirkannya. Ada dua cara untuk melakukan hal ini. Cara pertama adalah memanfaatkan fitur auto cleaning (pembersihan otomatis) pada kamera, dan cara kedua adalah membersihkannya dengan menggunakan blower dengan cermin yang membalik ke atas.

Tetapkan fokus secara manual ke infinity (tak terhingga), atau tetapkan fokus pada awan atau benda lain apa pun yang mudah untuk difokuskan.

Bagaimana cara menyingkirkan debu dari sensor?

[1] Singkirkan debu dengan menggunakan fitur "Sensor cleaning" (Pembersihan sensor) pada kamera

Dari menu Set-up (Persiapan), pilih "Sensor cleaning" (Pembersihan sensor).

Pilih "Clean now" (Bersihkan sekarang) dari opsi yang tersedia.

Setelah Anda melihat pesan ini ditampilkan, pilih "OK" dan tekan tombol SET.

Ilustrasi grafis "Sensor cleaning" (Pembersihan sensor) akan muncul, dan pembersihan akan dimulai. Sensor akan bergetar untuk menyingkirkan debu yang melekat pada permukaannya.

[2] Untuk debu yang tidak dapat disingkirkan dengan opsi "Clean now" (Bersihkan sekarang)

Pilih "Sensor cleaning" (Pembersihan sensor) dalam menu Set-up (Persiapan), diikuti dengan memilih opsi "Clean manually" (Bersihkan secara manual).

Muncul keterangan singkat, menjelaskan langkah untuk melakukan pembersihan secara manual. Baca seluruh langkahnya secara saksama dan pilih "OK" sebelum melepaskan lensa.

Lepaskan lensa dan tiup debu dengan blower (*pastikan bahwa ujung atau bagian blower manapun tidak langsung mengenai sensor). Setelah pembersihan selesai, pasang kembali lensa dan matikan daya kamera untuk memulihkan cermin ke posisi semula. Pembersihan sekarang selesai.

Jika ditemukan debu pada permukaan sensor gambar, Anda dapat menyingkirkannya dengan menggunakan fitur "Auto cleaning" (pembersihan otomatis) pada kamera atau dengan mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan dalam opsi "Clean manually" (Bersihkan secara manual). Untuk debu yang tidak dapat disingkirkan dengan opsi "Clean manually" (Bersihkan secara manual), jangan mencoba untuk menyingkirkannya secara paksa. Bawalah kamera ke pusat servis Canon dan minta dibersihkan oleh staf profesional kami. Permukaan sensor gambar amat sangat peka. Jangan menyekanya dengan biting kapas atau benda apa pun yang serupa.

Ryosuke Takahashi

Lahir di Aichi tahun 1960, Takahashi memulai karier freelance pada tahun 1987 setelah bekerja pada studio foto iklan dan penerbit. Melakukan pemotretan untuk majalah besar, ia telah bepergian ke banyak penjuru dunia dari tempat kedudukannya di Jepang dan Tiongkok. Takahashi adalah anggota Japan Professional Photographers Society (JPS).

Tanggapan

Tulis Komentar

 

Login untuk memberi tanggapan

ANDA TELAH LOG OFF DARI AKUN

Email dengan link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email SNAPSHOT anda yang terdaftar.

Setelah anda mengklik link, anda dapat login dengan detil login yang telah ada.

Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sebagai anggota Komunitas CANON and SNAPSHOT. Kami akan berusaha memberikan konten yang bermanfaat dan seru untuk membantu anda mengembangkan bakat menjadi seorang fotografer handal!

IZIN UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA

ID CANON anda akan disatukan dengan ID SNAPSHOT.

Link untuk melakukan pengaktifan telah dikirim melalui email.

Silahkan mengetik kembali password anda agar kami dapat mengambil langkah selanjutnya.

Ketik password

Dengan mengklik disini, anda setuju untuk menyatukan CANON ID dan SNAPSHOT ID. Persetujuan tersebut tunduk pada SYARAT & KETENTUAN CANON AND SNAPSHOT. TERMS & CONDITIONS.